Sukses

Waspada, Ini 7 Tanda Seseorang Merasa Iri dan Cemburu Padamu

Liputan6.com, Jakarta Meraih kesuksesan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan dan karier tentu menjadi keinginan bagi sebagian besar orang. Untuk meraih kesuksesan tersebut seseorang harus melakukan berbagai usaha dan perjuangan yang cenderung tidak mudah.

Selain itu, dukungan dari orang-orang terdekat juga sangat berperan penting untuk keberhasilan dalam meraih kesuksesan. Seperti dukungan dari keluarga, kekasih hingga teman. Namun sayangnya, terkadang ada orang yang tak suka melihat temannya sukses. 

Bahkan ada orang-orang yang merasa iri dan cemburu ketika temannya bahagia dan berhasil meraih kesuksesan. Tipe orang seperti ini biasanya akan menunjukkan tanda-tanda bahwa ia merasa iri dan cemburu. Jika kamu ingin mengetahui seseorang sedang merasa iri atau cemburu dengan pencapaianmu, kamu dapat melihatnya melalui tanda-tanda tersebut.

Penasaran seperti apa? Berikut 7 tanda seseorang sedang merasa iri dan cemburu padamu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/3/2021).

2 dari 8 halaman

1. Memuji Namun Sedikit Merendahkan

Jika ada seorang teman yang iri padamu, ia mungkin akan berlagak mendukung dan memberi pujian. Namun terkadang ada ekspresi tidak enak di wajahnya. Ia akan memuji kamu namun terdapat kata-kata sedikit merendahkan di belakangnya.

Misalkan seperti ketika kamu mendapat pekerjaan baru, ia memuji kamu mendapat sesuatu yang luar biasa, namun di akhir kalimatnya mengatakan "Mungkin perusahaan itu sedang mencari orang yang kurang berpengalaman".

3 dari 8 halaman

2. Menertawakan Kesalahanmu

Ketika kamu mendapat suatu pencapaian yang baik terkadang ada orang yang mengungkit-ungkit kesalahanmu. Sekalipun itu adalah suatu kesalahan yang sudah lama berlalu. Seakan tak ada pembelajaran dari hal tersebut.

Bahkan ketika kamu mengalami kerugian akibat suatu kesalahan, orang tersebut akan terlihat senang dan tertawa. Biasanya orang ini merasa iri dan cemburu saat kamu menjadi lebih baik dari masa lalu.

4 dari 8 halaman

3. Membuat Alasan Untuk Menjauh

Terkadang ada tipe orang yang akan berusaha menjauh dan jarang bergaul dengan temannya yang telah sukses. Jika ada seorang teman yang menjauh ketika kamu sukses, mungkin saja ia merasa iri dan cemburu dengan pencapaianmu.

Ia akan membuat berbagai alasan untuk menjauh darimu. Seperti mengatakan sedang sibuk, ada kegiatan keluarga dan lain sebagainya. Namun di sisi lain rupanya ia masih menyempatkan waktu untuk bertemu dengan teman lainnya yang masih satu lingkaran pergaulan denganmu.

5 dari 8 halaman

4. Bergosip Tentangmu

Tak bisa dipungkiri, terkadang ada teman yang tak suka atas kesuksesan yang kamu capai. Terutama jika kamu mencapai sesuatu yang selalu ia inginkan. Orang tersebut akan mulai menyebarkan gosip tak enak tentang dirimu.

Jika kamu memutuskan untuk menanyakan hal tersebut padanya, ia mungkin akan memberi beberapa alasan. Seperti mengatakan, "kamu telah berubah" atau "kamu jadi sombong setelah sukses". Padahal mungkin saja ia merasa iri dan cemburu atas pencapaianmu.

6 dari 8 halaman

5. Menyebut Kamu Beruntung

Ketika kamu memenangkan suatu undian dan dikatakan beruntung oleh temanmu, tentu hal itu masih sangat wajar. Tetapi lain halnya jika kamu dikatakan hanya beruntung saat berhasil meraih kesuksesan, padahal kamu bekerja keras untuk hal tersebut.

Jika temanmu mengatakan hal seperti itu padamu, mungkin ia sedang merasa cemburu dan iri atas pencapaianmu. Bahkan mungkin saja ia merasa kalah karena tak sesukses dirimu.

7 dari 8 halaman

6. Meremehkan Prestasimu

Seorang teman yang iri dan cemburu kemungkinan akan merasa tidak senang tentang dirinya sendiri sehingga ia akan meremehkan prestasi yang kamu capai. Jika kamu meraih suatu keberhasilan, ia mungkin mulai mencari kata-kata untuk diucapkan agar kamu merasa tidak pantas mendapatkannya.

Seperti berkata, "Jangan rayakan dulu, kita masih punya beberapa ujian lagi sampai akhir tahun". Orang ini biasanya juga akan mengatakan bahwa dirinya pernah mencapai hal yang lebih tinggi darimu.

8 dari 8 halaman

7. Sering Mengikuti Kemanapun Kamu Pergi

Seorang teman terkadang bisa menjauh ketika merasa iri dan cemburu atas pencapaianmu. Namun selain itu rupanya ada pula orang yang ingin mengikuti kemanapun kamu pergi ketika ia merasa iri dan cemburu padamu.

Hanya saja ia mengikutimu secara diam-diam alias menguntit. Jika misalnya kamu berada dalam lingkungan sosial dan kamu mengintip untuk melihatnya, ia akan segera berpaling. Biasanya ia melakukan hal tersebut juga karena terobsesi untuk mengetahui bagaiman cara kamu meraih sesuatu. Selain itu juga bisa karena ingin mencari celah keburukanmu.