Sukses

Macam-Macam Otot dan Lokasinya, Pahami Fungsi Vitalnya

Tiap otot memiliki peran sendiri bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam otot hampir bisa ditemukan di seluruh bagian tubuh. Otot-otot tubuh menjalankan berbagai fungsi vital. Macam-macam otot memiliki peran sendiri bagi tubuh.

Fungsi macam-macam otot di antaranya adalah memfasilitasi pergerakan, memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, dan memompa darah. Macam-macam otot terdiri dari tiga jenis utama; otot lurik/rangka, otot polos, dan otot jantung.

Macam-macam otot ditemukan di seluruh tubuh dan struktur serta fungsinya bisa sangat beragam. Tanpa macam-macam otot ini, tubuh tidak dapat berfungsi. Berikut macam-macam otot manusia dan lokasinya, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Minggu(21/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Otot lurik/rangka

Otot lurik atau otot rangka merupakan macam-macam otot yang paling banyak ditemukan di tubuh. Otot lurik membentuk antara 40 hingga 50 persen berat tubuh. Diperkirakan ada lebih dari 650 otot lurik di tubuh. Otot lurik melekat pada tulang melalui tendon. Setiap otot terdiri dari ribuan serat otot yang disatukan.

Otot lurik sebagian besar terlibat dalam gerakan. Ketika salah satu dari otot-otot ini berkontraksi, ini memungkinkan pergerakan area tubuh tertentu. Otot rangka bersifat sukarela. Otot ini dapat digunakan dalam respon refleks tidak sadar ketika gerakan cepat diperlukan.

Misalnya, jika tangan menyentuh tungku panas, otot rangka akan merespons dengan cepat terhadap impuls kimiawi dan listrik instan dari otak, menarik tangan dari situasi berbahaya tanpa pikiran sadar.

Otot rangka terbagi menurut area tubuh mana mereka ditemukan. Macam-macam otot rangka di antaranya adalah:

3 dari 9 halaman

Macam-macam otot lurik: otot kepala dan leher

Otot-otot di area ini mengontrol gerakan wajah, kepala, dan leher. Contohnya termasuk:

Zygomaticus: Otot ini terlibat dalam ekspresi wajah dan mengangkat sudut mulut, seperti saat tersenyum.

Masseter: Masseter ditemukan di rahang dan digunakan untuk menutup mulut dan mengunyah makanan.

Otot mata (ekstraokuler): Ini adalah sekelompok otot yang mengontrol gerakan mata serta membuka dan menutup kelopak mata.

Otot lidah: Kelompok otot ini membantu mengangkat dan menurunkan lidah serta membantunya bergerak masuk dan keluar.

Sternocleidomastoid: Ini adalah otot utama yang terlibat saat memutar atau memiringkan kepala ke samping. Ini juga termasuk dalam memiringkan kepala ke depan.

4 dari 9 halaman

Macam-macam otot lurik: Otot batang tubuh

Otot-otot ini terletak di area tubuh dan perut. Beberapa contohnya adalah:

Erector spinae: Otot-otot ini terlibat dalam menopang tulang belakang dan memungkinkan gerakan seperti menekuk, melengkungkan, dan memutar tulang belakang.

Otot miring: Kelompok otot ini, yang mencakup obliques eksternal dan internal, membantu membungkuk ke samping atau memutar tubuh di pinggang.

Otot interkostal: Otot interkostal terletak di sekitar tulang rusuk dan membantu memfasilitasi pernapasan dan pernafasan.

Diafragma: Diafragma memisahkan batang tubuh dari perut. Ini juga terlibat dalam pernapasan, kontraksi saat menarik napas, dan relaksasi saat mengeluarkan napas.

Levator ani: Kelompok otot ini mendukung organ dan jaringan di sekitar panggul. Ini juga penting untuk buang air kecil dan buang air besar.

5 dari 9 halaman

Macam-macam otot lurik: ekstremitas atas

Ini termasuk otot yang menggerakkan bahu, lengan, pergelangan tangan, dan tangan. Contoh otot penting di area ini meliputi:

Trapezius: Otot ini digunakan untuk beberapa gerakan, termasuk memiringkan kepala ke belakang, mengangkat bahu, dan menggerakkan tulang belikat.

Pectoralis mayor: Pectoralis mayor terletak di dada bagian atas dan digunakan untuk gerakan rotasi, vertikal, dan lateral lengan.

Deltoid: Deltoid berfungsi untuk mengangkat atau memutar lengan di bahu.

Bisep brakii: Bisep brakii melenturkan lengan bawah. Saat ini terjadi, siku menekuk.

Triceps brachii: Trisep brachii memanjang ke lengan bawah, meluruskan siku.

6 dari 9 halaman

Macam-macam otot lurik: Otot-otot ekstremitas bawah

Area ini melibatkan otot-otot yang menggerakkan tungkai dan kaki. Beberapa contoh yang mungkin dikenal adalah:

Gluteus maximus: Otot ini digunakan untuk gerakan pinggul dan paha. Penting untuk menjaga postur tubuh, berdiri dari posisi duduk, atau naik tangga.

Paha depan: Ini sebenarnya sekelompok otot yang terletak di bagian depan paha dan bekerja sama untuk meluruskan kaki di lutut.

Paha belakang: Paha belakang terletak di bagian belakang kaki. Kelompok otot ini membantu meregangkan paha dan menekuk kaki di lutut.

Tibialis anterior: tubuh menggunakan otot ini saat mengangkat telapak kaki dari lantai.

Soleus: Soleus berfungsi untuk menurunkan telapak kaki ke tanah. Penting untuk menjaga postur saat berjalan.

7 dari 9 halaman

Otot polos

Otot polos atau otot halus membentuk dinding organ berlubang, saluran pernapasan, dan pembuluh darah. Gerakannya yang seperti gelombang mendorong aktivitas melalui sistem tubuh, seperti makanan melalui perut atau urin melalui kandung kemih.

Otot polos melapisi organ-organ seperti perut dan kandung kemih serta pembuluh darah. Otot polos bekerja secara refleks dan juga berkontraksi sebagai respons terhadap rangsangan dan impuls saraf.

8 dari 9 halaman

Lokasi otot polos

Fungsi otot polos dapat bervariasi tergantung di mana ia ditemukan di dalam tubuh. Macam-macam otot polos dapat ditemukan di:

Sistem pencernaan: Kontraksi otot polos membantu mendorong makanan melalui saluran pencernaan.

Sistem pernapasan: Jaringan otot polos dapat menyebabkan saluran udara melebar atau menyempit.

Sistem kardiovaskular: Otot polos di dinding pembuluh darah membantu aliran darah dan juga membantu mengatur tekanan darah.

Sistem ginjal: Otot polos membantu mengatur aliran urin dari kandung kemih.

Sistem reproduksi: Dalam sistem reproduksi wanita, otot polos terlibat dalam kontraksi selama kehamilan. Dalam sistem reproduksi pria, ini membantu mendorong sperma.

Otot polos juga terlibat dalam beberapa proses sensorik. Misalnya, otot polos yang menyebabkan pupil mengembang atau berkontraksi.

9 dari 9 halaman

Otot jantung

Otot jantung hanya ditemukan di jantung. Jenis ini membentuk dinding jantung dan menciptakan denyut yang teratur dan berirama yang memompa darah ke seluruh tubuh dari sinyal dari otak. Otot jantung adalah otot tak sadar.

Otot jantung berfungsi memompa jantung. Otot jantung memungkinkan jantung berdetak. Detak jantung dihasilkan sebagai respons terhadap impuls listrik. Karena sel-sel otot jantung terhubung erat satu sama lain, mereka dapat berkontraksi dalam bentuk gelombang terkoordinasi yang membentuk detak jantung.

Jaringan otot jantung adalah otot yang paling bekerja keras. Jantung dapat memompa setidaknya 2.500 galon darah dalam satu hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini