Sukses

18 Wisata Magelang Paling Hits yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Menakjubkan

Wisata Magelang terdiri dari pemandangan pegunungan, candi, sungai, hingga air terjun.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Magelang sering kali dikaitkan hanya dengan Candi Borobudur saja. Padahal, banyak sekali wisata lainnya yang tidak kalah indah dan bisa kamu kunjungi di Magelang. Apalagi dengan wilayahnya yang dikelilingi beberapa gunung dengan berbagai potensi alam.

Dengan bentang alam yang luar biasa itu, kamu bisa menikmati berbagai pemandangan alam yang indah yang ditawarkan Magelang. Potensi alam untuk dijadikan destinasi wisata Magelang sangat variatif, dari perbukitan yang asyik, aliran sungai yang unik, dan pastinya panorama alam yang cantik.

Wisata Magelang terdiri dari pemandangan pegunungan, sungai, hingga air terjun. Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan di tempat wisata alam Magelang tersebut, seperti menikmati pemandangan yang indah, menyusuri sungai yang jernih, hingga menikmati air terjun yang menyejukkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/3/2021) tentang wisata Magelang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Magelang Pegunungan

Ketep Pass Magelang

Ketep Pass merupakan wisata Magelang yang menawarkan keindahan alam menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati.

Dusun Butuh Kaliangkrik

Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan wisata Magelang yang baru-baru ini viral dan banyak dikunjungi wisatawan. Dusun yang dikenal juga dengan Nepal Van Java ini terletak pada ketinggian 1620 mdpl, di kaki gunung. Panorama pegunungan yang indah serta udara yang sejuk membuat banyak orang mengunjungi wisata alam pegunungan satu ini.

Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong mungkin kurang familiar di telinga kamu bila disandingkan dengan destinasi lainnya. Namun panorama cantik yang ada di salah satu tempat wisata alam di Magelang ini tidak akan mengecewakanmu.

Bukit dengan ketinggian 624 Mdpl ini tidak kalah indah dengan Punthuk Setumbu. Berada di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. Tempat wisata alam di Magelang yang satu ini berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur.

Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur merupakan wisata Magelang yang baru dibuka sekitar pertengahan 2017, tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing. Berada di Gardu Pandang Silancur, kamu bisa menikmati panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

Mangli Sky View

Mangli Sky View merupakan wisata Magelang yang berada pada ketinggian 1570 mdpl. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang menawan, berupa hamparan awan yang membentang di langit. Kamu juga bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan sayur dan latar belakang beberapa gunung yang begitu indah.

3 dari 7 halaman

Wisata Magelang Dataran Tinggi

Punthuk Setumbu

Wisata Magelang berikutnya adalah Punthuk Setumbu. Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa kamu temukan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya merupakan area persawahan penduduk setempat. Namun setelah pemandangan sunrise Borobudur tersaji cantik di berbagai sosial media, tempat ini pun mulai hits dikunjungi wisatawan untuk menanti sunrise.

Gereja Ayam

Kamu tentunya sudah cukup familiar dengan namanya. Sejak digunakan untuk syuting Ada Apa Dengan Cinta 2, wisata Magelang ini semakin menjadi incaran turis. Di basement-nya terdapat ruang-ruang untuk berdoa bagi agama apapun. Sedangkan dari tingkat kedua dan ketiganya, kamu dapat menyaksikan panorama pegunungan menorah yang hijau dan indah. Tingkat paling atas, yang juga disebut Mahkota Ayam adalah tempat terbuka dan yang paling keren untuk berswafoto bersama.

 

4 dari 7 halaman

Wisata Magelang Air Terjun

Air Terjun Grenjengan Kembar

Wisata Magelang selanjutnya adalah Air Terjun Grenjengan Kembar. Air terjun di lereng Gunung Merbabu ini pas untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam. Lokasi tepatnya berada di Dusun Citren, Desa Munewarang,, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Di destinasi wisata ini, kamu bisa menikmati udara yang segar, panorama alam yang indah dan hijau, air terjun dengan debit air yang cukup deras, serta kualitas air yang dingin dan bersih.

Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang sebagai salah satu wisata Magelang menyuguhkan pemandangan yang cantik dan mengesankan. Nuansa alami yang begitu segar membuat siapapun betah berlama-lama berada di tempat ini. Ada juga spot selfie yang unik dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata.

Air Terjun Goa Slandak

Wisata alam di Magelang yang satu ini menawarkan dua wisata sekaligus yaitu air terjun dan goa yang letaknya berdampingan. Kalau masih ingin berpetualang, di sebelah atasnya ada juga air terjun yang lebih kecil tapi tidak kalah jernihnya, bernama Kedung Sembrani.

5 dari 7 halaman

Wisata Magelang Sungai dan Pinus

Rafting Sungai Elo

Tak hanya menelusuri sejarah dan kebudayaan masa lampau, di wisata dekat Candi Borobudur kamu juga bisa merasakan pengalaman rafting menyusuri Sungai Elo, Magelang. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

Sungai Progo Atas

Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba tempat wisata alam di Magelang satu ini, yaitu Sungai Progo Atas. Tempat wisata ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Terdapat beberapa rute arung jeram di Sungai Progo, yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga lokasi arung jeram ini ketinggiannya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Mangunsukmo merupakan jembatan gantung dengan pemandangan yang luar biasa. Tempat wisata alam di Magelang satu ini tidak hanya memiliki jembatan dengan struktur bangunan yang unik, panorama alam di sekitarnya juga istimewa. Jangan sampai menyesal jika tidak mengunjungi tempat ini.

Top Selfie Pinusan Kragilan

Hutan pinus di lereng Gunung Merbabu ini memang sudah disulap untuk menjadi pemuas dahaga para pecinta selfie dan mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial.

Hasilnya berupa berbagai titik berswafoto keren, seperti tempat tidur gantung (hammock) beraneka warna, ayunan, panggung di atas pohon, menara bambu, sepeda pohon, jembatan gantung, rumah kayu, kursi santai, dan sarang burung.

6 dari 7 halaman

Wisata Gunung

Gunung Andong

Satu lagi tempat wisata Magelang yang asyik untuk menikmati panorama alam dari ketinggian, yaitu Gunung Andong. Dengan ketinggian sekitar 1.400-an mdpl, kamu bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, sekaligus menghirup udara yang segar. Momen terbaik berkunjung ke puncak Gunung Andong adalah saat sunset.

Gunung Telomoyo

Tidak ingin repot mendaki gunung, kamu bisa mencoba hiking ke Gunung Telomoyo. Trek menuju puncak sangat mulus, bahkan bisa didaki dengan menggunakan motor. Bonus yang didapat setelah di puncak adalah pemandangan istimewa yang tiada duanya.

7 dari 7 halaman

Wisata Candi

Candi Selogriyo

Wisata Magelang selanjutnya adalah Candi Selogriyo. Candi satu ini memiliki keunikan tersendiri dan tentunya sangat menarik bagi kamu yang suka bertualang. Bagaimana tidak, untuk mencapai candi ini, kamu perlu menyusuri jalur trekking sepanjang 2 km melintasi pesawahan dan bukit hijau yang menawarkan keindahan alam. Candi Selogriyo memiliki pelataran yang cukup luas dengan panorama pegunungan yang memukau dengan udara yang sejuk.

Candi Borobudur

Candi Borobudur telah lama menjadi kebanggaan Indonesia sebagai salah satu wisata Magelang. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur dibangun ada abad ke-9 pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

Candi Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan batu candi ini tidak ada bandingannya. Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini dihiasi dengan ukiran batu di relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha. Komentator mengklaim bahwa ini adalah ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, yang tak tertandingi dalam artistik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini