Sukses

Tolak Mengemis, Viral Bocah Jadi Pengarah Foto Wisatawan Ini Banjir Pujian

Bacah laki-laki yang mengakui tak mau mengemis ini banjir pujian netizen.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna media sosial mendadak dibuat takjub dengan aksi seorang bocah laki-laki di Semarang. Sebuah video viral di TikTok dengan akun @gurucerdas yang memperlihatkan sosok bocah laki-laki yang menawarakan diri sebagai fotografer dan pengarah gaya bagi para wisatawan.

Melalui akun TikTok tersebut, bocah yang menjadi pengarah foto di Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, ini jadi viral di media sosial. Bocah bernama Kaka ini menjajakan jasa foto kepada pengunjung kawasan wisata tersebut.

Berbeda dari fotografer lainnya yang punya kamera sendiri, ia memotret menggunakan gadget milik orang yang ingin difoto. Dalam video yang diunggah akun TikTok @gurucerdas, pada Kamis (25/3/2021), Kaka terlihat terampil mengarahkan gaya dan memotret kliennya. Si pemilik akun sempat bertanya pada Kaka alasan ia menjadi pengarah gaya. 

"Memotret ini karena hobi atau tuntutan ekonomi atau daripada nganggur?" tanya pemilik akun @gurucerdas.

"Yang nomor satu sama dua itu, ekonomi sama hobi juga," ungkapnya dalam video yang telah ditonton 436,5 ribu kali tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Mau Mengemis dan Ngamen

Dalam keterangan di video TikTok tersebut, Kaka tidak mematok harga dari jasanya itu. Ia menerima berapapun harga yang diberikan oleh orang yang ia foto. Selain itu, Kaka mengungkapkan jika pernah diajak temannya untuk mengamen dan mengemis. Namun dirinya menolak.

"Apa daripada di Kota Lama kayak orang miskin, mending ngamen aja. Lah aku bilang gini, kan temen saya ada yang bilang gitu, selagi masih bisa berdiri ngapain ngemis," ujarnya.

Di video lainnya, bocah ini mengaku ingin sekali ikut lomba fotografi. Namun sayangnya, dirinya tak memiliki kamera sendiri yang mendukung hobinya itu. 

@gurucerdas

mari bantu @semarangfotografy menemukan konsumen jasanya dan donatur yang berkenaan bantu dia mendapatkan kamera sebagai alat kerjanya. #fotography

♬ 100 Ways - Jackson Wang
3 dari 4 halaman

Banjir Pujian Netizen

Dari beberapa video yang diunggah oleh pemiik akun @gurucerdas, sosok Kaka ini pun langsung banjir pujian dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang memuji sikap Kaka yang terbilang masih anak-anak tersebut. Ada pula yang berharap Kaka bisa mendapatkan baantuan kamera untuk meneruskan hobinya itu.

"diaa udah punya basic nya plis jangan saampe dia gabisa jadi fotografer grgr kehambat alat" tulis akun buahbuahan.

"adek kecil itu emng sering bgt fotoin fikota lamaa bisa ngarangin gaya jg, soalnyaa aaku org situ rumaahku dket kotlam," imbuh lalaaam.

"keren haasilnya untuk anak umur segitu" timpl Indri Lestarie.

"masya Allah... dia mengarahkan gaya juga lho... wah perlu diviralin ini. Semoga jd fotografer terkenal nanti, aaamiin." saut rhkn.

@gurucerdas

Balas @ayy8863 #anakberkembangsesuaibakat #semarangkotalama #fotografercilik #anakberbakatindonesia

♬ original sound - Guru Merdeka - Guru Merdeka
4 dari 4 halaman

Bertemu Wali Kota Semarang

@gurucerdas

#stitch dengan @hendrar_prihadi #semarangkotalama #anakberkembangsesuaipassionnya #anakmandiri

♬ original sound - Guru Merdeka - Guru Merdeka

Viral di media sosiaal, Kaka kabarnya berkesempatan bertemu dengaan Wali Kota Semarang. Bocah itu diundang oleh Hendrar Prihadi, usai banyak netizen yang membuatnya kian dikenal luas.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, ini juga meminta Kaka untuk mengarahkan gaya dan memotretnya. Ia juga sempat berbicaara banyak dengan bocah pengarah foto yang sering ditemui di Kota Lama.

"Nanti kalau punya uang, mau nabung buat beli kamera juga," kata Kaka saat diundang.

"Handphone yang ada kamera, atau kameranya?" tanya Hendi.

"Ya bisa, pertama harus kalau buat telepon itu handphone dulu," tuturnya.

"Jadi kalau bisa handphone yang ada kameranya? O beres, tos dulu," jawab Hendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.