Sukses

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer, Pahami Bentuknya

Macam-macam topologi berdampak langsung pada fungsionalitas jaringan.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam topologi digunakan untuk mengatur atau menyusun sebuat sistem komputer. Topologi mendefinisikan struktur jaringan tentang bagaimana semua komponen saling berhubungan satu sama lain.

Ada macam-macam topologi dengan beragam bentuk dan penyusunan. Macam-macam topologi jaringan mengacu pada bagaimana berbagai node, perangkat, dan koneksi di jaringan diatur secara fisik atau logis dalam hubungannya satu sama lain.

Ada beberapa macam-macam topologi yang dapat dipilih oleh administrator untuk membangun topologi yang aman, kuat, dan mudah dipelihara. Macam-macam topologi berdampak langsung pada fungsionalitas jaringan.

Memilih macam-macam topologi yang tepat dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi data, mengoptimalkan alokasi sumber daya, dan mengurangi biaya operasional. Berikut macam-macam topologi jaringan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mengenal topologi jaringan

Topologi jaringan mengacu pada cara di mana link dan node jaringan diatur untuk berhubungan satu sama lain. Topologi jaringan adalah susunan elemen (tautan, node, dll.) dari suatu jaringan komunikasi. Topologi jaringan dapat digunakan untuk mendefinisikan atau mendeskripsikan penataan berbagai jenis jaringan telekomunikasi, termasuk jaringan radio komando dan kontrol, bus lapangan industri, dan jaringan komputer.

Topologi jaringan adalah cara pengaturan jaringan, termasuk deskripsi fisik atau logis tentang bagaimana tautan dan node diatur untuk berhubungan satu sama lain. Ada macam-macam topologi jaringan semuanya dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

3 dari 9 halaman

Topologi point to point

Macam-macam topologi yang pertama adalah point to point. Topologi ini menghubungkan dua node secara langsung dengan satu link yang sama. Sambungan titik-ke-titik menggunakan panjang kabel atau kabel yang sebenarnya untuk menghubungkan kedua ujungnya, tetapi opsi lain, seperti tautan satelit, atau gelombang mikro juga dimungkinkan.

Topologi ini paling mudah dipahami. Telepon kaleng anak adalah salah satu contoh sederhana dari topologi point to point.

4 dari 9 halaman

Topologi bus

Topologi bus adalah topologi jaringan di mana setiap perangkat dan perangkat jaringan terhubung ke satu kabel. Topologi bus mengarahkan semua perangkat pada jaringan di sepanjang kabel yang berjalan dalam satu arah dari satu ujung jaringan ke ujung lainnya. Aliran data pada jaringan juga mengikuti jalur kabel, bergerak dalam satu arah.

Tidak ada fitur dua arah dalam topologi bus. Topologi bus adalah pilihan yang baik dan hemat biaya untuk jaringan yang lebih kecil karena tata letaknya yang sederhana. Namun, karena topologi bus menggunakan satu kabel untuk mengirim data, mereka agak rentan. Jika kabel mengalami kegagalan, seluruh jaringan akan mati, yang dapat memakan waktu dan biaya pemulihan yang mahal.

5 dari 9 halaman

Topologi mesh

Topologi mesh merupakan topologi di mana setiap perangkat terhubung ke perangkat lain melalui saluran tertentu. Setiap node terhubung ke setiap mode lainnya dengan link langsung. Topologi ini menciptakan jaringan yang sangat andal, tetapi membutuhkan kabel dalam jumlah besar dan sulit untuk dikelola. Jaringan Wifi membuat topologi ini lebih memungkinkan.

Jaringan mesh dapat berupa mesh penuh atau sebagian (parsial). Topologi mesh parsial sebagian besar saling berhubungan, dengan beberapa node dengan hanya dua atau tiga koneksi, sedangkan topologi mesh penuh saling berhubungan sepenuhnya.

Topologi mesh dapat diandalkan dan stabil, dan tingkat interkonektivitas yang kompleks antar node membuat jaringan tahan terhadap kegagalan. Misalnya, tidak ada satu perangkat pun yang mati yang dapat membuat jaringan offline. Namun, setiap interkoneksi antar node memerlukan kabel dan konfigurasi setelah diterapkan, sehingga penyiapan juga dapat memakan waktu. Seperti struktur topologi lainnya, biaya pemasangan kabel bertambah dengan cepat.

6 dari 9 halaman

Topologi star

Topologi star adalah macam-macam topologi jaringan yang paling umum. Dengan topologi ini, semua perangkat terhubung ke sakelar pusat, yang memudahkan untuk menambahkan node baru tanpa me-reboot semua perangkat yang terhubung saat itu. Topologi ini membuat penggunaan kabel menjadi efisien dan mudah diatur.

Topologi star banyak digunakan karena mampu mengelola seluruh jaringan dengan mudah dari satu lokasi. Setiap node terhubung secara independen ke hub pusat, jika ada yang mati, sisa jaringan akan terus berfungsi tanpa terpengaruh. Di sisi lain, jika hub pusat mati, jaringan lainnya tidak dapat berfungsi. Tetapi jika hub pusat dikelola dengan benar dan dijaga dalam kondisi yang baik, ini seharusnya tidak menjadi masalah.

7 dari 9 halaman

Topologi ring

Topologi ring atau cincin adalah tempat di mana node disusun dalam lingkaran (atau cincin). Data dapat berjalan melalui jaringan ring dalam satu arah atau kedua arah, dengan setiap perangkat memiliki tepat dua tetangga.

Topologi Ring mudah dikelola dan dengan risiko tabrakan. Namun, meskipun populer, topologi ring masih rentan terhadap kegagalan tanpa pengelolaan jaringan yang tepat. Karena aliran transmisi data bergerak searah antara node di sepanjang setiap ring, jika satu node turun, itu dapat membawa seluruh jaringan bersamanya.

8 dari 9 halaman

Topologi tree

Topologi ini merupakan variasi dari topologi Star. Topologi tree memiliki aliran data yang hierarkis. Pada topologi ini, simpul pusat berfungsi sebagai semacam batang untuk jaringan, dengan simpul yang meluas ke luar dengan cara seperti cabang.

Karena struktur topologi tree sangat fleksibel dan dapat diskalakan, struktur ini sering digunakan untuk jaringan area luas untuk mendukung banyak perangkat yang tersebar. Seperti halnya topologi star, seluruh jaringan bergantung pada kesehatan simpul akar dalam struktur topologi pohon. Jika hub pusat gagal, berbagai cabang node akan terputus, meskipun konektivitas di dalam sistem cabang akan tetap ada.

9 dari 9 halaman

Topologi hibrid

Topologi hibrid menggabungkan dua atau lebih struktur topologi yang berbeda. Struktur hibrid paling sering ditemukan di perusahaan besar di mana masing-masing departemen memiliki topologi jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan jaringan mereka.

Keuntungan utama dari struktur hybrid adalah tingkat fleksibilitas yang mereka berikan, karena ada beberapa batasan pada struktur jaringan itu sendiri yang tidak dapat diakomodasi oleh penyiapan hybrid. Namun, setiap jenis topologi jaringan memiliki kekurangannya masing-masing, dan seiring dengan pertumbuhan jaringan dalam kompleksitas, begitu pula pengalaman dan pengetahuan yang diperlukan dari pihak admin untuk menjaga semuanya berfungsi secara optimal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini