Sukses

25 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Sehat dan Cegah Penggelapan

Warna bibir yang merah terang adalah warna bibir yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara memerahkan bibir secara alami membuat bibir nampak sehat dan jauh dari kekusaman. Warna bibir yang merah terang adalah warna bibir yang sehat. Terkadang bibir bisa berubah pucat atau gelap saat tubuh sedang tidak sehat.

Bibir gelap juga bisa disebabkan oleh gaya hidup. Ini seperti tidak cukup minum air, merokok, atau tidak rutin menghapus makeup. Cara memerahkan bibir secara alami bisa membantu membuat bibir kembali ke kondisi normalnya.

Cara memerahkan bibir secara alami menjadi solusi untuk bibir yang gelap dan kering. Cara memerahkan bibir secara alami bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain itu, menjaga kebersihan dan kesehatan bibir juga menjadi kunci cara memerahkan bibir secara alami.

Dengan cara memerahkan bibir secara alami ini, kamu tak perlu khawatir lagi bibir yang gelap dan kusam. Berikut cara memerahkan bibir secara alami, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Eksfoliasi bibir

Eksfoliasi bibir merupakan cara memerahkan bibir secara alami yang paling mudah dilakukan. Bibir tidak memiliki kelenjar keringat, sehingga membutuhkan perawatan khusus setiap hari agar tetap lembab dan terlihat sehat. Eksfoliasi sangat penting untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

Kamu bisa mengeskfoliasi bibir dengan menggunakan waslap lembap atau sikat gigi berbulu halus. Sebelum tidur di malam hari, oleskan lip balm. Setelah bangun tidur, gunakan waslap lembap atau sikat gigi untuk mengusap kulit mati atau kering dengan lembut. Lakukan langkah ini secara rutin.

Bersihkan bibir sebelum tidur

Penting untuk membersihkan bibir dari makeup sebelum tidur. Sebelum tidur, pasitkan untuk mebersihkan sisa lipstik di bibir. Selain itu, meski tidak ada lipstik atau produk yang terlihat di bibir di penghujung hari, usap lembut bibir dengan pembersih wajah atau tisu pembersih.

Hindari menjilat bibir

Menjilat bibir atau sering membasahi bibir dengan air liur adalah penyebab umum bibir menghitam. Kebiasaan ini sekilas memang membuat bibir tampak basah, namun setelah kering air liur justru akan membuat bibir terasa lebih mudah kering. Akibatnya bibir akan mudah menghitam.

3 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Lindungi bibir dari sinar UV

Sama seperti kulit lainnya, bibir juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari. Pastikan menggunakan lip balm dengan bahan SPF. Menggunakan SPF 15 setiap hari dapat mencegah penggelapan bibir.

Tetap terhidrasi

Dehidrasi akan menyebabkan kulit kering dan bibir pecah-pecah. Ini bisa menyebabkan bibir kering dan gelap. Minum air yang cukup dan melembapkan bibir secara rutin bisa menjaga bibir tetap merah merona setiap hari.

Kurangi paparan pemicu bibir hitam

Udara yang tercemar, asap, merokok, dan bahan kimia dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Ini pada akhirnya akan membuat bibir terlihat gelap atau keriput. Salah satu cara memerahkan bibir secara alami yang penting dilakukan adalah dengan menghindari pemicu ini.

Manfaatkan vitamin E

Jika kamu memiliki kapsul vitamin E, kamu bisa membukanya dan mengoleskan produk langsung ke bibir. Vitamin E meningkatkan sirkulasi dan dapat membantu menghasilkan sel kulit baru, membuat bibir lebih lembut dan cerah.

4 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Gula

Scrub gula bisa menjadi cara memerahkan bibir secara alami yang sederhana. Gula akan mengelupas sel kulit mati dengan lembut. Gula juga kaya akan antioksidan yang mencegah bibir rusak akibat sinar matahari.

Campurklan masing-masing satu sendok makan madu dan gula. Campur hinggia menyatu. Aplikasikan pada bibir dan gosok lembut dengan gerakan memutar selama dua hingga tiga menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan lip balm.

Kayu manis

Kayu manis adalah pelembap bibir alami. Kayu manis juga bertindak sebagai exfoliator alami dan membantu cara memerahkan bibir secara alami. Campur masing-masing setengah sendok makan bubuk kayu manis, madu, dan minyak zaitun. Aplikasikan pada bibir dan gosok lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan air hangat lalu gunakan pelembap bibir.

Cokelat

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cokelat. Cokelat hitam kaya akan antioksidan. Ini bisa meningkatkan hidrasi dan ketebalan jaringan kulit di bibir. Cokelat sangat bagus untuk menutrisi dan memperbaiki bibir yang kering dan kusam.

Campur satu sendok makan bubuk cokelat, dua sendok makan gula, 3/4 sendok teh madu, dan dua sendok teh minyak zaitun. Aplikasikan pada bibir dan gosok dengan gerakan memutar secara lembut. Diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat.

5 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa membantu mencerahakan bibir dan membuatnya tampak merah merona. Minyak kelapa juga memiliki efek antimikroba untuk melindungi kulit bibir yang pecah-pecah dari masuknya kuman penyebab infeksi. Cara memerahkan bibir secara alami dengan minyak kelapa cukup mengoleskannya ke bibir secara rutin.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi yang bisa mencerahkan bibir secara alami. Cara memerahkan bibir secara alami menggunakan minyak zaitun cukup dengan mengoleskan minyak zaitun setiap hari ke bibir.

Air mawar

Air mawar bisa membantu menghidrasi kulit bibir. Kandungan antioksidannya juga mencegah bibir berubah menjadi gelap. Cara memerahkan bibir secara alami menggunakan air mawar yaitu dengan mengoleskannya setiap hari secara rutin.

6 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Daun mint

Daun mint mengandung vitamin dan mineral yang dapat memerahkan bibir secara alami. Cara mengaplikasikan daun mint pada bibir yaitu dengan menghaluskan dua lembar daun mint dan oleskan pada bibir. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Lidah buaya

Lidah bisa membantu bibir lebih merah merona. Vitamin E di dalamnya membantu memulihkan kelembapan. Cara memerahkan bibir secara alami menggunakan lidah buaya bisa dengan mengoleskan gel-nya ke bibir setiap hari.

Kunyit

Kunyit memiliki efek pencerah pada kulit. Sifat penyembuhannya bisa membantu mengatasi bibir kering dan kusam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk 2 ruas kunyit sampai halus lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

7 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Madu

Kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam madu akan merangsang epidermis untuk membentuk kolagen baru. Ini membuat bibir akan Cara memerahkan bibir secara alami dengan madu adalah dengan mencampur madu dengan gula, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

Timun

Mentimun sebagian besar terdiri dari air yang membantu menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, timun adalah sumber vitamin C yang memainkan peran kunci dalam produksi kolagen sehingga membantu membersihkan bibir dari kulit mati yang kering. Caranya, gosokkan mentimun pada bibir secara rutin.

Alpukat

Alpukat kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa menutrisi kulit. Cara memerahkan bibir secara alami dengan alpukat juga cukup mudah. Haluskan daging alpukat secukupnya, lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

8 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Buah bit

Buah bit dikenal sebagai pewarna merah alami dengan beragam manfaat. Kamu bisa menggunakan buah bit sebagai lip balm alami. Lip balm buah bit juga bisa bertindak sebagai exfoliator alami dan akan membantu mencerahkan bibir. Kamu cukup menghaluskan sepotong buah bit dan mengoleskannya ke bibir.

Delima

Delima mengandung senyawa 'punicalagins' yang menghambat produksi melanin dan mencegah bibir menggelap. Buah delima merah juga bisa memerahkan bibir dengan cepat. Cara membuatnya adalah dengan menghancurkan buah delima dan mengoleskannya pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dnegan air bersih.

Stroberi

Stroberi mengandung banyak vitamin C dan seluruh antioksidan yang bisa mencerahkan dan mencegah penuaan kulit. Hancurkan satu buah stroberi dan campurkan dengan satu sendok teh madu serta minyak zaitun. Bersihkan bibir dan aplikasikan campuran stroberi dengan jari. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

9 dari 9 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Lemon atau jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Buah-buahan sitrus ini bisa membuat bibir tampak lebih cerah dan mengelupas kulit mati. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes air lemon atau jeruk nipis. Kamu juga bisa menggosokkan buah ini ke bibir. Pastikan bibir tidak pecah-pecah atau sangat kering sebelum menggunakannya.

Kulit jeruk

Kulit jeruk sangat bagus untuk merawat bibir yang gelap dan berubah warna. Cara memerahkan bibir secara alami dengan kulit jeruk adalah dengan mencampur dua sendok makan bubuk kulit jeruk, dua sendok makan gula, dan 10 sampai 12 tetes minyak almond. Aplikasikan pada bibir dan gosok selama 30 detik. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Kopi

Kandungan kafein dalam kopi meremajakan bibir, membuatnya memerah cerah. Butiran kopi bisa membantu mengangkat sel kulit mati di bibir. Cukup campurkan masing-masing satu sendok makan bubuk kopi dan madu. Gunakan untuk scrub bibir dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat setelahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini