Sukses

20 Template Label Nama Anak yang Lucu dan Cara Mencetaknya

Template label nama anak juga bisa dibuat sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Template label nama anak yang lucu akan sangat disukai anak. Template label nama anak biasanya ditempelkan di buku, kotak makan, alat tulis, dan perlengkapan anak lainnya. Label ini sangat berguna untuk menandai barang-barang anak jika hilang atau tertukar.

Template label nama anak juga bisa dibuat sendiri di rumah. Anda hanya memerlukan printer, kertas stiker, dan template label nama anak. Membuat label nama anak sendiri pastinya akan lebih hemat.

Saat membuat label nama anak, Anda mungkin bingung di mana harus mencari template label nama anak yang bagus. Template label nama anak yang lucu akan membuat anak lebih bersemangat untuk sekolah. Anda juga bisa mendesain sendiri template label nama anak jika memungkinkan.

Berikut template label nama anak dan cara membuatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(22/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Cara mencetak template label nama anak

Memilih kertas

Untuk membuat label nama sendiri, Anda memerlukan kertas stiker. Kertas ini bisa berupa kertas stiker biasa atau kertas stiker vinyl. Kertas stiker bisa ditemukan di toko alat tulis atau secara online. Kertas stiker biasanya berukuran letter dan dijual dalam jumlah lembar tertentu.

Siapkan printer

Untuk bisa mencetak template label nama anak, Anda memerlukan printer inkjet. Biasanya printer inkjet 4 warna dengan resolusi cetak 1200 dpi sudah lebih dari cukup. Pastikan tinta printer terisi penuh dan bisa berjalan dengan baik.

3 dari 10 halaman

Cara mencetak template label nama anak

Mendesain stiker

Cara mencetak template label nama anak selanjutnya adalah mulai mendesain. Karena Anda sudah memiliki template yang siap cetak, Anda cukup mendesainnya sedikit dengan menambahkan nama atau informasi lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Microsoft Word dan buka dokumen baru. Selanjutnya, pilih insert dan masukkan template label nama anak yang sudah dimiliki sebelumya.

2. Untuk menambahkan nama dan keterangan lainnya, Anda bisa menyisipkan text box. Klik Insert > Text Box lalu pilih simple text box.

3. Untuk memposisikan text box agar bisa berada di atas template, pilih Format > Wrap Text > In Front of Text.

4. Untuk menghilangkan garis tepi pada text box, pilih Format > Shape Outline > No Outline.

5. Untuk membuat text box transparan, pilih Format > Shape Fill > No Fill.

6. Posisikan Text Box di atas template label nama anak. Lalu ketik nama atau informasi yang ingin dimasukkan.

4 dari 10 halaman

Cara mencetak template label nama anak

Pertimbangkan warna

Perhatikan warna yang digunakan dalam desain stiker. Penggunaan warna yang berlebihan dapat memengaruhi suplai tinta printer inkjet. Jika desain sebagian besar berwarna biru, misalnya, tinta biru mungkin habis jika mencetak lusinan stiker.

Cetak pada kertas biasa terlebih dulu

Harga kertas stiker bisa lebih mahal dari kertas biasa. Sebelum langsung mencetak di kertas stiker, ada baiknya mencoba mencetak template label nama anak di kertas HVS biasa. Saat template label nama anak sudah siap, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mencetaknya di selembar kertas kosong. Jika hasil sesuai keinginan, Anda bisa langsung mencetaknya dengan kertas stiker. Jika belum sesuai keinginan Anda bisa mencari solusi dari kekurangan tersebut.

5 dari 10 halaman

Cara mencetak template label nama anak

Cetak dengan kertas stiker

Masukkan selembar kertas stiker ke dalam printer. Karena lebih tebal dari kertas biasa, kertas stiker mungkin tersangkut di printer jika Anda mencoba memasukkan lebih dari satu lembar sekaligus. Pastikan kertas stiker benar-benar rata tanpa ada lengkungan atau kusut. Sudut yang tertekuk pada selembar kertas stiker dapat menyebabkannya tersangkut di penggulung printer.

Selanjutnya buka Microsoft Word tempat template label nama anak tadi dibuat. Klik File > Print. Tunggu hingga proses mencetak selesai.

Biarkan Stiker Mengering

Keluarkan kertas yang telah dicetak dari printer tanpa menyentuh tinta apapun pada permukaannya. Letakkan di atas permukaan datar agar kering. Tidak seperti pencetakan dokumen teks, konsentrasi tinta yang tinggi yang digunakan dalam grafik membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengering.

Potong stiker

Jika stiker sudah mengering, Anda bisa mulai memotongnya. Gunakan gunting atau cutter yang tajam. Untuk penggunaan cutter, Anda bisa menggunakan bantuan penggaris agar hasil potongan lebih rapi.

6 dari 10 halaman

Template label nama anak

7 dari 10 halaman

Template label nama anak

8 dari 10 halaman

Template label nama anak

9 dari 10 halaman

Template label nama anak

10 dari 10 halaman

Template label nama anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini