Sukses

Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Mudah Dipraktikkan, Ini Situs Websitenya

Liputan6.com, Jakarta Poster merupakan plakat hasil dari kombinasi desain kuat berupa gambar, warna, ikon, dan pesan. Cara membuat poster yang kreatif dan mudah bisa dilakukan melalui situs website.

Cara membuat poster kreatif harus disesuaikan dengan ciri-ciri poster yang baik dan benar. Warnanya mencolok, terdiri dari huruf dan kertas dengan media ukuran besar, dan berisikan pesan.

Kalimat yang disematkan dalam poster harus singkat, padat, jelas, memikat, dan mudah dimengerti. Cara membuat poster kreatif harus disertai ikon yang pas.

Perhatikan pedoman mencetak poster juga, ya! Berikut Liputan6.com ulas cara membuat poster yang kreatif dan mudah dari berbagai sumber, Rabu (24/3/2021).

2 dari 7 halaman

Persiapan Membuat Poster yang Kreatif

Cara membuat poster harus di mulai dengan persiapan yang matang. Lakukan identifikasi, poster yang dibuat akan digunakan untuk apa?

Bila sudah menentukan tujuan pembuatan poster, cara membuat poster tahap ini adalah siapkan konsepnya. Poster biasanya digunakan untuk memberikan informasi, mengajak, dan mengimbau.

Cara membuat poster bagian kerangka, persiapkan kata-kata yang akan dimasukkan di dalamnya. Buat kalimat yang singkat, padat, jelas, dan memikat.

Mengingat poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, persis pengumuman dan iklan. Lalu buat desain semenarik mungkin, jangan buat konsep desain yang seimbang antara tujuan, kalimat, warna, dan hiasan.

3 dari 7 halaman

Tentukan Target Audiens Poster

Cara membuat poster yang kedua adalah menentukan target audiens. Audiens yang disasar akan menentukan di mana poster tersebut akan dipasangkan.

Bila audiens yang disasar anak muda, sesuaikan desain anak muda dan taruh di tempat yang bisa dijangkau oleh anak muda. Bila audiens yang disasar orang tua, persiapkan tempat yang dapat dijangkau orang tua.

Mengingat sekarang audiens bisa dijangkau melalui sosial media, jenis sosial media harus dijadikan pertimbangan juga. Buat kerangka bagaimana pemasangan poster yang dibuat akan efektif memengaruhi audiens.

4 dari 7 halaman

Situs Web Pembuatan Poster

Bagian ini adalah inti cara membuat poster. Bukan lagi dengan cara membuat poster yang manual, sekarang sudah bisa memanfaatkan situs website untuk memvisualisasikannya.

Cara membuat poster bisa pakai situs web. Biasanya di sini pengguna bisa langsung memilih desain dan tinggal memberi kata-kata yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Berikut ini situs website dari cara membuat poster yang bisa dijadikan pilihan:

1. Canva

Canva menjadi situs web desain grafis paling populer di luar sana yang juga bisa membantumu membuat poster. Secara default, ukuran poster atau flyer yang disediakan situs ini adalah A4. Jika kamu ingin poster dengan ukuran lain, pilih template yang berbeda atau masukkan ukuran khusus.

Kamu akan menemukan berbagai kategori poster disini seperti acara, real estat, bisnis, promosi, olahraga, dan banyak lagi. Hal yang baik tentang Canva adalah kamu dapat menyesuaikan segala sesuatu pada template yang ada. Baik itu gambar, teks, warna, dan grafik lainnya. Meskipun menawarkan banyak gambar dan grafik gratis, kamu juga dapat menambahkan foto dan teks khusus.

Kamu bisa menyimpan hasil desainmu dalam berbagai format seperti PDF, JPG, dan PNG. Situs web ini gratis untuk digunakan dengan mendaftarkan emailmu.

Kelebihan:

- Tersedia template gratis

- Tersedia layanan pencetakan

- Tidak ada tanda air

- Hasil desain tersimpan otomatis

Kekurangan:

- Perlu login dengan email atau sosial media

2. Crello

Kamu dapat memodifikasi teks-gaya, font, dan warnanya. Kamu juga bahkan dapat mengubah gambar dan menambahkan efek ke sana.

Mirip dengan Canva, situs web ini bebas digunakan dengan konten berbayar tambahan. Namun, ia juga memiliki banyak konten gratis, seperti foto, stiker, ikon, bingkai, dan lainnya.

Secara default, ukuran template poster yang disediakan adalah 5x7 inci. Setelah membuatnya, kamu dapat mengubah ukurannya kapan saja. Menggunakan situs ini juga sangat mudah.

Kamu bisa menggunakan metode seret dan letakkan untuk menambahkan elemen. Jika kamu menyukai stiker atau ikon baru, cukup seret ke templatemu.

Kelebihan:

- Tidak ada tanda air

- Hasil desain tersimpan otomatis

Kekurangan:

- Perlu login dengan email atau sosial media

3. Piktochart

Ukuran default A4, Piktochart mengubah ukuran konten menjadi ukuran letter juga. Jika ada yang tidak sesuai dengan preferensimu, kamu dapat mengatur dimensi khusus juga. Konten akan diubah ukurannya secara otomatis.

Piktochart menawarkan gambar-gambar gratis juga. Hal yang menarik perhatian adalah skema warna. kamu dapat mengubah skema warna keseluruhan hanya dengan satu klik. Kekurangan dari situs ini kamu hanya bisa menyimpan hasil desainmu secara gratis dalam format PNG.

Kelebihan:

- Adanya Skema warna

- Mudah diubah ukurannya

Kekurangan:

- Perlu login dengan email atau sosial media

- Desain tidak tersimpan otomatis

- Format penyimpanan terbatas

4. Poster My Wall

Poster My Wall menawarkan ukuran standar (8,5x11-inci), tetapi kamu tetap dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Selain menyediakan foto stok, situs web ini juga memungkinkan kamu menambahkan foto dari Facebook, Google Drive, dan Dropbox.

Yang menarik adalah bahwa situs ini menunjukkan submenu dengan setiap opsi. Ini membuatmu mudah untuk memutuskan suatu tindakan tanpa membingungkan. Menariknya lagi, kamu tidak perlu login untuk membuat poster. Namun, itu menambahkan tanda air kecil ke postermu.

Kelebihan:

- Tidak perlu mendaftar

- Antarmuka yang ramah pengguna

Kekurangan:

- Ada tanda air

- Tidak ada pilihan format gambar

5. Fotojet

Meskipun koleksi yang ditawarkan oleh Fotojet kurang dari yang lain, ia melakukan tugasnya dengan sangat baik. Kamu bisa memilih template dan mulai mengeditnya sesuai kebutuhanmu.

Terlepas dari stok gambar, kamu dapat menyisipkan foto dari Facebook dan mengunggah fotomu sendiri. Kamu juga dapat menyesuaikan template. Situs ini memungkinkanmu menambahkan clipart, latar belakang, dan teks.

Sementara ukuran standar poster adalah huruf (8,5 x 11 inci), tidak ada cara untuk mengubah ukurannya. Kamu harus mulai dari awal untuk mengubah ukuran. Untungnya, kamu bisa mengunduh poster dalam format JPG dan PNG.

Kelebihan:

- Tidak perlu login

- Tidak ada tanda air

Kekurangan:

- Iklan di antarmuka

- Template terbatas

5 dari 7 halaman

Pedoman Mencetak Poster

Pedoman untuk mencetak poster harus dipahami juga karena tidak semua audiens bisa dijangkau melalui sosial media. Pedoman ini bisa disesuaikan saat sedang praktik cara membuat poster, ya!

Berikut pedoman mencetak poster:

1. Visualisasikan tempat memasang poster

Jika Anda ingin meletakkan poster di dinding bersama dengan poster lain, cetak poster dalam ukuran yang lebih besar agar lebih menonjol.

Tetapi jika dindingnya relatif kosong, cetak dalam ukuran yang lebih kecil dan sematkan beberapa poster untuk membuat bentuk yang lebih besar.

2. Pilih ukuran kertas standar

Untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat mencetak sendiri poster dengan mendesainnya agar sesuai dengan kertas printer standar ISO A1-A5. Namun, tentu akan berbeda jika Anda ingin membuat poster yang besar.

3. Atur tanda "bleed" untuk pencetakan

Dalam pencetakan, “bleed” adalah saat Anda memiliki gambar atau objek yang menyentuh tepi halaman. Saat Anda mendesain poster dengan gambar yang rata dengan tepi poster, printer Anda secara otomatis akan meninggalkan garis putih tipis di sekitar tepi kertas.

Saat dokumen Anda luntur, dokumen harus dicetak pada selembar kertas yang lebih besar dari desain, dan kemudian dipangkas ke dimensi yang Anda inginkan.

4. Optimalkan poster untuk media sosial

Ada lebih sedikit batasan saat mendesain poster untuk web daripada untuk dicetak. Ini adalah kesempatan bagus untuk melakukan sesuatu yang sangat menyenangkan dengan desain. Namun, ada beberapa pedoman yang harus Anda ikuti.

Jika Anda ingin poster terlihat bagus di media sosial, ukurlah untuk platform tertentu di tempat Anda mempromosikannya. Anda mungkin ingin membuat beberapa versi berbeda dari poster untuk platform yang berbeda.

Ingatlah bahwa orientasi persegi atau portrait terlihat paling baik untuk tampilan seluler. Orang-orang terbiasa menggulir ke atas dan ke bawah di seluler, bukan dari sisi ke sisi.

6 dari 7 halaman

Perhatikan Informasi Poster

Informasi apa yang Anda pilih untuk disertakan pada poster, bergantung pada tujuan dari poster. Jika Anda membuat poster yang sederhana, praktik terbaiknya adalah dengan mengikuti hierarki informasi. Misalnya, jika Anda membuat poster acara, informasi dalam poster harus dibaca dalam urutan ini:

1. Nama acara.

2. Tanggal dan waktu acara.

3. Deskripsi singkat acara atau slogan yang menarik.

4. Lokasi acara (jika Anda memilih untuk memasukkannya).

5. Ajakan bertindak sederhana seperti situs web, halaman media sosial, atau nomor kontak

6. Nama perusahaan, departemen, organisasi, dll.

7 dari 7 halaman

Perhatikan Ikon Poster

Ikon adalah simbol yang digunakan dalam desain untuk merepresentasikan konsep. Cara membuat poster yang kreatif harus memperhatikan bagian ini.

Ikon adalah cara yang baik untuk menyempurnakan desain poster. Anda dapat menggunakan ikon untuk menjelaskan tujuan atau, dalam kasus tertentu, untuk mengganti teks.

Ikon pun bagus untuk menggambarkan ide dengan cepat. Anda bisa menjadikan ikon sebagai titik fokus utama dalam desain.

Dalam penggunaan ikon, ingatlah beberapa tips berikut:

1. Pilih ikon dengan gaya yang konsisten (ketebalan garis, datar atau bergambar, seni garis).

2. Gunakan ikon dengan hemat dan berikan banyak ruang kosong dalam desain.

3. Tambahkan bingkai sederhana atau bentuk latar belakang ke ikon Anda.

4. Jika Anda mengganti teks dengan ikon, pastikan artinya sangat jelas.