Sukses

Preposition adalah Kata Penghubung Objek dalam Kalimat, Kenali Jenisnya

Preposition menunjukkan hubungan suatu object of preposition dengan kata lain dalam sebuah kalimat.

Liputan6.com, Jakarta Preposition adalah kata yang biasanya terdapat di depan nomina, misalnya dari, dengan, di, ke. Preposition dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan preposisi atau kata depan. Preposition merupakan salah satu dari 8 part of speech dalam bahasa Inggris. 

Preposition adalah kata penghubung yang biasanya digunakan untuk menerangkan tempat, arah, waktu, posisi, dan lain sebagainya. Preposisi yang paling sering digunakan dalam berbagai kalimat adalah “on”, “in”, dan “at”. Ketiga preposisi ini bisa digunakan untuk menjelaskan arah, waktu, tempat, dan posisi.

Preposition menunjukkan hubungan suatu object of preposition dengan kata lain dalam sebuah kalimat. Object of preposition tersebut dapat berupa noun, pronoun, gerund, atau noun clause. Ada beberapa aturan dalam penggunaan proposition yang perlu kemu pahami agar tidak salah dalam menggunakannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/3/2021) tentang preposition.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Preposition adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, preposition adalah salah satu part of speech dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pahami. Preposition adalah kata penghubung yang biasanya digunakan untuk menerangkan tempat, arah, waktu, posisi, dan lain sebagainya.

Ada 8 part of speech dalam bahasa Inggris, yaitu Noun (kata benda), pronoun (kata ganti), adjective (kata sifat), verb (kata kerja), adverb (kata keterangan), conjunction (kata sambung), preposition (kata depan), interjection (kata seru). Preposition adalah kata depan, yang bertujuan untuk memperkuat kata-kata yang ada setelahnya.

Preposition adalah kata yang biasanya memiliki posisi di depan sebelum kata benda, kata kerja, dan kata keterangan lainnya. Preposition adalah kata yang memiliki banyak sekali fungsi. Di antaranya menyatakan tempat, arah, asal, tujuan, perbandingan, sebab-akibat, dan lain sebagainya.

Satu hal yang pasti, kata depan berguna untuk menandai hubungan makna dengan kata di belakangnya. Namun, untuk aturan penggunaanya berbeda-beda.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Preposition

Ada beberapa macam atau jenis preposition, yaitu preposition of time, preposition of place, hingga preposition of movement. Penjelasan macam-macam preposition adalah sebagai berikut:

Preposition of Time (Waktu)

Preposition of time adalah preposition yang digunakan untuk menunjukkan waktu. Contoh preposition of time di antaranya, on, in, at, before, after, during, by, for, from, since, to, until, over, past, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat preposition of time:

- I want to stay here for 2 months. (Saya ingin tinggal di sini selama 2 bulan)

- My brother born in may. (Adikku lahir di bulan Mei)

 

Preposition of Place (Tempat)

Preposition of place adalah prsposisi atau kata depan yang digunakan untuk menunjukkan tempat atau posisi. Contoh preposition of place adalah above, alongside, among, around, at, behind, beside, below, beneath, between, in, inside, in front of, next to, near, under, underneath, by, on, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat preposition of place:

- There are many foods on the table. (Ada banyak makanan di atas meja)

- I run near her house everyday. (Aku berlari di dekat rumahnya setiap hari)

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Preposition

Preposition of Movement (Pergerakan)

Preposition of movement adalah preposition atau kata depan yang digunakan untuk menunjukkan gerakan. Contoh preposition of movement di antaranya adalah around, down, inside, into, by, away from, onto, out of, over, to, toward, up, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat preposition of movement:

- My cat always sleeping inside my room. (Kucingku selalu tidur di kamarku)

- I run toward the finish line to win the competition. (Aku berlair menuju garis finish demi memenangkan kompetisi)

 

Preposition Lainnya

Selain itu ada pula macam-macam preposition lainnya, seperti preposition of manner preposition of purpose, dan preposition of quantity.

Preposition of manner menunjukkan hubungan “cara” antara objek-nya dan kata-kata yang lain di dalam suatu kalimat. Contohnya adalah by, wit, without, like, on, dan in. Contoh kalimatnya, “My best friend moved to other school without telling me”. (Temanku pindah ke sekolah lain tanpa mengatakannya padaku).

Sementara itu, preposition of purpose adalah preposisi yang menunjukkan hubungan tujuan antara objek-nya dan kata-kata lain di dalam suatu kalimat. Contohnya adalah for. Contoh kalimatnya, “Do you want apple for breakfast?” (Apakah kamu mau apel untuk sarapan?).

Terakhir, preposition of quantity atau measure, yaitu kata depan dalam bahasa Inggris yang menunjukkan hubungan “kuantitas” atau “ukuran” antara objek-nya dan kata-kata yang lain di dalam suatu kalimat. Biasanya preposition ini digunakan untuk menjawab pertanya seperti How much? atau How Long? Contohnya adalah for dan by. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut: We sell fabric by the yard. (Kami menjual kain per yard).

Preposition adalah salah satu part of speech yang sangat penting untuk kamu pahami dalam belajar bahasa Inggris. Untuk itu, mengenali macam-macamnya sangat penting sebagai pemahaman kamu berbahasa Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini