Sukses

6 Cara Membuat Halaman di Microsoft Word, Simak Langkahnya

Cara membuat halaman di Microsoft Word di mulai dari angka romawi sampai numerik biasa.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat halaman di Microsoft Word bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Pembuatan halaman sangat penting untuk pelengkap karya tulis. Halaman biasanya dibuat paling akhir untuk disematkan dalam daftar isi.

Microsoft Word merupakan software andalan untuk membuat karya tulis. Tak heran bila setiap cara membuat halaman, pasti yang diandalkan adalah software dengan logo W berwarna biru ini.

Kurang lebih ada enam cara membuat halaman di Microsoft Word yang bisa diikuti. Di mulai dari membuat halaman bagian utama dengan angka romawi. Sampai pada bagian cara membuat halaman dengan angka numerik biasa.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat halaman di Microsoft Word dari berbagai sumber, Rabu (31/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word bagian Pertama

Cara membuat halaman di Word bisa mulai dari bagian sampul dan halaman pengantar seperti kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain sebagainya.

Untuk mengatur nomor halaman tersebut, ini cara membuat halaman di Microsoft Word:

1. Klik Insert

2. Page Number

3. Bottom of Page

4. Lalu pilih mana letak nomor yang diinginkan

Untuk menghilangkan nomor halaman pada sampul. Cukup mudah, ini cara membuat halaman di Microsoft Word:

1. Klik Insert

2. Header

3. Edit Header

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word bagian Kedua

Bila sudah, cara membuat halaman di Microsoft Word selanjutnya akan muncul tampilan Tab Design. Cukup centang Different First Page untuk menghilangkan halaman pada sampul.

Hapus nomor halaman yang terdapat pada halaman sampul dan klik Close Header and Footer. Apabila halaman yang muncul bukan angka romawi kecil, cukup lakukan langkah sederhana. Cara membuat halaman di Microsoft Word:

1. Insert

2. Page Number

3. Format Page Numbers

Pada jendela Page Number Format ubah Number Format menjadi i, ii, iii, dan seterusnya. Masukkan ke kolom Start at dengan “i” lalu klik Ok untuk menyimpan perubahan.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word bagian Ketiga

Ditujukan untuk mengatur halaman pada isi konten yang terdiri dari beberapa bab. Pada cara membuat halaman di Microsoft Word ini, format nomor halaman yang digunakan berbeda dari sebelumnya.

Apabila sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, untuk cara membuat halaman di Microsoft Word ini akan menggunakan penomoran numerik biasa.

Secara umum, pemberian nomor halaman pada isi konten pembagiannya cukup berbeda. Sebagai contoh, pada “Judul Bab” posisinya akan diletakkan pada bagian tengah bawah, lalu isi bab akan diletakkan pada bagian kanan atas.

Cara membuat halaman di Microsoft Word:

1. Buat “Section” baru. Jika tidak membuat “Section” baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut berubah.

2. Klik halaman judul bab pertama, kemudian Klik Page Layout > Breaks > Continous.

3. Selanjutnya, sangat diperlukan menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya, tujuannya agar halaman menjadi berbeda. Klik Insert > Header > Edit Header

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word bagian Keempat

Pengguna akan dialihkan ke Tab Design, di mana pada bagian ini Anda bisa klik Link to Previous. Tentu saja bila tombol tersebut dalam keadaan aktif dan memang bertujuan untuk menonaktifkannya.

Sampai akhirnya cara membuat halaman di Microsoft Word sampai pada background menjadi putih. Untuk menambahkan halaman di Word, cara membuat halaman di Microsoft Word bisa mengikuti langkah Klik Page Number > Top of Page > Plain Number 3.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word bagian Kelima

Halaman yang telah dibuat ini seluruhnya terletak pada bagian kanan atas. Apabila cara membuat halaman di Microsoft Word masih membutuhkan halaman judul bab yang berada di tengah bawah, maka Anda perlu melakukan langkah tambahan.

Cara membuat halaman di Microsoft Word:

1. Masih di tab Design

2. Centang Different First Page

3. Hapus nomor halaman yang ada di kanan atas dari halaman judul bab tersebut

4. Klik Page Number

5. Bottom of page

6. Page Number 2

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word bagian Keenam

Cara membuat halaman di Microsoft Word ini berfungsi untuk meneruskan ke bab 3 dan seterusnya. Bedanya, harus mengatur agar nomor halamannya tetap dilanjutkan dari halaman sebelumnya.

Cara membuat halaman di Microsoft Word:

1. Klik pada halaman bab 2 dan seterusnya

2. Klik Insert

3. Page Number

4. Format Page Number

5. Lalu pada jendela Page Number Format klik Continue from previous section

6. Klik OK

Langkah terakhir adalah cara membuat halaman untuk Daftar Pustaka dan Lampiran. Cara membuat halaman di Microsoft Word bagian ini sama dengan yang sebelumnya. Hanya perlu membuat section baru terlebih dahulu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini