Sukses

Platform adalah Dasar Sistem Komputer, Pahami Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Platform adalah istilah yang sering ditemukan dalam bidang teknologi informasi. Platform mendefinisikan standar di mana suatu sistem dapat dikembangkan. Platform adalah bagian penting dalam penyusunan perangkat lunak.

Platform adalah unsur yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. Secara sederhana, platform adalah tempat untuk menjalankan perangkat lunak. Beberapa platform perangkat lunak mengemulasikan platform perangkat keras secara menyeluruh, sperti pada virtualisasi sistem.

Misalnya, dalam komputasi pribadi, platform adalah perangkat keras dasar dan sistem operasi tempat aplikasi perangkat lunak dapat dijalankan. Platform adalah unsur yang penting dipahami bagi kamu yang sedang belajar sistem komputer.

Berikut pengertian tentang platform, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(21/3/2021).

2 dari 8 halaman

Pengertian platform secara umum

Melansir Techopedia, platform adalah sekelompok teknologi yang digunakan sebagai dasar di mana aplikasi, proses, atau teknologi lain dikembangkan. Dalam komputasi personal, platform adalah perangkat keras dasar (komputer) dan perangkat lunak (sistem operasi) tempat aplikasi perangkat lunak dapat dijalankan. Lingkungan ini merupakan fondasi dasar di mana aplikasi atau perangkat lunak apa pun didukung dan / atau dikembangkan.

Dalam dunia komputer, "platform" biasanya mengacu pada sistem operasi komputer. Komputer menggunakan unit pemrosesan pusat (CPU) tertentu yang dirancang untuk menjalankan kode bahasa mesin tertentu. Agar komputer dapat menjalankan aplikasi perangkat lunak, aplikasi tersebut harus dalam bahasa mesin berkode biner CPU tersebut. Dengan demikian, secara historis, program aplikasi yang ditulis untuk satu platform tidak akan berfungsi pada platform yang berbeda.

Platform-mendefinisikan standar di mana suatu sistem dapat dikembangkan. Setelah platform ditentukan, pengembang perangkat lunak dapat menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dan manajer dapat membeli perangkat keras dan aplikasi yang sesuai. Istilah ini sering digunakan sebagai sinonim dari sistem operasi.

3 dari 8 halaman

Platform dalam komputasi komputer

Platform komputer - juga disebut platform digital atau platform komputasi - umumnya mengacu pada sistem operasi dan perangkat keras komputer saja. Contoh platform komputasi adalah laptop modern yang menjalankan Windows sebagai sistem operasi.

Istilah platform sering digunakan ketika mengacu pada jenis sistem komputer apa yang akan menjalankan program perangkat lunak tertentu. Misalnya, komputer Dell yang menjalankan Windows XP akan dianggap berjalan pada platform Windows. Sebaliknya, iMac berjalan pada platform Macintosh.

Sebuah platform dapat dilihat sebagai pembatas pada proses pengembangan perangkat lunak, di mana platform yang berbeda menyediakan fungsionalitas dan batasan yang berbeda.

4 dari 8 halaman

Platform Standar dalam komputasi

Platform sesuai dengan seperangkat standar yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk platform tersebut. Standar yang sama memungkinkan pemilik dan manajer untuk membeli aplikasi dan perangkat keras yang sesuai.

Jadi, untuk menjalankan program pembukuan di komputer, seseorang harus membeli aplikasi perangkat lunak pembukuan yang dikembangkan untuk platform yang akan digunakannya.

Antarmuka berbasis standar baru dan antarmuka terbuka memungkinkan program aplikasi berjalan di berbagai platform. Selain itu, pengembang perangkat lunak telah mengembangkan alat perangkat lunak yang memungkinkan aplikasi berjalan di berbagai platform.

5 dari 8 halaman

Lintas platform

Istilah lintas platform mengacu pada aplikasi, format, atau perangkat yang bekerja pada platform yang berbeda. Misalnya, lingkungan pemrograman lintas platform memungkinkan pemrogram mengembangkan program untuk banyak platform sekaligus.

Contoh klasik diwakili oleh videogame yang dikembangkan khusus untuk platform tertentu, dalam hal ini konsol seperti PlayStation atau Xbox. Meskipun game yang sama mungkin ada dalam versi yang berbeda untuk dijalankan pada sistem yang berbeda, jika versi tersebut dibuat untuk dijalankan di Microsoft Windows, game tersebut tidak akan berfungsi jika dimuat di Xbox.

Setiap platform game akan mematuhi serangkaian standar serta aturan dan batasan perangkat kerasnya sendiri. Misalnya, pengembang mungkin perlu menurunkan setelan grafis dalam game jika mesin game terlalu berat pada perangkat keras konsol tertentu.

6 dari 8 halaman

Platform pada Browser

Browser yang lebih baru memungkinkan pengaya pihak ketiga dijalankan sebagai bagian dari peramban. Oleh karena itu, beberapa browser sekarang disebut sebagai platform karena mereka digunakan sebagai basis untuk menjalankan program perangkat lunak aplikasi lain.

7 dari 8 halaman

Mobile Platform

Mobile Platform pada dasarnya adalah platform yang memungkinkan perangkat lunak dan layanan dijalankan pada perangkat. Contoh platform seluler termasuk Palm, BlackBerry, iPhone, Android dan Windows Mobile. Sistem operasi seluler menyediakan alat yang memungkinkan aplikasi berbagi data dan layanan.

Saat ini, perangkat seluler baru seperti smartphone dan tablet memiliki perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri. Mereka beroperasi secara independen dari sistem lain dan mampu menjalankan aplikasi, alat, dan perangkat lunak mereka sendiri, sehingga dapat dianggap sebagai platform secara efektif.

8 dari 8 halaman

Platform Digital

Kumpulan perangkat lunak dan beberapa aplikasi juga terkadang disebut sebagai platform digital. Misalnya, SQL adalah aplikasi database yang sering digunakan sebagai lingkungan untuk menjalankan alat lain untuk CRM, analitik, dan manajemen log.

Demikian pula, kumpulan aplikasi tiga sumber terbuka Elasticsearch, Logstash, dan Kibana membentuk ELK Stack, platform yang digunakan untuk tujuan pencatatan.