Sukses

8 Macam-Macam Bangun Datar, Lengkap dengan Rumus Luas dan Kelilingnya

Bangun datar termasuk subjek pelajaran dalam matematika dasar.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bangun datar termasuk salah satu subjek pelajaran dalam matematika dasar. Bangun datar adalah bangun-bangun yang berbentuk dua dimensi. Macam-macam bangun datar memiliki panjang dan lebar tetapi tidak memiliki kedalaman.

Macam-macam bangun datar bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya macam-macam bangun datar mulai diajarkan pada tingkat sekolah dasar. Macam-macam bangun datar punya beragam bentuk. Pemahaman mengenai bangun datar sangat penting kaitannya dalam menghitung volume sebuah bangun ruang. 

Macam-macam bangun datar ini juga memiliki rumusnya sendiri untuk menghitung luas dan kelilingnya. Dalam geometri, bentuk dua bangun datar dapat diartikan sebagai bangun yang memiliki dua dimensi. Berikut macam-macam bangun datar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(23/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Persegi

Persegi merupakan macam-macam bangun datar yang mempunyai 4 sisi. Keempat sisi dari persegi sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku atau 90°. Diagonal persegi juga membagi dua satu sama lain pada 90 °. Sisi-sisi persegi yang berlawanan akan selalu sejajar.

Rumus luas persegi adalah sisi dikali sisi atau:

L= s × s

Rumus keliling persegi adalah 4s atau:

Keliling persegi = 4 × s

3 dari 9 halaman

Persegi Panjang

Sama seperti persegi, persegi juga memiliki 4 sisi, namun dengan ukuran berbeda. Persegi panjang merupakan macam-macam bangun datar segiempat yang mempunyai 2 pasang sisi sejajar dan sama panjang serta keempat sudutnya siku-siku.

Persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang sama. Sisi persegi panjang yang lebih panjang adalah panjangnya dan sisi yang lebih pendek adalah lebarnya. Sisi berlawanan dari persegi panjang juga sejajar.

Rumus luas persegi panjang adalah panjang dikali lebar atau:

L = p × l

Rumus keliling persegi adalah 4s atau:

Keliling persegi panjang = 2 × (p + l)

4 dari 9 halaman

Segitiga

Segitiga merupakan macam-macam bangun datar yang memiliki 3 buah sisi dan mempunyai 3 buah titik sudut. Segitiga memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Semua sisi dan sudut bisa memiliki ukuran yang berbeda.

Macam-macam bangun datar segitiga berdasarkan panjang sisinya dibedakan menjadi 3 antara lain: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang.

Sedangkan berdasarkan berdasarkan besar sudutnya segitiga dibedakan menjadi 3 yaitu: segitiga tumpul, segitiga siku-siku dan segitiga lancip.

Rumus luas segitiga adalah alas kali tinggi dibagi dua atau:

L = ½ × a × t

Rumus keliling persegi adalah:

Keliling segitiga = a + b + c

5 dari 9 halaman

Trapesium

Trapesium merupakan macam-macam bangun datar berupa segiempat yang memiliki sepasang sisi yang sejajar. Trapesium memiliki sepasang sisi yang sejajar. Panjang sisinya mungkin bisa berbeda.

Rumus luas trapesium adalah:

L = ½ × (a + b) × t

Rumus keliling trapesium adalah:

Keliling trapesium = AB + BC + CD + DA

6 dari 9 halaman

Jajar Genjang

Jajar genjang adalah salah satu macam-macam bangun datar berupa segiempat dengan sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar, serta sudut-sudut yang berlawanan sama besar. Jajar genjang memiliki sisi yang berhadapan sama panjang, sudut yang berhadapan sama besar.

Rumus luas Jajar Genjang adalah:

L = a × t

Rumus keliling Jajar Genjang adalah:

keliling Jajar Genjang = 2 × (a + b)

7 dari 9 halaman

Layang-layang

Layang-layang merupakan macam-macam bangun datar yang berupa segiempat. Layang-layang terbagi atas 2 digonal yang berbeda ukurannya. Bangun dua dimensi ini mempunyai 2 pasang sisi yang berdekatan sama panjang dan kedua diagonal berpotongan tegak lurus.

Rumus luas layang-layang adalah:

Luas = ½ x diagonal (d) 1 x diagonal (d) 2

Diagonal 1 (d1) = 2 × L ÷ d2

Diagonal 2 (d2) = d2 = 2 × L ÷ d1

Rumus keliling layang-layang adalah:

Keliling layang-layang = a + b + c + d atau Kll = 2 × (a + c)

8 dari 9 halaman

Belah Ketupat

Belah ketupat adalah bangun datar berupa segiempat. Keempat sisinya sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus. Sisi belah ketupat yang berlawanan, sejajar. Sudut belah ketupat yang berlawanan, sama. Dua sudut adalah sudut lancip (lebih tertutup), dan dua sudut tumpul (lebih terbuka).

Sifat belah ketupat antara lain adalah semua sisi-sisinya sama panjang, sudut yang berhadapan sama besar, kedua diagonalnya tidak sama panjang dan berpotongan tegak lurus.

Rumus luas belah ketupat adalah:

L = ½ x diagonal (d) 1 x diagonal (d) 2

Rumus keliling belah ketupat adalah:

Keliling belah ketupat = s + s + s + s atau s × 4

9 dari 9 halaman

Lingkaran

Lingkaran adalah macam-macam bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. jarak tersebut biasanya dinamakan r, atau radius, atau jari-jari. Lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri putar yang tak terhingga jumlahnya

Rumus luas lingkaran adalah:

L = π (pi) x jari-jari (r) kuadrat

Rumus keliling lingkaran adalah:

Keliling lingkaran = π × diameter atau π × r kuadrat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini