Sukses

Menyambut Bulan Ramadan, Ini 4 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan

Bulan Ramadan adalah bulan pengampunan yang sering ditunggu oleh kaum Muslimin. Tahun ini, bulan Ramadan sebentar lagi, alangkah baiknya menyiapkan diri lahir dan batin untuk menyambut bulan penuh rahmat itu.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan pengampunan yang sering ditunggu oleh kaum Muslimin. Tahun ini, bulan Ramadan sebentar lagi, alangkah baiknya menyiapkan diri lahir dan batin untuk menyambut bulan penuh rahmat itu.

Meski bukan amalan wajib, amalan yang bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan ini bisa membuatmu lebih dekat pada Allah SWT. Amalan yang bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan ini juga bisa mempersiapkan dirimu untuk menjalani bulan suci Ramadan yang sudah menghitung hari.

Dilansir liputan6, berikut amalan yang bisa kamu lakukan sebelum bulan Ramadan. 

Bertobat

Bertobat dengan meminta ampun kepada Allah SWT adalah hal bisa kamu lakukan sebelum memasuki bulan Ramadan. Pasalnya, seorang muslim diperintahkan untuk menyambut bulan Ramadan dengan taubat nashuha, mempersiapkan diri untuk berpuasa, serta menghidupkan bulan Ramadan dengan tekad yang murni dan tulus.

Meminta Maaf

Usai bertobat kamu bisa melakukan amalan selanjutnya yaitu saling memaafkan. Cara ini bisa membebaskan dirimu dari kesalahan pada orang lain dan membersihkan hati. Dengan begitu, bulan Ramadan akan terasa ringan untuk dijalani.

Menjelang bulan Ramadan, sudah seharusnya untuk membayar semua utang puasa di tahun sebelumnya. Puasa ini disebut puasa Qadha. Puasa Qadha wajib dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan saat Ramadan.

Menuntaskan Utang Puasa

Alangkah baiknya, dalam menyambut bulan Ramadan, kamu sudah menuntaskan hutang puasa yang sebelumnya. Hal itu ada dalam firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Mendekati diri dengan Allah SWT

Bulan Ramadan menjadi momen untuk lebih dekat lagi dengan Sang Pencipta. Kamu bisa mempelajari ilmu agama serta ilmu keutamaan Ramadan. Selain itu, lebih rutin membaca Al Quran juga bisa kamu lakukan. 

Selain itu, kamu juga perlu menyegarkan kembali pelajaran tentang fiqh ibadah pada bulan ramadan. Misalnya dengan fiqh puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya.

Biar makin dalam mempelajari ilmu agama setidaknya kamu perlu buku untuk menunjang hal itu. Jika belum sempat ke toko buku, kamu bisa kok beli segala sesuatu tentang agama di Tokopedia. 

Melalui Tokopedia Salam, kamu bisa menemuka produk-produk islami, mulai dari Al Quran, buku tentang agama islam sampai buku sejarah Islam. 

Selain itu, di Tokopedia juga bisa mengecek Jadwal Sholat Online. Jadi tak ada alasan lagi kamu telat atau tidak salat. 

Nah, demi menyambut bulan Ramadan, kamu juga perlu membeli makanan untuk puasa. Di Tokopedia kamu juga bisa Belanja Makanan Minuman Halal. Terdapat produk-produk halal yang bisa kamu miliki. 

Kalau sudah begitu, yuk mulai aja dulu dari sekarang untuk lebih mendekat ke Allah SWT. Semoga Bulan Ramadan ini kita diberikan Rahmat dan Karuniannya. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini