Sukses

5 Fakta Sosok Dewa Kipas yang Tanding Catur dengan GM Irene

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan, nama Dewa Kipas banyak hiasi media sosial. Polemik kemenangannnya atas Gotham Chess banyak diperbincangkan hingga netizen luar negeri. Dewa Kipas dianggap melakukan pelanggaran, hingga akunnya di Chess.com diblokir.

Banyak orang mempertanyakan kemampuannya dalam catur, namun tidak sedikit pula yang mendukungnya. Bahkan beberapa Grand Master (GM) asal Indonesia pun mencoba menantang Dewa Kipas.

Kini ia menjawab tantangan dari seorang Grand Master Irene Sukandar yang difasilitasi oleh Deddy Corbuzier dalam podcastnya. Dalam duel persahabatan ini ada hadiah menarik senilai Rp 300 juta. Deddy pun membuat poling dan banyak netizen yang menjagokan kemenangan Dewa Kipas atas GM Irene.

Berikut ulasan fakta sosok Dewa Kipas yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Senin (22/3/2021).

2 dari 6 halaman

1. Dewa Kipas dipastikan lakukan pelanggaran oleh Bos Chess.com

Sejak awal Maret nama Dewa Kipas alias Dadang Subur sedang viral di media sosial. Kemenangannya atas Gotham Chess dalam pertandingan catur online di Chess.com menuai banyak polemik.

Ia dianggap melakukan pelanggaran oleh lawannya, Gotham Chess. Hingga pada akhirnya, akun Dewa_Kipas di Chess.com diblokir dan anaknya Ali Akbar mengangkat kasus tersebut dalam media sosial.

Netizen Indonesia pun marah dan menyerbu berbagai akun media sosial Gotham Chess alias Levy Rozman. Selain itu, Chess.com selaku penyedia pertandingan online menegaskan bahwa pemblokiran akun Dewa Kipas bukan tindakan semena-mena.

Chief Operating Officer Chess.com Daniel Rensch menungkapkan Dewa Kipas ditutup akunnya karena setelah dilakukan penyelidikan ditemukan adannya pelanggaran.

"Dewa Kipas merupakan kasus kecurangan yang mutlak," ujar Rensch seperti dikutip dari Wired.com, Selasa (16/3/2021).

3 dari 6 halaman

2. Pensiunan BUMN

Pemilik nama asli Dadang Subur yang memiliki nama Dewa Kipas dalam akun Chess.com merupakan pria berusia 60 tahun yang tinggal di Bandung. Ia merupakan pensiunan BUMN yang kesehariannya menjual aneka pakan burung.

Dalam sela kesibukannya, ia kerap bermain catur dan bahkan main secara online melalui Chess.com.

4 dari 6 halaman

3. Memiliki julukan Dewa Kipas

Nama Dewa Kipas yang ia gunakan dalam akun Chess.com ternyata sebuah julukan yang ia dapatkan. Sebelumnya ia suka bermain tenis meja dan kerap dijuluki Dewa Kipas selain memiliki hobi catur.

5 dari 6 halaman

4. Bukan orang baru dalam dunia catur

Dadang Subur memiliki hobi catur yang telah ia tekuni sejak lama. Ia pernah bergabung dalam Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI). Selain itu ia sudah aktif bermain catur sejak kuliah.

Beberapa kali ia pun pernah mengikuti pertandingan catur. Salah satunya ialah juara 1 dalam kejuaraan catur 37 Kota Singkawang pada tahun 2005 silam. Dalam pertandingannya, ia telah menjuarai 7 turnamen catur daerah.

6 dari 6 halaman

5. Duel dengan GM Irene

Atas polemik dan viralnya Dewa Kipas di media sosial mengenai dunia percaturan. Ternyata hadir berbagai tanggapan dan tantangan dari Grand Master asal Indonesia. Beberapa GM pun sempat menantang Dewa Kipas namun belum terlaksana.

Sore ini dalam podcastnya Deddy Corbuzier ia menggelar pertandingan antara Dewa Kipas dan GM Irene Sukandar. Hal ini pun untuk menjawab polemik atas viralnya Dewa Kipas yang mengalahkan Gotham Chess.

Saat artikel ini ditulis, Dadang Subur alias Dewa Kipas kalah oleh GM Irene Sukandar 3-0. Pertandingan ini disaksikan lebih dari 1 juta penonton baik dari Indonesia maupun netizen luar negeri.