Sukses

15 Tempat Wisata di Medan yang Tak Boleh Terlewatkan, Dari Alam hingga Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Medan adalah ibukota dari Provinsi Sumatera Utara yang menyimpan banyak destinasi alam hingga bangunan kekinian yang sayang untuk dilewatkan. Medan merupakan kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya dengan keanekaragaman suku, etnis, dan budaya di dalamnya seperti suku batak, Melayu, Jawa, Tionghoa, dan etnis lainnya. 

Salah satu ikon wisata di Meda, Sumatera Utara ini adalah danau Toba yang pernah dinobatkan sebagai danau vulkanis terbesar di dunia. Danau ini memberikan pemandangan pegunungan menghijau dan air yang jernih, sehingga semakin menambah data tarik wisatawan.

Belum lagi dengan adanya Pulau Samosir di tengah danau yang begitu ikonik dengan kisah-kisah legenda yang menyertainya. Selain, danau Toba masih banyak lagi tempat wisata di Medan yang tidak boleh anda lewatkan.

Berikut rangkuman tentang tempat wisata di Medan oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (26/03/2021).

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Medan yang Kekinian

Untuk Anda para milenial, berlibur bukan hanya untuk menghilangkan penat namun juga dapat menambah koleksi galeri di handphone Anda. Ketika Anda berlibur di Medan, ada baiknya untuk berkunjung ke destinasi wisata kekinian berikut ini.

1.  The Le Hu Garden Medan

Tempat Wisata di Medan yang pertama adalah The Le Hu Garden Medan.  Tempat wisata ini memiliki konsep kekinian yang berbeda. T-Garden Resort memberikan suasana Bali yang benar-benar kental, bagus untuk dijadikan lokasi selfie yang memang instagrammable. Terutama bagi mereka yang ingin berburu spot foto romantis, taman ini memang rekomendasi.

Ada fasilitas outbound yang cukup lengkap seperti camping ground, cafe dengan harga terjangkau hingga flying fox. Lokasi wisata ini berada di Jalan Deli Tua – Pancur Batu. Waktu tempuhnya sekitar 10 menit perjalanan dari Kebun Binatang Medan. Untuk tiket masuknya sendiri hanya dibandrol dengan harga Rp. 15.000 per orang.

2.  Upside Down World

Jika Anda sedang berkunjung ke Medan, wajib banget untuk berkunjung ke Upside Down World. Wisata Medan satu ini sedang hits dan menjadi tren berfoto. Properti terbalik-balik menjadi hal unik ditawarkan kepada pengunjung. Konsep ini terinspirasi dari film yang berjudul “Upside Down” yang dirilis di tahun 2012.

Perabotan yang digunakan memiliki keamanan yang terjamin. Sehingga tak perlu takut akan melukai Anda. Terdapat petunjuk dalam mengambil foto yang pas untuk Anda saat kebingungan dalam mengambil pose atau bisa meminta bantuan staff dalam mengambil foto.Untuk tiket masuknya sebesar Rp. 40.000 per orang.

3.  Sipinsur

Tidak jauh dari Danau Toba, kamu bisa bergeser sedikit ke Sipinsur sebagai tempat wisata selanjutnya. Selama berada disana, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari Danau Toba dan pulau Samosir dari sisi yang berbeda. Tak jarang pula lokasi wisata ini, dijadikan sebagai spot terbaik untuk menghasilkan jepretan kekinian. Untuk tiket masuknya sendiri hanya dibandol sebesar Rp. 5.000 per orang.

4.  Merci Windmill

Merci Windmill merupakan sebutan dari sebuah kincir angin terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Ketinggiannya mencapai 22 meter dan wisatawan seolah berada di Belanda karena identik sebagai negeri kincir angin. Bangunan ini memiliki dua lantai. Ada keunikan di masing-masing ruangan dan ciri khasnya.

Di lantai pertama, wisatawan bisa melihat banyak macam pernak pernik yang khas. Sementara di lantai dua adalah ruangan seribu cermin. Dinding di ruangan ini memang penuh cermin sehingga hanya akan terpantul bayangan kita. Lokasinya berada di Jalan Karya Jaya Medan Johor. Tepatnya ada di Perumahan Medan Resor City.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Medan dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Ada beberapa orang yang memilih berlibur di alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Hal itu dilakukan guna mampu menghilangkan beban dan penat yang ada dalam pikiran. Berikut ini tempat wisata di Medan dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

5.  Menara Pandang Tele

Tempat wisata di Medan berikutnya adalah Menara Pandang Tele. Tempat wisata yang sayang kalau dilewatkan karena menawarkan sensasi yang berbeda. Tempat ini merupakan menara dengan tiga tingkatan yang berbeda dengan jarak pandang juga berbeda. Cocok untuk mereka yang hobi fotografi karena pemandangannya indah.

Dari ketinggian menara, wisatawan bisa melihat panorama Danau Toba dan juga daratan pulau Samosir. Sementara di sisi kanan, ada rumah penduduk dengan barisan pegunungan yang juga menjulang. Di bagian kiri wisatawan bisa melihat panorama indah berupa gunung Pusuk Bushit yang cukup melegenda. Lokasinya ada di Tele, Kecamatan Harian Samosir.

6.  Danau Toba

Berlibur ke Kota Medan, dirasa kurang lengkap tanpa mengunjungi si Danau Toba. Namanya sudah tidak lagi asing terdengar, lantaran keunikannya sebagai danau terbesar yang berada di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, danau ini memiliki panjang sekitar 100 km dengan lebar kurang lebih 30 km. Hebatnya lagi, Danau Toba disebut sebagai danau vulkanik terbesar yang ada di Asia Tenggara. Ketika menyusuri danau, wisatawan akan menemukan Pulau Samosir yang cukup luas hingga meliputi beberapa kabupaten sekaligus.

7.  Wisata sawah pematang Johar

Tempat wisata di Medan ini terletak di Deli Serdang. Terhitung 22 Desember 2019 tempat ini sudah dibanjiri para pengunjung. Selain menawarkan pemandangan sawah, Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner yang ditawarkan.

Pada jalur setapak Anda dapat menikmati pemandangan sawah yang dihiasi oleh beberapa gapura dibentuk secara penuh warna. Terdapat juga payung gantung warna-warni dan sebuah jembatan warna-warni yang dapat dijadikan spot foto.

8.  Air Terjun Sipiso Piso

Selain kecantikan alam yang ditawarkan, wisata air satu ini disebut sebagai air terjun tertinggi yang berada di tanah Batak. Bahkan ada pula yang menyatakan bila air terjun ini tertinggi di tanah air.

Sedangkan namanya sendiri, didapatkan dari derasnya air yang dikeluarkan sehingga terasa seperti pisau yang tajam ketika mengenai kulit. Apabila tertarik menikmati dasar air terjun, wisatawan harus menuruni ribuan anak tangga terlebih dahulu. Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang cantik ini, Anda hanya dikenai biaya Rp. 5.000 per orang.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Sejarah di Medan yang Sayang untuk Dilewatkan

Selain tempat wisata di Medan yang bernuansa alam, ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang menyimpan nilai sejarah yang bisa Anda kunjungi. Inilah tempat wisata sejarah di Medan yang sayang untuk dilewatkan.

9.  Maha Viraha Adhi Maitreya

Para pecinta bangunan dengan aksitektur unik, tampaknya bisa menjadikan Maha Vihara Adhi Maitreya sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Selain dari segi arsitekturnya, ternyata bangunan ini termasuk vihara terbesar yang dimiliki Indonesia. Ketika berada disana, wisatawan dapat merasakaan suasana tenang dan terasa nyaman untuk bersantai. Ketika mengitari vihara, kamu akan menemukan 3 patung suci sekaligus menemukan pemandangan indah.

Setiap sisi vihara memiliki keunikan tersendiri seperti bagian depan digunakan sebagai tempat beribadah, sisi sebelah kanan difungsikan sebagai area permainan dan terdapat nada gambar Great Wall China, lalu bagian belakang terdapat lukisan cantik, kemudian di sisi sebelah kiri dilengkapi dengan taman yang menyerupai kota Beijing dan dihiasi kolam ikan koi serta patung Dwi Kwan In.

10.  Tjong Yong Hian Gallery

Tempat wisata di Medan yang berikutnya adalah Tjong Yong Hian Gallery. Tempat ini salah satu bukti sejarah belum banyak diketahui dikalangan generasi muda. Salah satu peninggalan seorang pengusaha yang menjadi kontributor pertumbuhan historis di Kota Medan bernama Tjong Yong Hian. Tahun 2011 Wali Kota Medan Rahudman Harahap meresmikan tempat ini guna mengenang sosok beliau.

Untuk area taman diperbolehkan untuk umum sedangkan untuk ruang gallery hanya pihak keluarga atau kerabat yang diperbolehkan. Ketika Anda memasuki taman di sisi kanan terdapat batu prasasti bertuliskan tiga bahasa yaitu bahasa Arab, Belanda dan Tiongkok.

11.  Kampung Keling

Medan ternyata dikenal sebagai kota Multi Etnis. Ada banyak budaya dan juga etnis yang tinggal di tempat ini. Salah satunya adalah etnis India. Ada juga keunikan lain yang tersaji adalah karena bangunan bersejarah ini terdapat kuliner khas India yang bisa dinikmati di lokasi wisata. Lokasi tempat wisata ini berada di Kampung Keling atau Kampung Madras. Mereka mendapat julukan The Little India.

12.  Rahmat Gallery

Tempat wisata di Medan yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Rahmat Gallery.  Museum ini menyimpan koleksi banyak jenis satwa yang ada di dunia dan sudah diawetkan. Meski memajang aneka satwa yang diawetkan tersebut, binatang ini tidak sengaja dibunuh. Dalam museum ini menyimpan sekitar 1000 spesies yang sudah diawetkan.

Wisatawan yang datang bisa melihat banyaknya koleksi binatang yang cukup lengkap. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk para wisatawan yang datang bersama anak-anak. Selain informatif, tempat ini juga menyenangkan. Lokasinya ada di Jalan S Parman Kota Medan.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Medan Berkonsep Wisata Keluarga

Berlibur bersama keluarga memang menjadi momen yang sangat membahagiakan, saat Anda berkunjung ke Medan wajib untuk datang ke tempat wisata di Medan yang mengusung tema keluarga berikut ini.

13.  Hillpark Sibolangit

Untuk menikmati liburan bersama dengan keluarga atau sahabat, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Medan seperti Hillpark Sibolangit. Ada banyak permainan seru disini yang bisa dicoba, beberapa diantaranya juga menjadi favorit wisatawan.

Seperti misalnya roller coaster, kora-kora, bianglala dan masih banyak lagi. Mencoba berbagai permainan ini akan membuat liburan terasa lebih menyenangkan. Lokasinya berada di Jalan Raya Merek KM 9 Deli Serdang, Medan. Untuk tiket masuknya sebesar Rp. 10.000 per orang.

14.  Kampung Ladang

Tempat wisata di Medan berikutnya adalah Kampung Ladang. Tempat wisata ini merupakan tempat outbound keluarga dengan pemandangan yang begitu cantik dan romantic. Ada kali, kolam dan juga beberapa pondok. Ada juga hiasan batu yang menyerupai Candi Ratu Boko.

Disana nanti wisatawan bisa melihat banyak tanaman bunga, ayunan buatan hingga pohon berakar untuk mempercantik background foto. Meskipun ramai dengan para pengunjung tetapi pengelola setempat melarang pengunjung foto prewedd di beberapa titik. Lokasi wisata ini ada di Tanjung Anom, Deli Serdang Medan.

15.  Wonders Water World

Bagi yang suka dengan wisata air, Wonders Water World ini bisa menjadi alternative wisata anak terbaik. Ada lima jenis seluncuran dengan tipe yang berbeda dan bisa mencoba salah satunya. Tempat ini juga disebut sebagai taman air dan waterboom berskala internasional.

Jam buka tempat wisata di Medan ini adalah dari jam 10.00 hingga 18.30 waktu setempat. Lokasinya berada di Jalan Golf Kompleks, CBD Polonia Blok EE 1 Suka Damai, Polonia. Wisatawan bisa datang dan berkunjung untuk menikmati liburan bersama keluarga. Untuk tiket masuknya sendiri sebesar Rp. 100.000 per orang.

 

Itulah tempat wisata di Medan yang dapat Anda kunjungi bersama teman ataupun keluarga. Kota ini menawarkan beragam objek wisata yang menarik mulai dari alam maupun wisata sejarahnya. 15 tempat wisata di Medan tersebut bisa menjadi rekomendasi Anda saat berlibur ke Medan, Sumatera Utara.