Sukses

11 Macam-Macam Warna dan Maknanya, Lambang Karakter Manusia

Berikut 11 macam-macam warna beserta artinya, dapat melambangkan karakter kepribadianmu.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam warna sangat beragam. Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya tak lepas dari adanya sebuah warna. Dan setiap warna pasti memiliki arti/makna yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa macam-macam warna yang umum, baik warna primer, warna sekunder maupun warna netral seperti hitam atau putih.

Warna dalam seni rupa merupakan salah satu unsur seni yang cukup menonjol. Macam-macam warna tersebut akan diserap oleh mata manusia dengan wujud keindahan, sehingga terciptalah macam-macam warna seperti merah, biru, kuning, dan lainnya.

Macam-macam warna yang biasa digunakan dalam sehari-hari seperti pakaian, makanan, lingkungan, dan lain sebagainya. Warna juga dapat melambangkan sesuatu, baik berupa karakter, kepribadian, maupun sifat-sifat manusia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber macam-macam warna dan maknanya yang dapat melambangkan karakter kepribadianmu, Rabu (24/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Warna dan Maknanya

1. Warna Putih

Arti warna putih adalah melambangkan jiwa yang bersih, suci, dan sifat-sifat yang baik. Warna ini menggambarkan kepribadian seseorang yang baik, sopan dan santun.

2. Warna Hitam

Arti warna hitam yaitu melambangkan jiwa yang gelap, buruk, dan sifat-sifat yang tidak baik. Warna hitam berkebalikan dengan warna putih. Warna hitam menggambarkan kepribadian yang buruk, jahat, dan sejenisnya.

3. Warna Merah

Warna merah berarti berani, kuat, tegas, semangat berkobar, semangat membara, aktif, dominan, hidup, bahkan cinta kasih. Warna merah ini menggambarkan kepribadian yang berani, kuat, sehingga cocok jadi pemimpin.

4. Warna Kuning

Warna kuning berarti bahagia, semangat, ceria, kehangatan dan optimisme. Warna kuning ini menggambarkan kepribadian seseorang yang ceria, bahagia, hangat, dan penuh percaya diri.

5. Warna Biru

Arti warna biru berdasarkan cara pandang ilmu psikologi merupakan warna yang dapat merangsang pemikiran yang jernih. Warna ini juga dipercaya dapat merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistik dan simbol kekuatan. Warna biru menggambarkan kepribadian yang melankolis.

6. Warna Hijau

Arti warna hijau yaitu selaras, seimbang, ketenangan, perdamaian, dan kepuasan. Warna hijau menggambarkan kepribadian seseorang yang tenang, sopan, dan berfikir dewasa.

 

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Warna dan Maknanya

7. Warna Coklat

Arti warna coklat adalah hangat, aman dan nyaman. Secara prikologis warna ini berkesan kuat dan dapat diandalkan. Namun, sayang penggunaan warna coklat secara berlebihan dapat berkesan dominan yang kaku, kolot, dan tidak berperasaan.

8. Warna Ungu

Arti warna ungu yaitu kesetiaan, kepuasan, menarik perhatian dan bahkan dianggap mampu memancarkan kekuatan. Kesan lain yang sering diartikan dari warna ungu yaitu seperti independen, ambisius, visioner, dan kemewahan. Namun, pengunaan warna ungu secara berlebihan sering diartikan kurang teliti dan kesendirian.

9. Warna Abu-abu

Arti warna abu-abu yaitu tanggung jawab, mandiri, dan keseriusan. Namun, warna abu-abu ini juga sering dimaknakan abstrak, tidak jelas, dan bersifat labil. Warna abu-abu juga diartikan secara negatif 

10. Warna Oranye

Arti warna oranye yaitu berkesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan simbol petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan bersosialisasi. Warna oranye sering dipakai untuk memperingati sebuah kenangan manis, karena warna hangat mampu menarik perhatian tanpa mengintimidasi atau menakut-nakuti seperti warna merah.

11. Warna Merah Muda/Pink

Arti warna pink/ merah muda yaitu sering diidentikkan dengan wanita, warna ini berkesan lemah lembut, menarik, dan cantik. Warna pink menggambarkan kepribadian yang feminim, romantis, peduli, dan lemah lembut.

4 dari 5 halaman

Lingkaran Warna

Lingkaran warna merupakan teori warna yang digagas oleh fisikawan dari Skotlandia bernama Sir David Brewster. Brewster mengkategorikan macam-macam warna dalam 4 kelompok, yaitu Warna primer (warna dasar), warna sekunder (warna turunan ke-2), warna tersier (warna turunan ke-3), dan warna netral. Berikut penjelasannya:

1. Warna Primer

Warna primer adalah warna dasar atau warna pokok, artinya bukan dari campuran warna apapun. Warna dasar ini merupakan induk warna yang akan menghasilkan warna turunan lainnya apabila dicampur satu dengan yang lain.

Secara teknis warna primer adalah warna yang tidak dapat dibuat dengan campuran warna lain. Artinya, warna primer adalah warna yang berdiri sendiri sebagai warna induk. Warna primer terdiri dari warna: MERAH, KUNING, dan BIRU.

5 dari 5 halaman

Lingkaran Warna

2. Warna Sekunder

Warna sekunder adalah warna turunan kedua, artinya warna yang dihasilkan dari campuran dua warna dasar atau warna primer. Contoh warna sekunder adalah ungu (campuran merah dan biru), oranye (campuran merah dan kuning) serta hijau (campuran biru dan kuning).

3. Warna Tersier

Warna tersier adalah warna turunan ketiga, artinya warna yang dihasilkan dari campuran tiga warna, baik itu dari warna primer, warna sekunder, maupun keduanya. Contoh warna tersier adalah cokelat, pink dan lain-lain.

4. Warna Netral

Warna netral adalah warna yang dengan mudah dapat dipadukan dengan warna-warna lainnya yang lebih kuat dan dapat difungsikan sebagai nuansa latar belakang yang lembut. Warna-warna yang tergolong ke dalam warna netral yaitu warna putih, hitam, abu-abu, cokelat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini