Sukses

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal, Ini Format yang Benar

Cara membuat daftar pustaka dari jurnal yang wajib calon peneliti ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Menulis karya ilmiah seperti skripsi, jurnal, thesis, dan artikel harus paham cara membuat daftar pustakanya. Salah satuya cara membuat daftar pustaka dari jurnal, mengingat jurnal adalah salah satu sumber wajib dalam penulisan karya ilmiah.

Cara membuat daftar pustaka dari jurnal yang umum adalah menggunakan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit. Tanda pemisahnya menggunakan titik (.) kecuali kota dan penerbit menggunakan tanda titik dua (:).

Bukan cuma itu, ada dua style yang bisa diterapkan sebagai cara membuat daftar pustaka dari jurnal. Dua style yang dimaksud adalah APA Style dan MLA Style. Bisa disesuaikan dengan sumber jurnal, yakni jurnal online atau jurnal cetak.

Berikut Liputan6.com cara membuat daftar pustaka dari jurnal yang sudah diulas dari berbagai sumber, Minggu (28/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Tentang Jurnal

Jurnal adalah sebuah tulisan khusus yang membahas suatu hal tertentu, misalnya membuat sebuah artikel ilmiah pada sebuah bidang ilmu tertentu.

Jurnal adalah tulisan yang dibuat oleh orang yang kompeten dalam bidangnya. Diterbitkan oleh sebuah instansi maupun lembaga.

Beberapa orang menafsirkan jurnal sebagai sebuah buku, surat kabar harian, dan diartikan pula sebagai majalah khusus. Dalam mengutip informasi dari jurnal untuk penulisan daftar pustaka, sangat sederhana.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara membuat daftar pustaka dari jurnal, umumnya dengan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit.

Untuk tanda pemisah dari cara membuat daftar pustaka dari jurnal yang umum, menggunakan titik (.) kecuali kota dan penerbit menggunakan tanda titik dua (:).

Untuk instansi tertentu atau universitas biasanya punya panduan khusus tentang format kepenulisan. Berikut cara membuat daftar pustaka dari jurnal yang umum:

1. Penulisan nama dibalik dan dipisah dengan tanda koma.

2. Nama depan cukup ditulis dengan huruf pertamanya saja. Cara menulis daftar pustaka pada penulisan nama pengarang tanpa menggunakan gelar.

3. Penulisan nama pengarang lebih dari satu orang menggunakan tanda koma untuk memisahkannya.

4. Tulis tahun penerbitan jurnal.

5. Penulisan Judul artikel jurnal tidak dicetak miring.

6. Judul jurnal ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf awalnya.

7. Nama jurnal beserta volumenya dicetak miring.

8. Tuliskan edisinya jika ada. Tambahkan juga alamat artikel jurnalnya jika mengambil dari internet.

9. Daftar pustaka disusun berdasarkan alfabet.

10. Jarak antar judul 1.5-2

11. Sambungan daftar pustaka menjorok ke dalam 5-7 ketukan dan spasi 1

12. Jika ada nama penulis yang memiliki lebih dari satu judul artikel jurnal, tulis satu kali saja.

13. Namun, pada judul kedua beri tanpa (______) lalu tulis sesuai formatnya.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal dengan APA Style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association, cara membuat daftar pustaka dari jurnal ini biasanya digunakan dalam bidang psikologi, filsafat, ilmu safar, linguistik, antropologi, artificial intelligence atau kecerdasan buatan, akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pendidikan, politik, sejadah, dan sosiologi.

Format APA Style:

Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada).

1. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal untuk satu penulis:

Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

2. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal untuk dua atau tiga penulis:

Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balinese spatial orientation. Journal of Royal AnthropologicalInstitute, 4, 689-731.

3. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal untuk lebih dari tujuh penulis:

Yonkers, K. A., Ramin, S. M., Rush, A. J., Navarrete, C. A., Carmody, T., March, D., . . . Leveno, K. J. (2001). Onset and persistence of postpartum depression in an inner-city maternal health clinic system. American Journal of Psychiatry, 158(11), 1856-1863. doi:10.1176/appi.ajp.158.11.1856

4. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal dari online atau internet dengan DOI:

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

5. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal dari online atau internet tanpa DOI:

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age" of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 44(6), 889-915. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(issn)14678535;jsessionid=956132f3de76eeb120577e99ee74ce9c.f04t01.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal dengan MLA Style

MLA style atau Modern Languange Association dibuat sangat sederhana dan cukup mudah bila dibandingkan cara membuat daftar pustaka dari jurnal lainnya.

Cara memuat daftar pustaka dari jurnal gaya MLA biasanya digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka bidang seni, bahasa, sastra, bidang agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu alamiah dasar, dan ilmu budaya dasar.

Format MLA Style:

Nama akhir, Nama awal."Judul artikel". Nama jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi):Media.

1. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal untuk satu penulis:

Jonathan, Karim. “Beyond Growth: Library and Development." Annals of Library Research 40. 5 (2015): 1111‐1130. Print.

2. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal untuk dua atau tiga penulis:

Smith, John, Jane Doe, and Bob Anderson. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

3. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal untuk lebih dari 3 penulis:

Smith, John, et al. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

4. Contoh cara membuat daftar pustaka dari jurnal dari online atau internet:

Jobe, Karen D. “Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon.” Kairos 5.2 (2000): n. pag. Web. 23 Mar. 2005.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Jurnal

Ada dua jenis utama jurnal yaitu jurnal cetak dan jurnal online. Jurnal cetak adalah sebuah artikel atau tulisan yang ditulis oleh seorang penulis atau beberapa penulis dan disebarkan dengan dicetak.

Jenis jurnal yang kedua adalah jurnal online. Jurnal online adalah sebuah tulisan atau makalah yang tidak dicetak melainkan diterbitkan di laman internet atau online. Jurnal online juga harus diakses menggunakan jaringan internet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.