Sukses

6 Cara Daftar SBMPTN 2021 Lengkap, Ketahui Alurnya

Selain SNMPTN, SBMPTN menjadi jalur masuk PTN yang paling diminati.

Liputan6.com, Jakarta Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB. Bagi calon mahasiswa yang belum lolos SNMPTN, masih ada jalur SBMPTN dan Mandiri. Selain SNMPTN, SBMPTN menjadi jalur masuk PTN yang paling diminati.

Pendaftaran SBMPTN 2021 sudah dibuka sejak 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021. Berbeda dengan SNMPTN yang hanya mengizinkan pelamar dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat lulusan 2021, SBMPTN bisa menampung peserta dari lulusan SMA tahun 2019 dan 2020.

SBMPTN akan dilangsungkan dalam bentuk UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer di lokasi yang telah ditentukan. Untuk tahun ini, pelaksanaan UTBK 2021 akan digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 12-18 April 2021, sedangkan gelombang kedua pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

Cara mendaftar SBMPTN 2021 harus mengikuti alur yang telah ditentukan. Secara garis besar, alur cara mendaftar SBMPTN 2021 terbagi dalam lima tahap, yaitu pengisian biodata, memilih program studi, mengisi portofolio, memilih lokasi ujian, dan konfirmasi akhir.

Berikut cara mendaftar SBMPTN 2021, dirangkum Liputan6.com dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Senin(22/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Login dan isi biodata

Login di situs LTMPT

Cara mendaftar SBMPTN 2021 yang pertama adalah login ke situs pendaftaran SBMPTN di https://portal.ltmpt.ac.id. Masukkan kombinasi email dan password yang telah terdaftar pada akun LTMPT. Pilih UTBK-SBMTPN Pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021.

Lengkapi biodata

Setelah masuk ke bagian pendaftaran SBMPTN, isi seluruh kolom biodata yang diminta dengan benar. Pastikan bahwa kamu telah mengisi seluruh data yang kosong dan bertanda (*). Jika masih ada data yang kosong kamu harus melengkapinya. Tekan tombol Simpan dan Lanjutkan untuk menyimpan perubahan dan berpindah kehalaman selanjutnya.

Untuk calon peserta disabilitas

Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang berkebutuhan khusus, seperti tuna netra/buta dan atau tuna daksa/lumpuh, harap memberi tanda centang (√) pada kotak yang tersedia. Lalu kliktombol Simpan dan Lanjutkan maka akan muncul tampilan kotak konfirmasi untuk memastikan bahwa kamu adalah penyandang disabilitas tuna netra.

Klik tombol Ya, saya yakin maka seluruh data akan tersimpan dan kamu akan melihat keseluruhan formulir. Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 disabilitas netra/buta maka wajib mengunggahformulir SURAT KETERANGAN TUNA NETRA/BUTA.

Konfirmasi pengisian biodata

Pilih Simpan dan Lanjutkan untuk lanjut ke tahap berikutnya. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengonfirmasi pengisian biodata. Jika masih ada isian yang menurutmu belum atau tidak sesuai, kamu dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Kembali dan mengubahnya kembali.

Simpan permanen

Pastikan bahwa seluruh data yang kamu masukkan benar. Ini karena data akan disimpan dan kamu tidak dapat mengubahnya. Jika Anda sudah yakin bahwa seluruh isian biodata peserta UTBK-SBMPTN 2021 benar, maka Centang Pernyataan pada bagian Konfirmasi dan Simpan Permanen. Tekan tombol Simpan Permanen Biodata.

3 dari 7 halaman

Memilih PTN dan program studi

Cara mendaftar SBMPTN 2021 selanjutnya adalah memilih PTN program studi. Kamu bisa memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Pastikan untuk benar-benar sudah meperhitungkan pilihan PTN dan mencari informasi terkait persyaratannya. Centang pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Pendidikan (UKT), kemudian klik Simpan dan Lanjutkan.

Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 pemegang KIP Kuliah, kamu tidak dapat memilih PTN maupun program studi yang berada di PTN di bawah Kementerian Agama (UIN). Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang bersal dari Jurusan/Program Keahlian SMTA IPS, tidak diperbolehkan mengambil Program Studi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.

4 dari 7 halaman

Mengisi portofolio

Jika kamu memilih program studi yang tidak mensyaratkan portofolio, cukup klik Lanjutkan pada step pengisian portofolio. Jika program studi yang kamu pilih mensyaratkanmu untuk melengkapi portofolio, maka langkah selanjutnya adalah mengunggah portofolio. Portofolio ada 10 jenis, sebagai berikut:

Olahraga;

Seni Rupa, Desain, dan Kriya;

Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari);

Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama);

Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik);

Seni Karawitan;

Etnomusikologi;

Fotografi;

Film dan Televisi;

Seni Pedalangan.

Pada langkah ini, kamu WAJIB untuk mengunggah portofolio sesuai dengan ketentuan dari masing-masing program studi dan PTN yang kamu pilih. Ada dua pilihan portofolio, yaitu portofolio SNMPTN dan portofolio SBMPTN. Portofolio SNMPTN adalah portofolio yang pernah diunggah saat pendaftaran SNMPTN. Jika kamu menggunakan portofolio ini, kamu tidak perlu mengunggah portofolio lagi. Untuk portofolio SBMPTN, maka kamu harus mengunggah file portofolio lagi.

5 dari 7 halaman

Memilih Pusat UTBK

Pilih lokasi UTBK

Pusat UTBK adalah tempat di mana kamu akan melaksanakan ujian tulis berbasis komputer. Sehubungan dengan masa Pandemi COVID-19, kamu diwajibkan untuk memilih pusat UTBK sesuai domisili terdekat. Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK-mu sudah sesuai dan benar, maka tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

Konfirmasi akhir

Tahap ini adalah tahap konfirmasi akhir pendaftaran UTBK. Pastikan lokasi Pusat UTBK yang telah kamu pilih sudah benar karena data akan disimpan permanen dan tidak bisa diubah lagi. Setelah semuanya terisi dengan benar, pilih Konfirmasi dan Lanjutkan. Klik Ya, Saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen.

6 dari 7 halaman

Pembayaran SBMPTN

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran di bank mitra LTMPT. Ketentuan biaya UTBK bagi peserta sebagai berikut:

- Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum.

- Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

- Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI.

- Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

- Calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

Tekan tombol Unduh Slip Bayar untuk mengunduh slip bayar untuk membayar biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021. Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan pembayaran sesuai biaya pendaftaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang ada.

7 dari 7 halaman

Konfirmasi Kartu Tanda Peserta

Setelah selesai melakukan pembayaran, buka kembali situs pendaftaran, dan lakukan Konfirmasi Kartu Tanda Peserta. Pada bagian Konfirmasi dan Simpan Permanen, centang Pernyataan yang ada lalu tekan tombol Simpan Permanen.

Kamu akan mendapat kontak konfirmasi kartu peserta, lalu tekan tombol Ya, simpan permanen. Kamu dapat menyimpan maupun mencetak kartu UTBK-SBMPTN 2021 untuk dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN 2021 sudah selesai dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.