Sukses

Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar, Perhatikan Susunannya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat essay bisa diselesaikan dalam waktu singkat bila sudah paham teknik penulisannya. Essay adalah karya tulis yang memuat opini penulis dengan fakta atau pembuktian kuat.

Penulisan essay didasarkan pada tema yang sedang populer di masyarakat. Cara membuat essay, di mulai dengan memaparkan masalah sebagai pembuka, pemaparan opini sebagai isi, dan kesimpulan sebagai penutupnya.

Cara membuat essay bagi pemula, direkomendasikan menulis topik yang sudah dikuasai sebelumnya. Meski riset atau observasi adalah bagian pokok, bagi pemula memilih topik yang sudah dikuasai bisa bikin lebih percaya diri.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat essay dari berbagai sumber, Selasa (23/3/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Essay Menurut Ahli

H.B Jassin

Essay adalah uraian tulisan yang membicarakan bermacam ragam masalah, baik politik, sosial, hukum, pertanian dan lain sebaginya. Esai tidak tersusun secara teratur akan tetapi ada garis besar yang dapat dipetik dari bermacam tulisan yang diutarakan.

Umar Muktar

Essay adalah karangan prosa yang mengupas secara sepintas akan tetapi akurat, padat, dan berisi mengenai berbagai masalah, seperti politik, kesusastraan, seni, dan budaya dari sudut pandang penulisnya.

Soetomo

Essay adalah karangan pendek mengenai suatu masalah yang yang perhatian publik untuk diselidiki dan dibahas.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Essay adalah karya tulis atau karangan ilmiah yang dalamnya memaparkan tentang masalah tertentu dari sudut pandang pribadi penulis dengan disertai data yang valid.

Jassin dalam Pujiono

Essay adalah tulisan ilmiah yang membicarkan bermacam ragam masalah, yang tidak tersusun secara sistematis atau teratur.

Fajri dalam Pujiono

Essay adalah suatu tulisan yang menguraikan tentang masalah secara sepintas dari sudut pandang penulisnya sendiri.

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M

Essay adalah suatu karangan pendek tentang fakta yang kemudian dikupas menurut pandangan pribadi penulisnya.

3 dari 6 halaman

Mengenal Tentang Essay

Kenali terlebih dahulu tentang apa itu essay sebelum praktik cara membuat essay. Essay merupakan tulisan opini penulis yang dilengkapi data, informasi, dan fakta yang kuat.

Berdasarkan pemahaman tersebut, maka dapat dipahami bahwa cara membuat essay bukan lagi tulisan yang sistematis dan kaku. Cara membuat essay yang benar justru harus berlandaskan pada pemikiran penulis.

Essay biasanya dibuat untuk menangapi suatu fenomena yang tengah terjadi di masyarakat dan sedang populer dibicarakan. Cara membuat essay terlihat lebih mudah daripada artikel, padahal sebetulnya lebih sulit.

Dari opini yang disampaikan dengan data tersebut, maka cara membuat essay sesuai karakter penulis dapat mulai dipahami sendiri. Terkadang memang, cara membuat essay setiap orang berbeda-beda, tetapi ada landasannya.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Essay

Agar bisa membuat essay dengan baik, benar, dan menarik, pahami fondasi cara membuat essay. Supaya penyampaian opini dalam essay bisa lebih runtut dan mudah dimengerti oleh pembaca, meskipun sedang menyampaikan permasalahan yang cukup pelik. Cara membuat essay:

Menentukan Tema

Cara membuat essay yang berkualitas, mulai dengan melakukan observasi atau penelitian terlebih dahulu. Hal ini menjadi salah satu cara membuat essay yang efektif supaya artikel yang ingin ditulis memiliki dasar atau landasan kuat, sekaligus dapat menarik minat banyak orang.

Cara membuat essay yang memudahkan bagian ini, pilih tema yang sudah dipahami betul. Cara ini sangat direkomendasikan bagi pemula. Tujuannya agar penulisan opini pertama kali tetap membuat penulisnya percaya diri.

Melakukan Riset

Observasi atau penelitian dilakukan agar penyampian bisa opini lebih mendalam. Bukan hanya tema yang mudah dimengerti, kalau bisa lakukan observasi dengan mencari tema yang berat tetapi opini bisa tersampikan dengan lebih sederhana.

Riset atau observasi yang dilakukan bisa melalui pencarian-pencarian melalui buku, internet, jurnal, arsip, koran atau langsung terjun ke tengah masyarakat untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

Cara membuat essay pada bagian riset ada beberapa hal harus perhatikan, tujuannya agar tulisan essaynya menjadi lebih baik dan akurat. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Fokus pada salah satu atau dua metode untuk riset.

2. Carilah sumber-sumber yang akurat dan dapat dipercaya seperti web jurnal, buku-buku dari penulis yang berkompeten dan sebagainya.

3. Lakukan riset melalui buku terlebih dahulu lalu lengkapi dengan penambahan informasi melalui web jurnal atau media internet lainnya.

4. Catat semua sumber riset yang kamu dapat, agar jika kamu ingin mengutip kamu dengan mudah dan cepat menemukannya sehingga akurasi essay kamu buat dapat dipercaya.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Essay

Membuat Outline

Semua karya tulisan yang baik biasanya berasal dari sebuah kerangka tulisan atau outline yang matang. Cara membuat essay bagian kerangka akan membantu penulisan dan penyusunan essay.

Tentu saja dengan lebih runtut dan tidak melebar jauh dari topik yang telah ditentukan. Selain itu, cara membuat essay ini akan mempermudah untuk menyusun ide-ide, opini, dan segala permasalahan yang akan dimasukkan dalam essay.

Memperhatikan Pemilihan Kata

Bila cara membuat essay bagian outline atau kerangka penyusunannya sudah diselesaikan, perhatikan pemilihan kata yang efektif. Karya tulis seperti essay yang baik seharusnya menggunakan kata yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Perhatikan untuk tidak muluk-muluk menggunakan kata-kata agar essay yang dibuat tidak sia-sia. Meski essay adalah karya tulis yang menyampaikan opini penulis, tetapi penggunaan bahasanya tetap pakai yang formal.

Berbeda bila cara membuat essay diperuntukkan oleh kalangan khusus, seperti aktivis, akademisi, dan kalangan intelektual yang lain. Menggunakan bahasa yang lebih tinggi boleh diterapkan.

Menulis Essay

Bagian terakhir adalah cara membuat essay bagian menulis. Untuk menulis essay, cukup lengkapi bagian kerangka yang sudah disusun sebelumnya. Pakai bahasa yang baik, mudah dimengerti, dan formal.

Essay terdiri dari tiga bagian. Cara membuat essay bagian menulis, selesaikan pembukaannya dengan memaparkan permasalahan, mulai dari masalah. Kedua, tulis bagian isi atau opini penulis yang ingin disampaikannya.

Untuk yang ketiga bagian penutup. Cara membuat essay bagian penutup biasanya memuat kesimpulan. Ambil kesimpulan yang singkat, padat, dan jelas agar pembaca bisa mengambil poin penting dari essay berupa penegasan akhir paragrafnya.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Essay Pengalaman

Mendata Pengalaman Menarik

Pengalaman yang dialami pasti banyak, khususnya saat liburan tiba. Akan tetapi, tak semua pengalaman tersebut berkesan dan tugas pertamamu adalah menentukan pengalaman mana yang paling berkesan. Jika temanya tentang liburan, bisa fokus pada kegiatan liburan yang baru saja dilakukan, tapi jangan lupa pilih yang unik dan berbeda.

Memilih Pengalaman Berkesan

Usai mendata beberapa pengalaman yang menarik, perlu memilih salah satu yang akan ditulis. Akan lebih mudah jika ada tema tertentu, dan lebih sulit memilih ketika tak ada tema khusus yang diberikan.

Menuliskan Pokok-Pokok Pengalaman

Usai menentukan pengalaman yang akan ditulis, maka saatnya menulis pengalaman tersebut. Ada beberapa pokok panduan yang bisa membantu untuk menceritakan pengalaman tersebut lewat tulisan. Mulai dengan waktu kejadian, tempat, orang yang terlibat, pengalaman yang terjadi hingga kesan terhadap pengalaman tersebut.

Mengembangkan Ide

Bercerita secara langsung dan tertulis tak jauh berbeda. Seringkali lewat tulisan justru bisa membuatmu menceritakan pengalaman lebih terperinci. Kamu bisa mengembangkan ide pokok pengalaman yang sudah ditentukan dengan pilihan kata yang tepat. Lakukan beberapa tips di atas.