Sukses

12 Cara Review Jurnal Secara Profesional, Pelajari dengan Baik

Cara review jurnal penting diketahui oleh mahasiswa dan akademisi.

Liputan6.com, Jakarta Cara review jurnal akan sangat berguna untuk mengetahui kualitas suatu jurnal. Review jurnal adalah tulisan profesional untuk menyajikan pemahaman yang jelas tentang suatu jurnal. Cara review jurnal penting diketahui oleh mahasiswa dan akademisi.

Cara review jurnal melibatkan peringkasan, klasifikasi, analisis, kritik, dan perbandingan. Cara review jurnal juga termasuk kegiatan akademik yang dibutuhkan untuk mencari referensi pendukung atau mempelajari sebuah penelitian yang sudah ada. Agar lebih mudah, dalam cara review jurnal, penting untuk melatih memahami dan mencari pokok-pokok ide dalam jurnal tersebut.

Cara review jurnal juga harus disusun secara sistematis seperti karya ilmiah lainnya. Berikut cara review jurnal, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (26/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengenal review jurnal

Review jurnal adalah jenis penulisan makalah profesional yang menuntut analisis mendalam tingkat tinggi dan presentasi argumen yang terstruktur dengan baik. Ini adalah evaluasi literatur yang kritis dan konstruktif dalam bidang tertentu melalui ringkasan, klasifikasi, analisis, dan perbandingan.

Review jurnal memungkinkan mahasiswa atau akademisi untuk menganalisis dan mengevaluasi pekerjaan ahli lain di bidang tertentu. Di luar sistem pendidikan, para ahli sering meninjau karya rekan-rekan mereka untuk kejelasan, orisinalitas, dan kontribusi terhadap disiplin studi.

Cara review jurnal harus menggunakan pencarian database untuk menggambarkan penelitian. Tujuan utama review jurnal adalah meringkas semuanya dan menyajikan pemahaman yang jelas tentang topik yang sedang dikerjakan.

Review jurnal mengevaluasi kekuatan dan kelemahan sebuah publikasi. Penulis review yang berkualitas harus memberikan analisis dan interpretasi yang menunjukkan nilai jurnal kepada pembaca.

3 dari 8 halaman

Cara review jurnal yang baik dan benar

Kenali gaya publikasi

Biasanya, review jurnal ditulis dengan gaya atau pedoman penulisan tertentu. Membiasakan diri dengan standar publikasi akan memberimu gambaran tentang cara mengevaluasi jurnal dan menyusun review. Cara review jurnal ini bisa membiasakan dirimu memahami format dan pedoman gaya penulisan jurnal.

Baca sekilas

Cara review jurnal selanjutnya adalah baca sekilas jurnal tersebut. Pertama, lihat artikel jurnal dan coba telusuri logikanya. Bacalah judul, abstrak, dan tajuk untuk mengetahui bagaimana jurnal ini disusun. Dalam skim cepat dan awal ini, identifikasi pertanyaan atau masalah yang dibahas jurnal tersebut.

Setelah membaca sekilas, baca jurnal dari awal sampai akhir untuk mengembangkan kesan keseluruhan. Pada tahap ini, identifikasi tesis, atau argumen utama, sorot atau garis bawahi yang dinyatakan dalam pendahuluan dan kesimpulan.

4 dari 8 halaman

Cara review jurnal yang baik dan benar

Baca ulang dan buat catatan

Lankah selanjutnya adalah membuat catatan penting. Sambil membaca lebih dekat, ukur apakah dan seberapa baik jurnal tersebut menyelesaikan masalah utamanya. Tanyakan pada dirimu, "Apakah penelitian ini penting, dan apakah secara unik berkontribusi pada bidangnya?"Pada tahap ini, catat setiap inkonsistensi terminologis, masalah penyusunan, kesalahan ketik, dan masalah format.

Nilai abstrak dan pendahuluan

Cara review jurnal selanjutnya adalah memperhatikan abstrak dan pendahuluan secara rinci. Coba cari jawaban dari pertanyaan berikut:

- Seberapa baik abstrak merangkum artikel, masalah yang dibahas, teknik, hasil, dan signifikansinya? Misalnya, kamu mungkin menemukan bahwa abstrak mendeskripsikan topik studi farmasi dan melompati hasil tanpa membahas metode eksperimen dengan banyak detail.

- Apakah pendahuluan memetakan struktur artikel? Apakah itu dengan jelas meletakkan dasar-dasarnya? Pengenalan yang baik memberimu gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan di bagian selanjutnya. Ini mungkin menyatakan masalah dan hipotesis, menjelaskan secara singkat metode penelitian, kemudian menyatakan apakah eksperimen membuktikan atau menyangkal hipotesis.

5 dari 8 halaman

Cara review jurnal yang baik dan benar

Evaluasi referensi dan tinjauan pustaka

Sebagian besar artikel jurnal mencakup tinjauan literatur yang ada sejak awal dan, di seluruh, mengutip karya ilmiah sebelumnya. Tentukan apakah sumber yang dirujuk terpercaya, seberapa baik tinjauan pustaka merangkum sumber, dan apakah sumber tersebut menempatkan artikel dalam bidang penelitian atau hanya mencantumkan nama-nama terkenal. Jika perlu, luangkan waktu untuk mempelajari salinan sumber jurnal agar dapat lebih memahami literatur topik yang ada.

Pelajari metodenya

Tanyakan pada dirimu, "Apakah metode ini merupakan cara yang tepat dan masuk akal untuk memecahkan masalah?" Bayangkan cara lain yang mungkin untuk menyiapkan eksperimen atau menyusun penelitian, dan catat perbaikan apa pun yang dapat dilakukan oleh penulis.

Contoh cara review jurnal bagian ini, kamu mungkin mengamati bahwa subjek dalam studi medis tidak secara akurat mewakili populasi yang beragam.

6 dari 8 halaman

Cara review jurnal yang baik dan benar

Nilai bagaimana artikel menyajikan data dan hasil

Amati apakah tabel, diagram, legenda, dan alat bantu visual lainnya mengatur informasi secara efektif. Apakah bagian hasil dan diskusi meringkas dan menafsirkan data dengan jelas? Apakah tabel dan gambar memiliki tujuan atau berlebihan?

Misalnya, kamu mungkin menemukan bahwa tabel mencantumkan terlalu banyak data yang belum tercerna yang tidak diringkas secara memadai oleh penulis dalam teks.

Evaluasi bukti dan analisis non-ilmiah

Untuk jurnal non-ilmiah, tentukan seberapa baik artikel tersebut menyajikan bukti yang mendukung argumennya. Apakah bukti tersebut relevan, dan apakah jurnal tersebut menganalisis dan menafsirkan bukti secara meyakinkan? Misalnya, jika kamu meninjau jurnal sejarah seni, amati apakah jurnal tersebut menganalisis karya seni secara wajar atau langsung mengambil kesimpulan.

7 dari 8 halaman

Cara review jurnal yang baik dan benar

Perhatikan gaya penulisan

Cara review jurnal selanjutnya adalah mengevaluasi gaya bahasa. Meskipun dimaksudkan untuk khalayak khusus, gaya penulisan jurnal harus jelas, ringkas, dan benar. Evaluasi gaya dengan bertanya pada diri sendiri hal-hal berikut:

- Apakah bahasanya jelas dan tidak ambigu, atau apakah jargon yang berlebihan mengganggu kemampuannya untuk membuat argumen?

- Apakah ada tempat yang terlalu bertele-tele? Adakah ide yang dapat dinyatakan dengan cara yang lebih sederhana?

- Apakah tata bahasa, tanda baca, dan terminologi sudah benar?

Buat garis besar review

Cara mereview jurnal dalam tahap penulisan yang pertama adalah membuat garis besar review. Lihat kembali catatan yang kamu buat dalam evaluasi bagian demi bagian. Buat tesis, lalu uraikan bagaimana kamu ingin mendukung tesismu dalam badan review. Sertakan contoh spesifik yang merujuk pada kekuatan dan kelemahan yang kamu catat dalam evaluasi.

Tesis dan bukti harus konstruktif dan dalam. Tunjukkan kekuatan dan kelemahan, dan usulkan solusi alternatif alih-alih hanya berfokus pada kelemahan.

8 dari 8 halaman

Cara review jurnal yang baik dan benar

Tulis draf pertama review

Setelah menyusun tesis dan membuat garis besar, kamu siap untuk mulai membuat review. Meskipun strukturnya akan bergantung pada pedoman publikasi, kamu bisanya dapat mengikuti pedoman umum berikut:

- Pendahuluan merangkum artikel dan menyatakan tesis.

- Isi memberikan contoh spesifik dari teks yang mendukung tesis.

- Kesimpulan merangkum ulasan, menyatakan kembali tesis, dan menawarkan saran untuk penelitian di masa mendatang.

Revisi draf sebelum mengirimkannya

Cara review jurnal yang terakhir adalah memeriksa keseluruhan review. Setelah menulis draf pertama, periksa kesalahan ketik dan pastikan tata bahasa dan tanda baca. Cobalah membaca karyamu seolah-olah kamu adalah orang lain. Apakah kritikmu adil dan seimbang, dan apakah contoh yang kamu masukkan mendukung argumenmu?

Pastikan tulisanmu jelas, ringkas, dan logis. Jika kamu menyebutkan bahwa sebuah artikel terlalu bertele-tele, tulisanmu tidak boleh berisi istilah dan kalimat rumit yang tidak perlu. Jika memungkinkan, mintalah seseorang yang akrab dengan topik tersebut untuk membaca drafmu dan menawarkan umpan balik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini