Sukses

20 Wisata di Bandung Terlengkap yang Wajib Dikunjungi, dari Alam hingga Kuliner

Beragam wisata di Bandung yang bisa jadi referensi Anda ketika berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Bandung menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin melepaskan penat dengan rutinitas sehari-hari. Kota Bandung menawarkan daya tarik wisata berbeda yang tidak akan ditemukan di daerah lain. Berbagai perkembangan dan inovasi pun terus dilakukan untuk semakin mendukung sektor pariwisata di Ibu Kota Jawa Barat ini. 

Kota Bandung sendiri adalah daerah yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Berbagai jenis dan variasi destinasi yang instagramable bisa Anda temui di Bandung. Mulai dari wisata alam yang menakjubkan, destinasi modern yang kekinian, hingga wisata kuliner yang wajib untuk dicicipi.

Untuk Anda yang berniat mengunjungi Kota Kembang, berikut ini telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber tentang tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam di Bandung yang Menakjubkan

Menikmati wisata alam di Bandung dapat membuat pikiran menjadi rileks, tak ada salahnya memanjakan mata dengan melihat pemandangan alam yang dimiliki oleh kota Kembang ini. Berikut tempat wisata alam di Bandung.

1.  Sendang Geulis Kahuripan

Wisata di Bandung yang pertama adalah Sendang Geulis Kahuripan. Dengan mata air jelita ini menawarkan udara yang sejuk dan air yang jernih untuk berendam, Tetapi aktivitas yang paling digemari anak muda di sini tentu saja underwater selfie.

Sendang Geulis Kahuripan terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Kawasan wisata beroperasi mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000.

2.  Sanghyang Heuleut

Wisata di Bandung selanjutnya adalah Sanghyang Heuleut. Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, tempat wisata ini merupakan danau hijau memesona dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampai disebut kolam bidadari.

Sanghyang Heuleut merupakan tempat wisata di Bandung yang cocok untuk mandi dan berfoto. Untuk tiket masuknya sendiri dibandrol sebesar Rp10.000.

3.  Curug Brugbrug

Tempat wisata di Bandung yang menakjubkan lainnya adalah Curug Brugbrug. Air terjun tunggal yang cukup cantik ini berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua. Dinamai Brugbrug karena suara curahan airnya seperti menghempas dengan bunyi brug...brug. Untuk tiket masuknya dihargai sebesar Rp. 7.500 saja.

4.  Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi ialah Kawah Putih Ciwidey. Lokasinya berada di Selatan Kabupaten Bandung. Daya tarik dari wisata ini adalah kawah putihnya yang termasuk dalam kategori kawah vulkanik. Kawahnya yang berwarna putih karena kandungan belerang di dalamnya serta warna airnya yang jernih namun tak jarang juga bisa berubah warna ini menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para wisatawan.                                                                                        

5.  Curug Upas

Curug Upas masih sangat asri karena dikelilingi dengan pegunungan. Sehingga wisata ini menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda yang suka mengunjungi wisata alam. Apalagi di Curug Upas ini tersedia berbagai fasilitas yang akan memanjakan Anda seperti bumi perkemahan serta sejumlah fasilitas umum lainnya.

Berkemah di tempat ini akan sangat menyenangkan. Apalagi dengan suara gemericik air dan dedaunan yang akan membuat suasana lebih menenangkan. Tak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati beragam kuliner.

 6.  Gunung Puntang

Wisata alam di Bandung selanjutnya adalah Gunung Puntang. Buat Anda yang suka mendaki jangan melewatkan Gunung Puntang. Ketinggian Gunung ini 222 MDPL, sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Selain bisa menikmati keindahan alam yang mampu menyejukkan mata, Anda juga akan merasakan keunikan tersendiri ketika berada disini. Pasalnya Gunung Puntang menyimpan banyak peninggalan bersejarah dari penjajahan Belanda dulu. Tak hanya itu Gunung Puntang juga tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan.

7.  Taman Hutan Raya IR Juanda

Taman Hutan Raya merupakan taman hutan raya yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan di kota Kembang. Terdapat sekitar 2500 jenis tanaman membuat taman hutan raya pertama ini sangat cocok untuk wisata Botani.

Namun selain wisata botani, di kawasan Hutan Raya IR Juanda anda bisa menemukan berbagai air terjun yang mempesona. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang sangat cocok untuk bersantai dan hilangkan penat.

8.  Curug Malela

Wisata alam di Bnadung yang wajib Anda kunjungi adalah Curug Malela. Air terjun ini memiliki pesona dengan keindahan dan keunikannya sendiri. Anda bisa berendam di bawah air terjun ini dengan aman sembari menikmati semburan butiran air.

Curug Malela dijuluki sebagai air terjun Niagara versi mini. Itu terjadi karena debit air yang tinggi dan dibawahnya memiliki sarana air jatuh melebar. Lokasi air terjun ini memang terpencil dengan Medan yang susah. Namun, ketika Anda sampai semuanya akan terbayar dengan keindahannya.

3 dari 4 halaman

Wisata di Bandung yang Instagramable

Meluasnya penggunaan jejaring sosial menjadikan semakin banyak tempat wisata di Bandung yang baru dikenal dan memiliki pemandangan yang instagramable. Tak sedikit pula pengembang yang memanfaatkan hobi traveling kaum milenial dengan mendirikan tempat wisata di Bandung. Inilah deretan tempat wisata di Bandung yang lagi hits dan instagramable.

9. Upside Down World

Tempat wisata di Bandung yang tengah digandrungi kaum milenial adalah Upside Down World. Sama seperti saudaranya yang ada di Bali dan Yogyakarta, tempat wisata ini menawarkan sederet spot foto dengan setting serba terbalik.

Wisata unik ini berada di Jalan H. Wasid No.31 (Dipatiukur), Desa Lebakgede, Kecamatan Coblong. Jam operasionalnya adalah pukul 10.00 - 20.00 WIB. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 50.000,00 (untuk anak-anak) dan Rp. 100.000,00 (untuk dewasa).

10.  Jalan Cihampelas

Tempat wisata di Bandung yang instagramable selanjutnya adalah Jalan Cihampelas. Ciwalk ini termasuk kawasan wajib dikunjungi bagi pelancong yang mampir ke Kota Kembang. Ini adalah tempat wisata di Bandung yang paling pas buat wisata belanja.

11.  Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi adalah ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat ini sudah menjadi area sabuk hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini nggak kalah cantiknya dengan Central Park yang ada New York. Untuk tiket masuknya dibandrol dengan harga Rp. 3.000 per orang.

12.  Masjid Al-Imtizaj

Bila Anda ingin berwisata religi, masjid Al-Imtizaj menjadi pilihan yang tepat. Berlokasi di ruas Jalan ABC Braga, tempat ibadah ini memiliki arsitektur unik. Masjid tetapi mengusung konsep bangunan ala kelenteng Tionghoa. Masjid ini menjadi salah satu bukti akulturasi budaya di tanah Sunda.

13.  Observatorium Bosscha

Tempat wisata di Bandung yang instagramable berikutnya adalah Observatorium Bosscha. Tempat wisata ini menyimpan teropong bintang tertua di Indonesia, disini pengunjung bisa belajar sekitas tentang astronomi. Selain itu, Anda juga dapat berswafoto karena desain arsitektur Bosscha sendiri cukup unik. Untuk tiket masuknya sebesar Rp. 25.000 per orang.

14.  Taman Bunga Cihideung

Wisata di Bandung yang tak kalah instagramable selanjutnya adalah taman bunga Cihideung yang merupakan kebanggaan kota Bandung. Di sini pengunjung bisa menikmati hamparan bunga aneka warna yang ditanam di area seluas 50 hektar.

15.  Kampung Jepang Kyoto

Tak perlu jauh-jauh datang ke Tokyo jika ingin berfoto dengan yukata di antara hutan bambu Sagano. Anda bisa mengunjungi tiruannya di Floating Market Lembang.

Di Kyotoku yang menjadi bagian Floating Market kita bisa menyewa yukata dan foto dengan latar cantik serupa kota para geisha itu. Untuk tiket masuknya dihargai sebesar Rp. 20.000,00 per orang, sedangkan jika Anda ingin menyewa yukata atau hanbok dikenai biaya sebesar Rp. 175.000 saja.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner di Kota Bandung yang Wajib Disinggahi

Selain wisata alam, budaya, dan wisata kekinian. Kota bandung juga menawarkan wisata kuliner yang legendaris dan wajib Anda kunjungi. Inilah beberapa tempat wisata kuliner di kota Bandung.

16. Lotek dan Es Cendol Alkateri

Wisata kuliner di Bandung yang tak boleh dilewatkan adalah lotek dan es cendol Alkateri. Tempat makan ini telah dibuka pada tahun 1988 dan tidak pernah sepi pengunjung.

Makanan andalannya adalah lotek dengan bumbu kacang yang memiliki kadar kekentalan yang pas. Untuk itu lotek ini memiliki rasa yang beda dari yang lainnya. Tempat makan ini buka dari pukul 09.00 – 15.00 WIB dengan harga satu porsinya Rp. 12.000 jika menggunakan lontong, sedangkan tanpa lontong hanya dihargai Rp. 10.000 saja.

17. Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu gempol adalah salah satu kuliner khas Bandung yang beroperasi sejak tahun 1965. Kudapan ini dijual di kawasan Pasar Gempol Kota Bandung. Biasanya, penjual kupat menggelar dagangannya setiap pagi hari. Meskipun penyajiannya masih mempertahankan gaya tradisional, kupat tahu gempol ini memiliki kelezatan tiada tara. Untuk mendapatkan kupat tahu Gempol ini, Anda hanya merogoh kocek sebesar Rp. 12.000 saja.

18.  Es Duren Pak Aip

Pelopor munculnya es durian tidak lain adalah Es Duren Pak Aip. Sejak tahun 1987, Es Duren Pak Aip selalu laris pembeli. Berlokasi di jalan Ahmad Yani dan Tubagus Ismail. Untuk menikmati segelas es durian di tempat ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 hingga Rp. 18.000 saja.

19.  Batagor Hanjuang

Batagor adalah kuliner khas kota Bandung yang terdiri dari bakso dan tahu goreng. Cemilan ini tersebar hampir di seluruh penjuru Kota Bandung. Namun, Batagor Hanjuang adalah yang paling terkenal dan sering didatangi oleh pembeli.

Yang membuat rasa batagor ini berbeda dengan yang lainnya karena rasa ikan tenggirinya pas di lidah. Adonan bumbu kacangnya juga tidak mengandung banyak minyak. Jika Anda ingin membeli batagor Hanjuang bisa datang ke Jalan Astina. Tepatnya berlokasi di belakang Istana Plaza.  

20.  Yoghurt Cisangkuy

Jika Anda suka dengan berbagai olahan susu, terutama yoghurt, tempat ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Menu utama disini adalah minuman yang memiliki rasa unik dan segar.

Selain itu, lokasinya yang cukup strategis menjadi alasan banyaknya wisatawan yang datang kesini. Letaknya yaitu di Jalan Cisangkuy tepat berada di pusat kota Bandung.

Itulah deretan tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata tersebut bisa menjadi referensi Anda ketika berada di Kota Kembang tersebut. Jangan lupa siapkan budget dan segala keperluan perjalanan agar liburan lebih nyaman.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.