Sukses

Macam-Macam Seni Secara Umum, Ketahui Bentuk-Bentuknya

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam seni punya beragam bentuk dan rasa. Seni adalah berbagai macam aktivitas manusia yang melibatkan penggunaan imajinasi kreatif secara sadar untuk mengekspresikan kemahiran teknis, keindahan, kekuatan emosional, atau ide-ide konseptual. Macam-macam seni pastinya punya tujuannya masing-masing.

Manusia menciptakan macam-macam seni untuk mengkomunikasikan dan mengekspresikan sesuatu. Macam-macam seni juga punya beragam motivasi. Macam-macam seni sering dibagi ke dalam kategori yang lebih spesifik.

Macam-macam seni mengacu pada elemen seni yang tidak tergantung pada interpretasi atau signifikansinya. Berikut nacam-macam seni secara umum, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(25/03/2021).

2 dari 9 halaman

Seni rupa

Istilah seni rupa mengacu pada bentuk seni yang dipraktekkan terutama karena nilai estetika dan keindahannya daripada nilai fungsionalnya. Seni rupa berakar pada gambar dan karya berbasis desain seperti lukisan, seni grafis, dan seni pahat. Bidang seni rupa terus diperluas untuk merangkul aktivitas baru yang timbul karena teknologi baru, atau penemuan artistik.

Macam-macam seni rupa masih terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Macam-macam seni rupa di antaranya adalah:

Seni lukis

Seni lukis merupakan karya seni dua demensi yang bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta. Lukisan adalah karya seni rupa yang dibuat dengan melukiskan cat ke atas media kanvas.

Seni Kriya

Seni kriya termasuk jenis seni terapan. Karya seni ini mengutamakan kegunaan dan keindahan. Seni kriya termasuk karya yang di perjualbelikan dan berguna bagikehidupan masyarakat sehari- hari baik untuk alat rumah tangga maupun untuk hiasan.

3 dari 9 halaman

Macam-macam seni rupa

Seni Patung

Seni patung merupakan karya seni 3 dimensi yang diciptakanuntuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estestis yang tinggi. Umumnya, patung dibuat dari bahan-bahan berupa batu, logam, kayu hingga karet.

Seni Grafis

Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Seni grafis bisa menjadi seni rupa murni ataupun terapan. Jika seni grafis hanya digunakan sebagai penghias, maka seni grafis termasuk dalam karya seni murni. Namun, jika seni grafis digunakan sebagai saran ilustrasi, maka seni grafis termasuk seni rupa terapan.

Seni Fotografi

Fotografi merupakan kegiatan menggambar atau menulis menggunakan cahaya. Fotografi biasanya dijadikan sebagai saran mengekspresikan diri. Seni fotografi yang indah biasanya dihasilkan dari penggunaan kamera untuk mempotret objek-objek.

Seni relief

Relief merupakan pahatan yang menceritakan tentang kisah-kisah tertentu. Biasanya, relief ditemukan di tempat-tempat bersejarah seperti museum hingga candi.

4 dari 9 halaman

Seni musik

Seni musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Seni musik adalah sebuah karya yang menghasilkan bunyi sebagai unsur utamanya. Di dalam seni musik terdapat unsusr melodi, harmonisasi, dan juga perpaduan bunyi yang memberikan efek keindahan bagi yang mendengarnya.

Ada banyak macam-macam seni musik jika dikategorikan menurut genrenya. Macam-macam seni musik di antaranya adalah:

- Musik klasik

- Musik Jazz

- Musik Rock

- Musik Rock metal

- Musik Funk

- Musik Rap atau Hip hop

- Musik Pop

- Musik Blues

- Musik Electronic

- Musik tradisional

- dan masih banyak lagi.

5 dari 9 halaman

Seni tari

Seni tari adalah salah satu jenis seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Keluwesan dan kecocokan gerakan tubuh yang diiringi sebuah melodi atau ketukan membuat gerakan itu menjadi menarik dan dapat di lihat dan dinikmati.

Gerakan pada tari memiliki nilai estetika dan simbolik, dan diakui sebagai tarian oleh para penampil dan pengamat dalam budaya tertentu. Tari menitikberatkan pada konsep dan koreografis yang bersifat kreatif. Unsur utama tari adalah gerak, ruang, dan waktu.

6 dari 9 halaman

Macam-macam seni tari

Berdasarkan koreografinya, tari dibedakan menjadi:

Tari tunggal (Solo)

Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan.

Tari berpasangan (duet/pas de duex)

Tari berpasangan adalah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan.

Tari kelompok (Group choreography)

Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang.

Tari kolosal

Tari kolosal adalah tari yang dilakukan secara massal lebih dari banyak kelompok dan biasanya dilakukan oleh setiap suku bangsa di seluruh daerah.

7 dari 9 halaman

Seni teater

Seni teater adalah seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan sebuah kejadian yang nyata atau tidak nyata. Seni teater juga bisa digabungkan dengan seni musik dan seni gerak bahkan seni rupa.

Teater adalah salah satu seni bermain peran (drama) yang menyajikan cerita kehidupan nyata di atas pentas. Jalan cerita yang disajikan biasanya mengandung pesan moral yang tersirat dan bisa dijadikan pelajaran kehidupan oleh para penonton.

8 dari 9 halaman

Macam-macam seni teater

Teater tradisional

Teater tradisional banyak mengungkap wacana kearifan lokal, sehingga merupakan sarana pewarisan ilmu hidup atau nilai-nilai kebaikan. Teater bisa menghibur sekaligus berperan sebagai wadah pendidikan moral masyarakat.

Teater modern

Teater modern mengambil pola barat sebagai referensi. Teater dipisahkan dari tari, seni suara dan musik. Kehadirannya adalah bagian dari produk kesenian yang menuju pada industri.

9 dari 9 halaman

Seni sastra

Sastra adalah suatu karya seni yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Seni sastra adalah seni yang dinikmati melalui pendengaran dan penglihatan. Biasanya seni sastra akan berbentuk kata-kata yang menarik berkesan dan disampaikan dengan cara yang indah. Contoh dari seni sasatra ada puisi dan kaligrafi.

Macam-macam seni sastra:

Seni puisi

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Seni prosa

Prosa adalah karya sastra yang berbentuk cerita yang disampaikan menggunaakan narasi. Penulisan prosa menggabungkan bentuk monolog dan dialog. Pengarang ceria memasukkan pemikiran-pemikirannya ke dalam pikiran tokoh.

Seni drama

Drama merupakan genre karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan.