Sukses

12 Wisata di Bogor Low Budget Terbaru dan Instagramable

Liputan6.com, Jakarta Kota hujan adalah julukan dari kota Bogor, Jawa Barat. Kota yang menyimpan beribu keindahan ini menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur sekedar menghilangkan penat. Kota yang memiliki hawa sejuk ini kini telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesona.  

Wisata murah dan bagus tentu menjadi incaran setiap wisatawan. Apalagi bagi pelancong yang sedang mempunyai budget pas-pasan, objek wisata yang murah meriah dan gratis tentu saja jadi pilihan utama.

Ada banyak pilihan tempat wisata di Bogor terbaru dan Instagramable low budget yang bisa Anda kunjungi. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bogor yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/03/2021).

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Bogor Terbaru

Dengan meluasnya penggunaan Instagram, kita jadi bisa tau banyak tempat wisata di Bogor yang mungkin belum diketahui banyak traveller. Beberapa diantaranya sudah menjadi destinasi wajib buat para pelancong dari generasi milenial. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Bogor terbaru yang low budget.

1. Taman Wisata Gunung Pancar

Tempat wisata di Bogor yang pertama adalah taman wisata Gunung Pancar. Untuk Anda yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar ini.

Tempat wisata di Bogor ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Untuk tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp. 5.000 untuk weekdays, sedangkan Rp. 7.500,00 untuk weekend.

2. Curug Cibaliung

Tempat destinasi wisata yang berikutnya yaitu berada di karang tengah ialah Curug Cibaliung. Curug yang berair biru jernih dan sejuk ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai untuk melepas penat, pamandangan alamnya yang menawan cocok banget untuk spot foto. Tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp.10.000.

3. Bukit Alesano

Bukit Bintang nya Bogor ini tawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit, dikelilingi pemandangan kota Bogor yang tampak seperti taburan bintang di malam hari.

Sunrise dan pemandangan Gunung Salak Gede Pangrango yang terlihat dari puncak Alesano ini juga cantik. Meskipunmasih tergolong baru, tempat wisata di Bogor ini masih belum dikelola secara resmi. Sehingga tiket masuknya pun masih sukarela dari pengunjung.

4. Leuwi Lieuk

Tempat wisata di Bogor yang terbilang baru ini tak kalah menarik dari Green Canyon Pangandaran dan Angels Billabong nya Bali. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Destinasi wisata ini memiliki pemandangan sungai hijau pirus yang bisa mermanjakan mata. Untuk tarif masuknya sendiri sebesar Rp. 10.000 per orang.

5. Istana Bogor

Kalau berkunjung ke Bogor setidaknya harus mampir ke istana negara. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung juga bisa menikmati keasrian taman dan memberi makan rusa yang dipelihara di sana. Biasanya ada pedagang yang menjual wortel mentah dengan harga sekitar RP10.000,00. Sedangkan tiket masuknya ke Istana Bogor ini gratis.

6. Museum Sejarah Alam Indonesia

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah Museum Sejarah Alam Indonesia. Museum ini memiliki koleksi tanaman dari nusantara yang begitu beragam. Dulu museum sejarah alam Indonesia ini berfungsi sebagai herborium dan museum etnobotani. Jika Anda ingin berkunjung ke museum ini, bisa datang mulai pukul 08.00 WIB. Sedangkan ketika weekend, museum tutup 2 jam lebih awal, yaitu pukul 14.00 WIB. Untuk tarif masuknya sebesar Rp. 5.000 per orang.

7. Prasasti Batutulis

Wisata di Bogor yang tak kalah menarik lainnya adalah Prasasti Batutulis. Beralamat di Jalan Batutulis No. 54, tempat wisata di Bogor ini merupakan situs sejarah peninggalan Kerajaan Pajajaran. Prasasti memuat kisah tentang kebesaran Prabu Siliwangi. Selain prasasti ada pula beberapa artefak lain. Untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Bogor yang Instagramable

Menikmati liburan sambil berswafoto itu adalah sebuah kewajiban bagi semua orang. Meskipun berlibur ke tempat wisata yang low budget, namun hasil jepretan harus tetap menarik. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bogor instagramable yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda, diantaranya.

1.  Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Bunga sakura identik dengan negara Jepang, namun bunga ini juga bisa tumbuh di Indonesia yaitu di Kebun Raya Cibodas yang notabene hanya memiliki 2 musim saja.

Untuk bisa menikmati bunga sakura ini, pengunjung disarankan untuk datang pada bulan Januari – Februari dan Juli – Agustus. Pada dua waktu ini, bunga sakura akan bermekaran sehingga taman ini akan sangat cocok untuk spot foto dan bersantai bersama keluarga. Tiket masuk ke tempat wisata di Bogor ini yaitu sebesar Rp. 10.000 per orang.

2.  Curug Ciherang & Jembatan Kayu Gantung

Curug Ciherang tidak hanya menampilkan keindahan air terjun yang jernih serta aliran sungai yang menarik dibawahnya. Salah satu tempat wisata di Bogor ini, juga dilengkapi dengan rumah pohon dan jembatan kayu gantung yang ccocok untuk tempat foto-foto. Curug Ciherang buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 dengan biaya masuk sebesar Rp. 15.000 per orang.

3.  Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu  

Tempat wisata di Bogor yang instagramable adalah Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu. Tempat wisata ini memiliki akses jalan yang termasuk sulit karena medannya cukup terjal dan licin. Wisatawan yang ingin datang ke tempat wisata di Bogor ini disarankan menggunakan mobil daripada motor.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya di bandrol dengan harga Rp. 2.500 per orang. Setelah itu wisatawan bisa langsung masuk dan menyeberang jembatan kayu sepanjang 30 meter. Saat berada di sini, Anda bisa memberi makan rusa secara langsung.

4.  Curug Cigamea

Wisata di Bogor selanjutnya ialah Curug Cigamea yang berada di Desa Gunung Sari, Pamijahan, di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor.  Harga tiket masuk ke area curug adalah Rp. 7.500 per orang setiap harinya. Selain tiket masuk area air terjun, wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun ini juga harus membayar biaya masuk Taman Nasional sebesar Rp. 5.000 per orang.

5.  Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Tempat wisata di Bogor yang low budget dan instagramable selanjutnya ada di daerah Parung. Tempat ini menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit.

Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Untuk anak-anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu. Tarif masuknya juga cukup murah, yaitu Rp. 8.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk orang dewasa.

Itulah sederet tempat wisata di Bogor yang bisa jadi rekomendasi Anda saat berlibur. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan Anda selama dalam perjalanan, agar tetap aman dan nyaman.