Sukses

Mengenal Apa itu Website dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Liputan6.com, Jakarta Semakin berkembangnya internet di Indonesia, semakin banyak pula yang mengenal apa itu website. Website adalah apa yang Anda kunjungi setiap hari di internet.

Mulai dari Google, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ketika membuka layanan-layanan tersebut di perangkat dekstop atau mobile, sebenarnya yang Anda buka adalah website.

Dalam hal ini, website adalah salah satu media yang paling sering untuk diakses dan digunakan dalam mencari berbagai informasi dan sarana komunikasi. Tentu saja dari berbagai website yang tersedia, memiliki fungsi dan fitur yang berbeda pula, ada yang bergerak di bidang e-commerce, media sosial, bisnis, media informasi, dan lain-lain.

Meskipun sudah berinteraksi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu website. Berikut ini penjelasan tentang apa itu website, jenis, hingga fungsinya untuk kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/03/2021).

2 dari 5 halaman

Apa Itu Website

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang memuat tentang berbagai informasi yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan atau home page yang menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Informasi yang dapat dimuat dalam sebuah website umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan. Di dalam sebuah homepage, juga memuat beberapa halaman web turunan yang saling terhubung satu dengan yang lain.

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis Website

Setelah mengetahui apa itu website, saatnya untuk memahami berbagai jenis website yang ada. Pada umumnya, perbedaan jenis website dapat dikategorikan berdasarkan server atau konten.

Berdasarkan server, website dapat dibedakan ke dalam 2 jenis yaitu website static dan website dynamic. Berdasarkan konten, website dapat dibedakan ke belasan jenis. Pengklasifikasian website berdasarkan konten ini merupakan pengklasifikasian yang paling populer. Berikut adalah beberapa jenis website berdasarkan konten.

1. Pribadi

Anda bisa mengeluarkan seluruh isi pikiran Anda dengan membuat website pribadi. Apapun itu, dari mulai curhat, opini publik, karya sastra, hingga catatan perjalanan. Jenis website pribadi atau yang lebih dikenal blog ini memang tidak dibuat untuk profit. Namun, dengan isi yang menarik website ini bisa menghasilkan profit dalam jumlah yang tidak dapat diremehkan.

2. E-Commerce

Pasar atau toko online bukan lagi sesuatu yang asing di telinga masyarakat dunia. Website e-commerce menyediakan tempat jual beli, baik baru maupun bekas, dari merek ternama hingga tanpa merek sekalipun. Apapun website yang menyediakan fasilitas bertransaksi dapat dikategorikan ke dalam website e-commerce.

3. Media

Beragam informasi terkini yang dirilis secara cepat dan akurat, kolom-kolom opini, hasil riset, survei terbaru, hingga wawancara dengan tokoh berpengaruh ditampilkan di website ini. Website media mendapatkan profit biasanya dari iklan.

4. Hiburan

Apapun bidangnya, film, video game, musik, komik, dunia selebriti, termasuk sesuatu yang dapat menghibur adalah jadi konten utama dari website atau blog hiburan. Website media dan hiburan memang mirip terutama dalam menyajikan informasi terkini. Bedanya, website hiburan lebih mengutamakan aspek kesenangan.

5. Organisasi

Apa itu website organisasi? Website organisasi atau instansi memuat seluruh program yang ditawarkan oleh instansi atau organisasi terkait. Instansi pendidikan, pemerintahan, hingga LSM atau non-profit masuk dalam kategori website organisasi. Konten yang ditawarkan selain ditujukan kepada pegawai atau calon pegawai ditujukan juga untuk khalayak umum.

6. Komunitas

Apa itu website komunitas? Website komunitas berisi konten yang dipublikasikan oleh kontributor, baik secara sukarela (bagian dari forum) atau tidak. Contoh website ini adalah Wikipedia, “wiki-wiki” lainnya, dan forum-forum internet. Konten yang dbuat akan bergantung pada partisipasi orang-orang yang ada di forum tersebut.

7. Perusahaan

Apa itu website perusahaan? Website ini menampilkan informasi mengenai semua hal yang ingin dipresentasikan perusahaan ke publik. Perbedaan mendasar antara website perusahaan dengan e-commerce adalah website ini tidak menjual produk secara langsung, tetapi sebagai media perkenalan produk sekaligus media pencitraan brand. Jika Anda bingung contohnya website comapny profile.

4 dari 5 halaman

Fungsi Website dalam Kehidupan Sehari-hari

Website seakan menjadi konsumsi pokok untuk masyarakat di dunia setia harinya. Tak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi ternama, perusahaan besar atau bahkan pemerintahan saja, melainkan website juga sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan pribadi.

Seperti contohnya menulis tutorial, menceritakan pengalaman perjalanan, atau menampilkan berbagai macam karya. Oleh karena itu website memang memberikan segudang fungsi yang bisa didapatkan oleh semua kalangan masyarakat, berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan website dalam kehidupan sehari-hari diantaranya.

1. Sebagai sarana publikasi pada perusahaan

Sejak dulu website sudah bisa dimanfaatkan sebagai tempat utama untuk mempublikasikan perusahaan khususnya yang berbasis dengan teknologi dan internet. Selain itu melalui website juga sebagai sarana mempromosikan profil dari perusahaan dan mempromosikan berbagai jenis produk yang ingin dijual.

2.  Sebagai sarana tempat menjual produk

Saat ini sudah banyak online shop yang memanfaatkan website sebagai sarana untuk dapat menarik pelanggan dengan mempromosikan barang dagangannya melalui website. Semakin menarik tampilan website anda maka akan semakin banyak pelanggan yang berkunjung.

3.  Mempermudah komunikasi

Jarak saat ini bukan lagi menjadi halangan untuk kita tetap bisa menjaga silaturahmi dengan para keluarga. Kemudahan teknologi komunikasi melalui sosial media berfungsi sebagai penghubung para penggunanya dari berbagai kota bahkan dilintas negara.

5 dari 5 halaman

Hal yang Dibutuhkan untuk Membuat Website

Sebelum memutuskan mempunyai website Anda sendiri. Maka penting untuk Anda sebagai pemula, harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  1. Hosting, yaitu sebuah tempat untuk menyimpan file website Anda. Bisa dibilang, hosting ini adalah sebuah rumah untuk database website Anda nanti.
  2. Domain, yaitu sebuah alamat atau nama situs web yang nantinya Anda gunakan sebagai identitas situs dan destinasi website Anda.
  3. Konten, yaitu artikel berkualitas, dan kombinasi media yang dibutuhkan, seperti gambar, video, dan konten lainnya.
  4. Aplikasi pengolah gambar yang nantinya dapat Anda gunakan untuk men-desain gambar banner, logo, dan sebagainya. Salah satu software yang direkomendasikan untuk keperluan ini adalah Adobe Photoshop.