Sukses

24 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat, Aman Dipraktikkan

Pahami cara menghilangkan komedo agar kulit dan wajahmu kembali berseri secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Komedo biasanya muncul di area wajah, hidung, leher, lengan, dada, punggung, sampai bahu. Kemunculannya biasanya dipengaruhi sumbatan pori-pori oleh penumpukan minyak dan sel kulit mati. Cara menghilangkan komedo dengan cepat ini selain dapat membasmi bakteri, juga membantu mengangkat sel kulit mati yang bersarang di pori-pori, loh.

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sulit dikenali. Bentuknya bintik kecil, mirip benjolan kecil yang samar, dan tak terlihat bila tidak diamati betul. Komedo tidak bisa hilang dengan sendirinya, kotoran ini perlu dibersihkan sendiri. Nah, cara menghilangkan komedo dengan cepat ini bisa dijadikan solusinya.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat bukan dengan alat penyedot komedo, ya! Lebih baik pakai bahan alami yang lebih aman dan efek sampingnya tidak membahayakan kesehatan kulitmu. Mulai dari manfaatkan minyak esensial, tanaman herbal, rempah-rempah, teh, sampai buah-buahan.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan komedo dengan cepat dari berbagai sumber, Senin (22/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Kulit Jeruk

Bila dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C. Jadi bila Anda sedang makan jeruk, janganlah membuang kulitnya. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dengan cepat.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering

- Tumbuk kulit jeruk hingga halus

- Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta

- Oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air hangat

Mentimun

Mentimun memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Sifat ini dipercaya mampu mengatasi masalah yang terjadi pada kulit wajah. Termasuk menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Ambil ½ buah timun, 1 sendok teh perasan air lemon, dan 1 sendok teh air perasan daun mint

- Lumatkan semua bahan dengan blender, masukan ke dalam botol kecil, dan dinginkan dalam lemari es selama sekitar 10 menit

- Oleskan ramuan tersebut pada wajah, lalu diamkan

- Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air hangat dan ikuti dengan air dingin

- Lakukan perawatan ini secara teratur seminggu sekali

Air Mawar

Air mawar bisa membantu menghidrasi kulit. Ini membuat komedo lebih mudah dibersihkan. Cara menghilangkan komedo dengan cepat ikuti langkah berikut. Campur 1 sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan air lemon. Celupkan pada kapas dan tempelkan pada komedo. Biarkan selama 10-12 menit lalu bilas dengan air.

Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C nya berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembapkan kulit Anda.

Perawatan dengan menggunakan pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah , serta bisa membersihkan komedo. Pepaya bisa dimanfaatkan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Potong pepaya kecil-kecil

- Haluskan pepaya sampai lembut

- Gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit

- Penggunaan buah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Pasta Gigi

Pada umumnya pasta gigi mengandung fluoride dan mineral. Kedua senyawa ini bisa dipakai sebagai cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah.

Tapi memang benar bahwa pasta gigi merupakan hasil produksi pabrik yang menggunakan bahan kimia dan juga tidak alami. Sebab itu sebaiknya memilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal perlu dilakukan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Oleskan pasta gigi secara merata pada wajah

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air bersih

Oatmeal

Oatmeal dikenal memiliki sifat antiinflamasi, pengelupasan kulit, dan menyejukkan kulit. Sifat inilah yang kemudian bermanfaat untuk menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Siapkan wadah.

- Tambahkan 2 sendok makan oatmeal.

- Tambahkan 3 sendok makan yogurt.

- Tambahkan 1 sendok minyak zaitun.

- Campur ketiganya secara merata.

- Lalu oleskan pada kulit wajah berkomedo yang sudah dilembapkan.

- Biarkan sampai 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat pelembap yang dapat membantu meredakan kulit kering dan mencegah penyumbatan pori-pori. Asam laurat dalam minyak kelapa juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat sangat mudah dan aman. Ambil 1-2 tetes minyak pada jari yang bersih dan pijat kulit yang berkomedo. Biarkan selama beberapa jam lalu bilas hingga bersih.

Baking Soda

Baking soda bisa membantu menjaga kadar PH kulit wajah. Selain itu, baking soda juga bisa membantu produksi minyak di kulit agar tak berlebihan. Terakhir, baking soda bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Buat pasta dengan menggunakan baking soda.

- Lalu oleskan pada wajah secara merata.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Tepung Gandum

Tepung gandum bisa digunakan sebagai masker untuk membersihkan komedo pada wajah. Cara ini cukup aman, meski hasilnya tak semaksimal yang diinginkan. Kesabaran dan ketelatenan benar-benar diperlukan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Buat pasta dari tepung gandum

- Oleskan pada area berkomedo

- Diamkan selama 15 menit atau hingga kering

- Bilas dengan air hangat

Scrub Kopi Gula

Kopi memang telah biasa digunakan sebagai minuman. Sedangkan gula digunakan sebagai perasa manis. Namun ternyata, gabungan kedua bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Buat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air.

- Tambahkan 1 sdm gula pasir.

- Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu.

- Gosokkan scrub secara merata pada wajah.

- Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang paling direkomendasikan dalam metode pembersihan berbasis minyak. Minyak zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan. Sifat melembapkannya mampu mencegah kulit kering penyebab komedo.

Tuang minyak ke telapak tangan lalu oleskan ke area hidung dan dagu. Pijat minyak selama beberapa menit. Biarkan minyak menempel di wajah selama satu menit. Cara menghilangkan komedo dengan cepat sangat mudah.

Celupkan waslap ke dalam air hangat yang cukup dingin untuk digunakan pada wajah, tetapi cukup hangat untuk melarutkan minyak. Oleskan waslap ke wajah dan tahan di sana selama 15 detik. Seka minyak dari wajah secara perlahan.

Uap Air

Uap membuka pori-pori kulit wajah dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran untuk membersihkan kulit lebih dalam. Membuka pori-pori juga bisa melembutkan komedo, membuatnya lebih mudah dihilangkan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Masukkan air hangat ke dalam mangkuk atau baskom.

- Tutupi kepala dengan handuk dan hadapkan wajah ke arah mangkuk.

- Jarak wajah ke mangkuk paling tidak harus sejauh 6 hingga 10 inci.

- Lakukan maksimal 10 menit, dan komedo akan dengan mudah terangkat.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Garam

Menurut ilmu kimia, garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan).

Pada umumnya garam digunakan untuk menambah rasa asin pada makanan, tapi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Siapkan air panas dalam wadah

- Larutkan garam pada air panas

- Biarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut

Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C. Selain itu lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Peras buah lemon

- Oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo

- Diamkan selama 15 menit

Kunyit

Sifat antimikroba dan penyembuhan kunyit akan membersihkan komedo dalam waktu singkat. Ini dapat membantu mengurangi munculnya komedo. Cara menghilangkan komedo dengan cepat sangat mudah. Campur 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan madu hingga membentuk pasta kental. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan anti-oksidan. Zat ini akan menjadikan kulit agar tidak berjerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan wajah. Kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya khasiatnya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Peras buah jeruk nipis

- Oleskan air perasan pada area wajah yang berkomedo

- Diamkan selama 15 menit

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Putih Telur

Putih telur dipercaya khasiatnya mampu untuk mengenyalkan wajah juga sebagai cara untuk mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak akan menumpuk pada kulit dan tidak akan menyebabkan timbulnya komedo karena mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri

- Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

Madu

Madu adalah pelembap wajah alami yang juga mampu mencerahkan kulit dan juga bisa mengangkat kulit mati, karena mengandung banyak anti-oksidan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Siapkan 1 sdm madu

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu mengatur minyak pada kulit. Teh hijau bisa mencegah pori-pori kulit tersumbat. Cara menghilangkan komedo dengan cepat sangat mudah.

Ambil isi dari satu kantong teh. Rendam dengan air hangat, ambil teh lalu campur dengan gel lidah buaya. Oleskan pada area berkomedo, biarkan selama 10-15 menit lalu bersihkan.

Air Hangat

Menggunakan Air hangat untuk pera akan mampu membuka pori-pori kulit Anda, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Masak air dan masukkan dalam wadah

- Kemudian hadapkan wajah pada wadah

- Biarkan uap air panas membuka pori-pori Anda

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan, yang disebut lycopine yang terbukti mampu menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk pada wajah sehingga komedo tidak bisa muncul. Tomat juga dapat digunakan menjadi tabir surya alami yang berfungsi untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Kacang Kedelai

Kacang kedelai dikenal sebagai sumber yang kaya protein, kacang kedelai juga mengandung vitamin B kompleks, A, E, magnesium, zat besi, kalsium dan fosfor.

Fungsinya sebagai antioksidan dapat digunakan sebagai cara mencegah penuaan dini. Selain itu, menggunakan masker kacang kedelai secara rutin akan menjadikan wajah Anda lebih cerah, bebas dari minyak, dan bebas dari komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Rendam kacang kedelai dalam air selama 1 hari.

- Kacang kedelai yang telah direndam kemudian dibersihkan dan diblender hingga halus tanpa air.

- Oleskan kacang kedelai yang telah diblender hingga halus pada wajah.

- Diamkan selama 30 menit.

- Bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Lidah Buaya

Perawatan dengan menggunakan lidah buaya, Anda akan mendapatkan sekaligus banyak manfaat. Yaitu: membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Petik daun lidah buaya secukupnya

- Ambil gel yang ada di tengahnya

- Oleskan secara merata pada kulit area berkomedo

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air bersih

Charcoal Mask

Masker charcoal juga bisa jadi alternatif cara menghilangkan komedo dengan cepat. Charcoal bekerja jauh di dalam pori-pori untuk membantu mengeluarkan kotoran. Ada banyak charcoal mask yang dijual di pasaran. Kamu dapat menemukan masker arang yang dijual bebas di internet atau di apotek atau toko kecantikan terdekat.

Cuka Sari Apel

Sifat asam cuka akan membersihkan komedo dengan mengeringkannya dan juga membunuh bakteri yang ada di pori-pori yang tersumbat.

Namun, perlu berhati-hati menggunakan bahan ini karena cuka akan sangat mengeringkan wajah. Selalu larutkan cuka sari apel dengan air sebelum digunakan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Larutkan beberapa tetes cuka apel dengan air.

- Celupkan pada kapas dan oleskan pada komedo.

- Biarkan mengering secara alami selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini