Sukses

12 Cara Diet Sehat dan Aman untuk Turunkan Berat Badan, Fokus pada Gaya Hidup

Cara diet sehat perlu direncanakan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Cara diet sehat perlu direncanakan dengan baik. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mengatur pola makan dapat membantu mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal.

Cara diet untuk menurunkan berat badan tak boleh dilakukan sembarangan. Banyak cara diet yang justru tidak berkelanjutan dan berujung sia-sia. Cara diet aman dan sehat harus dimulai dengan awal terbaik.

Gaya hidup seimbang dan makanan bergizi adalah kunci dari cara diet sehat. Makan makanan utuh, protein tinggi, serat larut, dan sedikit gula dapat menjadi cara diet yang sehat. Berikut 12 cara diet sehat dan aman untuk turunkan berat badan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara diet sehat dan aman untuk turunkan berat badan

Buat catatan harian makanan dan berat badan

Pemantauan diri adalah faktor penting dalam cara diet menurunkan berat badan. Anda dapat menggunakan catatan harian manual, aplikasi, atau situs web khusus untuk mencatat setiap makanan yang dikonsumsi setiap hari. Anda juga dapat mengukur kemajuan mereka dengan mencatat berat badan mereka setiap minggu.

Mereka yang dapat melacak kesuksesan mereka sedikit demi sedikit dan mengidentifikasi perubahan fisik cenderung lebih berpegang pada rejimen penurunan berat badan.

Hitung jumlah kalori yang dikonsumsi

Cara diet sehat selanjutnya adalah menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi. Ketika ingin menurunkan berat badan kamu harus menyadari semua yang kamu makan setiap hari. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan mencatat setiap item yang dikonsumsi, baik dalam jurnal atau pelacak makanan online.

3 dari 7 halaman

Cara diet sehat dan aman untuk turunkan berat badan

Makan makanan yang bervariasi dan padat nutrisi

Makanan dan camilan yang sehat harus menjadi dasar pola makan manusia. Cara sederhana untuk membuat rencana makan adalah memastikan bahwa setiap makanan terdiri dari 50 persen buah dan sayuran, 25 persen biji-bijian, dan 25 persen protein. Asupan serat total harus 25-30 gram setiap hari.

Hindari lemak trans dari makanan, dan minimalkan asupan lemak jenuh. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) atau asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), yang merupakan jenis lemak tak jenuh.

Makan teratur

Makan pada waktu-waktu yang teratur di pagi-siang-malam hari membantu membakar kalori lebih cepat. Cara diet ini juga mengurangi godaan untuk mengemil makanan tinggi lemak dan gula.

Selain itu, sebisa mungkin jangan melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan berat badan. Anda bisa kehilangan nutrisi penting dan mungkin akan lebih banyak ngemil sepanjang hari karena merasa lapar.

4 dari 7 halaman

Cara diet sehat dan aman untuk turunkan berat badan

Lebih aktif secara fisik

Menjadi aktif adalah kunci untuk cara diet menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kalori berlebih yang tidak dapat dihilangkan melalui diet saja.

Olahraga teratur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Satu jam aktivitas intensitas sedang per hari, seperti jalan cepat, sudah sangat ideal.

Minum cukup air

Orang terkadang mengacaukan rasa haus dengan rasa lapar. Ini akhirnya bisa memicu konsumsi kalori ekstra ketika haus. Hidrasi adalah kunci dari banyak faktor yang berperan dalam penurunan berat badan, termasuk pencernaan dan fungsi otot.

Air adalah penekan nafsu makan alami. Air dapat membantu mengisi perut, menyebabkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar. Air juga membantu ginjal menyaring racun dan limbah sementara organ mempertahankan nutrisi dan elektrolit penting.

5 dari 7 halaman

Cara diet sehat dan aman untuk turunkan berat badan

Baca label makanan

Mengetahui cara membaca label makanan dapat membantu Anda memilih opsi yang lebih sehat. Gunakan informasi kalori untuk mengetahui bagaimana makanan tertentu cocok dengan tunjangan kalori harian pada rencana penurunan berat badan.

Bahan pada label makanan dicantumkan berdasarkan kuantitas - dari yang tertinggi hingga terendah. Cobalah mencari produk yang mencantumkan makanan utuh sebagai tiga bahan pertama.

Gunakan piring yang lebih kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu makan dalam porsi yang lebih kecil dalam cara diet. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, Anda mungkin bisa secara bertahap terbiasa makan dalam porsi yang lebih kecil tanpa merasa lapar. Diperlukan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah perlahan dan berhentilah makan sebelum merasa kenyang.

6 dari 7 halaman

Cara diet sehat dan aman untuk turunkan berat badan

Kurangi makanan olahan

Makanan yang diproses atau makanan olahan adalah makanan yang sebagian besar nutrisi dan serat bermanfaatnya telah dihilangkan. Makanan jenis ini bisa meningkatkan risiko makan berlebihan dan penyakit. Makanan olahan seperti tepung putih, roti putih, nasi putih, soda, makanan ringan, dan junk food.

Kurangi kalori cair

Kalor cair akan lebih mudah dan cepat dikonsumsi. Ini bukanlah cara diet yang sehat dan pada akhirnya membuatnya lebih mudah dikonsumsi berlebihan. Seseorang dapat mengonsumsi ratusan kalori sehari dengan meminum soda, teh, jus, atau alkohol. Ini dikenal sebagai "kalori kosong" karena memberikan kandungan energi ekstra tanpa menawarkan manfaat gizi apa pun.

7 dari 7 halaman

Cara diet sehat dan aman untuk turunkan berat badan

Makan perlahan dan penuh perhatian

Makan perlahan dan penuh perhatian sangat bermanfaat. Pola makan yang penuh perhatian mencakup kesadaran sepenuhnya tentang mengapa, bagaimana, kapan, di mana, dan apa yang mereka makan.

Orang yang mempraktikkan pola makan dengan kesadaran penuh juga akan makan lebih lambat dan menikmati makanan mereka, dengan berkonsentrasi pada rasanya. Ini membuat makanan bertahan selama 20 menit memungkinkan tubuh mencatat semua sinyal kenyang.

Tetap positif

Penurunan berat badan adalah proses bertahap. Tak perlu merasa kecil hati jika berat badan tidak turun sesuai ekspektasi. Cara diet penurunan berat badan yang sukses menuntut individu untuk bertahan dan tidak menyerah ketika perubahan diri tampaknya terlalu sulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini