Sukses

Sit Up adalah Latihan Otot Perut, Ketahui Manfaat dan Variasinya

Liputan6.com, Jakarta Sit up adalah salah satu latihan otot yang paling sering dilakukan. Olahraga satu ini berguna untuk melatih otot perut. Situp adalah latihan penguatan perut yang dapat dilakukan tanpa peralatan apa pun.

Situp adalah latihan yang dilakukan dengan berbaring telentang, lalu mengangkat tubuh. Sit Up adalah latihan multi otot. Sit up melatih otot perut, dada, fleksor pinggul, punggung bawah, dan leher. Sit up menggunakan berat badan untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut.

Selain melatih otot perut, sit up adalah olahraga yang juga bisa membakar kalori. Sit-up adalah latihan yang kuat dan dinamis untuk otot. Banyak orang melakukan sit up untuk mengecilkan perut atau menurunkan berat badan secara keseluruhan. Tak cuma itu, sit up adalah latihan yang juga bisa memperbaiki postur tubuh.

Berikut ulasan tentang sit up, pengertian, dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/03/2021).

2 dari 8 halaman

Mengenal sit up

Sit up adalah latihan ketahanan perut untuk memperkuat, mengencangkan dan membentuk otot perut. Sit up adalah latihan inti klasik yang sering digunakan dalam program latihan karena kesederhanaan dan keefektifannya. Sit up dilakukan dengan berbaring di permukaan datar. Dengan tangan di belakang kepala, angkat tubuh bagian atas; lalu kembali ke posisi awal.

Sit up menggunakan berat badan untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut yang menstabilkan inti. Situp bekerja pada rektus abdominis, abdominis transversal, dan obliques selain fleksor pinggul, dada, dan leher.

Sel otot lebih aktif secara metabolik daripada sel lemak. Ini berarti mereka membakar kalori bahkan saat istirahat. Dengan membantu membangun otot, sit up akan membantu membakar lebih banyak kalori dalam jangka panjang. Selain itu, otot inti yang kuat dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang baik bisa memperbaiki penampilan tanpa menurunkan berat badan.

3 dari 8 halaman

Manfaat sit up

Kekuatan inti

Manfaat utama sit up adalah meningkatkan kekuatan inti. Inti yang kuat dan kencang akan mengurangi risiko sakit punggung dan cedera. Dengan inti yang kuat, Anda dapat bergerak dengan lebih mudah saat menyelesaikan rutinitas harian dan dalam aktivitas atletik.

Tingkatkan massa otot

Sit up membangun kekuatan otot di otot perut dan pinggul. Ini membantu meningkatkan massa dan fungsi otot.

4 dari 8 halaman

Manfaat sit up

Lebih kuat berolahraga

Otot inti yang kuat dapat membantu peningkatan kekuatan otot dan daya tahan atletik. Inti yang kuat membentuk postur dan stabilitas yang tepat. Ini dapat meningkatkan kekuatan selama olahraga atau aktivitas fisik apa pun. Selain itu, Anda tidak akan mengalami kelelahan.

Keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik

Inti yang kuat membantu menjaga tubuh seimbang dan stabil saat bergerak sepanjang aktivitas harian. Sit up membantu otot panggul, punggung bawah, dan pinggul bekerja sama dengan otot perut. Keseimbangan yang baik membuat tubuh cenderung tidak mudah jatuh atau cedera.

5 dari 8 halaman

Manfaat sit up

Fleksibilitas meningkat

Menggerakkan tulang belakang membantu mengendurkan kekakuan di tulang belakang dan pinggul. Situp membuat pinggul dan punggung lebih fleksibel. Ini pada akhirnya meningkatkan mobilitas dan mengurangi ketegangan dan kekakuan. Peningkatan fleksibilitas meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan tingkat energi.

Memperbaiki postur tubuh

Membangun inti yang kuat dan kokoh memudahkan tubuh menjaga pinggul, tulang belakang, dan bahu sejajar. Sit up sangat membantu memperbaiki postur tubuh. Manfaat dari postur tubuh yang baik termasuk mengurangi rasa sakit dan ketegangan, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan pernapasan.

6 dari 8 halaman

Manfaat sit up

Mengurangi risiko nyeri punggung dan cedera

Situp juga membangun kekuatan di punggung bawah, pinggul, dan panggul. Inti yang kuat mengurangi kemungkinan sakit punggung dan cedera.

Penguatan diafragma

Sit up adalah cara yang bagus untuk melatih pernapasan diafragma. Sit up menyebabkan kompresi perut, yang dapat memberikan efek positif pada diafragma. Diafragma yang kuat dan sehat dapat memperbaiki pola pernapasan, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan atletik.

7 dari 8 halaman

Variasi sit up

Sit up klasik biasanya dilakukan dengan Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki menapak. Dagu ditempelkan ke dada untuk memanjangkan bagian belakang leher. Tangan ditempatkan di belakang kepala lalu tubuh bagian atas diangkat ke arah paha.

Selain bentuk sit up klasik, ada sejumlah variasi sit up lainnya yang bisa dicoba. Gunakan gerakan yang halus, lambat, dan terkontrol ditambah dengan bentuk dan teknik yang tepat. Anda juga bisa menggunakan matras atau meletakkan handuk di bawah tulang ekor sebagai penyangga.

Cobalah untuk melakukan sit up ini 2 hingga 3 set dengan tiap setnya terdiri dari 10 sampai 15 sit up. Berikut variasi sit up yang bisa dicoba:

V-sits

Latihan ini membantu mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi. Berikut caranya:

1. Berbaring telentang dengan kaki lurus dan lengan terentang di atas kepala.

2. Secara bersamaan, angkat kaki dan lengan ke arah langit-langit, hingga membentuk V.

3. Jaga agar dada dan kaki tetap lurus.

4. Posisikan lengan sejajar dengan lantai.

5. Tahan posisi ini selama 5 detik.

6. Turunkan kembali secara perlahan ke posisi awal.

8 dari 8 halaman

Variasi sit up

Sit up siku-ke-lutut

Latihan ini melatih obliques eksternal dan internal dan memungkinkan gerakan memutar tulang belakang yang lembut. Berikut caranya:

1. Berbaring telentang dengan jari-jari terjalin di belakang kepala.

2. Jaga agar kaki terangkat dari lantai dengan lutut ditekuk.

3. Putar tubuh dengan membawa siku kanan ke lutut kiri, tarik ke dada.

4. Pada saat yang sama, rentangkan kaki kanan lurus, sejajar dengan lantai.

5. Lakukan di sisi berlawanan.

Sit up dengan bola

Menggunakan bola stabilitas dapat membantu mencegah sakit punggung dengan menopang kurva alami tulang belakang dan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Berikut caranya:

1. Duduklah di atas bola stabilitas dengan kaki rata di lantai.

2. Perlahan bersandar ke belakang untuk membawa bahu, punggung, dan tulang ekor ke bola.

3. Sesuaikan kaki sehingga lutut tepat di atas pergelangan kaki dan paha sejajar dengan lantai.

4. Posisikan punggung tengah di atas bola.

5. Jalin jari-jari di dasar tengkorak, remas tulang belikat, dan tarik siku ke belakang.

6. Buang napas saat melibatkan inti dan angkat tubuh ke arah paha, angkat punggung atas dari bola.

7. Berhenti sejenak dalam posisi ini, lalu tarik napas untuk perlahan menurunkan tubuh kembali ke bola.