Sukses

24 Cara Mengobati Asam Lambung, Tidak Harus dengan Obat

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati asam lambung bisa di mulai dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Memperbaiki pola hidup dengan mengontrol emosi dan pikiran. Asam lambung yang naik tidak selalu dari pola makan, tetapi pikiran juga.

Cara mengobati asam lambung yang tepat adalah dengan mengontrol derajat keasamannya, bukan menetralisir. Asam lambung yang naik dapat menyebabkan luka. Asam lambung merupakan senyawa disinfektan yang terdiri dari asam klorida, natrium klodira, dan kalium klorida.

Hal ini yang membuat cara mengobati asam lambung penting diketahui dan dipraktikkan. Apabila senyawa tersebut menumpuk di lambung maka sensasi terbakar di dada, radang tenggorokan, sering sendawa, dan bau mulut akan menjadi sinyalnya.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati asam lambung dari berbagai sumber, Rabu (31/3/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Makanan

Sayuran Hijau

Cara mengobati asam lambung bisa dengan sayuran hijau. Bahan makanan ini dikenal mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga derajat keasaman lambung.

Sayuran hijau kaya serat dan tidak mengandung lemak serta gula. Hal ini yang membuat sayuran hijau cocok untuk obat asam lambung alami. Mengonsumsinya juga dapat melancarkan sistem pencernaan secara alami.

Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang menyegarkan karena kandungan airnya sangat banyak. Mengonsumsinya dapat membantu menghidrasi tubuh secara alami, sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Cocok dijadikan cara mengobati asam lambung.

Kandungan air yang melimpah di dalamnya dapat membantu menetralkan keasaman di dalam lambung. Pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsi karena berisiko bikin diare.

Melon

Buah melon dapat dijadikan sebagai cara mengobati asam lambung. Buah hijau yang kaya air ini memiliki kandungan basa yang cukup tinggi.

Sifat basa buah melon berasal dari kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium yang terkandung dalam buah melon adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam obat untuk sakit maag.

Apel

Mengonsumsi buah apel dapat meredakan masalah asam lambung. Cara mengobati asam lambung dengan apel sangat ampuh. Buah ini dikenal memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan kalium.

Ketiganya dipercaya dapat menetralisir derjat keasaman lambung yang berlebihan.

Untuk merasakan manfaat obat asam lambung alami ini, sebaiknya pilih buah apel merah dengan rasa yang manis. Bagi penderita asam lambung, sebaiknya mengonsumsi buah apel setelah makan atau sebelum tidur. Pastikan konsumsi dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

3 dari 7 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Minuman

Air Putih

Cara mengobati asam lambung dengan air putih sangat sederhana. Mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh mampu menyeimbangkan kadar pH. Selain konsumsi semangka dan melon, air putih lebih dianjurkan.

Mencukupi jumlah air putih di dalam tubuh akan membuat pH lambung lebih seimbang dan bisa membantu usus bekerja lebih cepat. Sistem pencernaan juga menjadi lebih lancar dan terhindar dari masalah sembelit.

Minum air putih jauh lebih baik dibandingkan susu untuk mencegah potensi naiknya asam lambung. Selain itu, air putih dapat membantu proses hidrasi dan proses pencernaan.

Jahe

Nikmatnya konsumsi rempah-rempah seperti jahe memang tidak ada tandingannya. Siapa yang menyangka ternyata jahe dapat dijadikan cara mengobati asam lambung.

Rempahan Indonesia satu ini baik untuk penderita asam lambung. Antiradang yang terkandung di dalam jahe mampu untuk mengatasi pencernaan. Jadi bagi penderita maag dan GERD bisa mengonsumsinya untuk pemulihan.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat dijadikan cara mengobati asam lambung. Ada kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya yang berguna memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

Lidah buaya mengandung saponin yang mempunyai kemampuan antiseptic. Sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Permen Karet

Permen karet modern terbuat dari karet dari campuran getah atau damar dan chicle. Cara mengobati asam lambung bisa dengan camilan yang satu ini. Sebuah penelitian di Journal of Dental Research menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan untuk menetralisir asam lambung tinggi.

Penelitian tersebut semakin diperkuat dengan adanya penelitian lain yang dilakukan Rebecca Moazzez dari Kings College di London, Inggris, yang menyatakan bahwa mengunyah permen karet selam 30 menit setelah mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat mengurangi peluang asam lambung naik ke kerongkongan.

4 dari 7 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Pola Hidup

Menurunkan Berat Badan

Cara mengobati asam lambung bisa dengan menurunkan berat badan. Memiliki berat badan di atas rata-rata merupakan salah satu faktor asam lambung naik. Maka dari itu menurunkan berat badan menjadi ideal sangat dianjurkan untuk pemulihan.

Mulai hindari makanan berlemak, karena selain meningkatkan berat badan, konsumsinya tidak baik untuk lambung. Makanan dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah untuk menekan asam lambung.

Hindari Makan Berlebihan

Mulai hindari kebiasaan makan berlebihan sebagai cara mengobati asam lambung. Ketika proses makan, kerongkongan akan terbuka hingga ke perut. Ada otot berbentuk cincin yang bertugas sebagai katup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Bagi penderita asam lambung, otot ini akan melemah ketika proses makan terjadi. Maka dari itu sebaiknya hindari makan dalam jumlah yang banyak. Melakukannya justru akan memperburuk keadaan asam lambung yang naik.

Penderita yang sudah memiliki riwayat asam lambung perlu memperhatikan posisi tubuhnya setelah makan. Beri jeda beberapa saat agar makanan yang masuk, tidak keluar kembali melalui tenggorokan, hindari tidur setelah makan.

Oatmeal

Cara mengobati asam lambung dengan oatmeal bisa dijadikan pilihan. Oatmeal mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolestrol, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Diketahui bahwa asam lambung bisa meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis. Oleh sebab itu, obat asam lambung alami seperti oatmeal sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan ini dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita asam lambung.

Madu

Cara mengobati asam lambung bisa pakai madu. Agar bisa merasakan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi madu sebanyak 1 sendok teh setiap harinya. Bisa juga dengan mencampurkan madu bersama segelas air hangat atau teh.

Meski begitu, batasi juga konsumsinya karena kandungan gula dalam madu cukup tinggi. Efek sampingnya akan semakin buruk jika dikonsumsi penderita diabetes.

5 dari 7 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Herbal

Peppermint

Cara mengobati asam lambung dengan pappermint dapat dijadikan pilihan. Peppermint memiliki efek antipasmodik. Efek ini mampu meredam mual, muntah, gangguan pencernaan, dan maag. Cobalah untuk mengonsumsi secangkir teh peppermint setelah makan.

Meski begitu, cara mengobati asam lambung dengan pappermint hanya dianjurkan untuk mengatasi masalah refluks. Sebab, peppermint dapat mengendurkan katup pada bawah esofagus. Pappermint tidak dianjurkan untuk kenaikan asam lambung karena penyakit GERD.

Cuka Apel

Cuka apel dipercaya mempu meredakan kenaikan asam lambung. Tidak heran jika banyak yang menjadikan cuka apel sebagai cara mengobati asam lambung. Namun, sebenarnya belum ada penelitian lebih lanjut mengenai fungsi ini. Beberapa kasus mungkin akan membuat nyeri dada akibat asam lambung semakin terasa.

Ketika muncul sensasi panas pada ulu hati dan dada, sebaiknya konsumsi cuka apel harus dihentikan. Akan lebih baik lagi jika bisa mengonsultasikannya dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi obat alami ini. Sebab, cuka apel hanya mampu menurunkan kadar asam lambung kronis bukan karena GERD.

Melon

Melon ampuh meredakan asam lambung. Seperti pisang, melon adalah buah lain yang mengandung basa. Kamu bisa memakannya langsung atau diolah menjadi jus. Selain melon, blewah dan semangka juga baik dikonsumsi pengidap asam lambung.

Licorice

Licorice termasuk jenis akar Glycyrrhiza glabra. Cara mengobati asam lambung dengan licorice dapat dijadikan pilihan. Kandungan dalam licorice dapat membantu menebalkan lapisan mukosa pada esofagus.

Hal ini membuat iritasi dari kenaikan asam lambung pada kerongkongan dapat dihindari. Licorice juga bisa membantu meredakan peradangan di saluran pencernaan dan tukak lambung.

Cobalah untuk mengonsumsi teh yang diolah dari akar licorice. Meski begitu, batasi juga konsumsinya. Sekitar 2.5 gram setiap harinya. Sebab, tanaman ini bisa mengakibatkan kadar natrium dan kalium tubuh tidak seimbang. Sehingga akan memicu tekanan darah tinggi.

6 dari 7 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Buah

Persik

Buah persik dapat dijadikan cara mengobati asam lambung. Kandungan asam dari buah persik tergolong rendah dan baik dikonsumsi pengidap refluks asam lambung. Buah ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12 dan C. Buah ini juga dikenal baik untuk membantu menangani diabetes, masalah kulit, dan kanker kolorektal.

Pepaya

Buah yang ampuh meredakan asam lambung berikutnya adalah pepaya. Cara mengobati asam lambung dengan pepaya sangat mudah. Buah ini mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Pepaya mengandung enzim papain yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sensasi terbakar di dada.

Buah Ara

Buah ara pun baik untuk pencernaan, khususnya dalam mengurangi gejala asam lambung. Cara mengobati asam lambung dengan buah ara sangat mudah dan aman. Buah ini mengandung gula alami, mineral, kalium, kalsium, dan zat besi.

Kandungan seratnya membantu pergerakan usus sehingga berguna mengobati gangguan pencernaan. Selain mengurangi gejala asam lambung, buah ara juga berguna untuk mencegah sembelit.

Pir

Pir memiliki kandungan keasaman 3.5 hingga 4.6 yang memenuhi syarat sebagai buah yang bermanfaat untuk menurunkan keasaman di perut. Juga, kandungan serat dan pektin didalamnya akan mencegah perut untuk terkena serangan asam.

7 dari 7 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung Lainnya

Tarik Nafas Dalam-Dalam

Saat bernapas, cara mengobati asam lambung cobalah menarik oksigen dalam-dalam. Kadar udara yang masuk dapat dikontrol dengan menarik napas panjang atau secara dalam. Kadar udara ini dapat menguatkan otot-otot yang berada di bawah tenggorokan, sehingga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung.

Konsumsi Obat

Cara mengobati asam lambung bisa pula dengan mengonsumsi obat. Pilih obat yang diformulasi dengan Hydrotalcite, Magnesium Hydroxide, dan Simethicone. Ketiganya bekerja cepat dalam meredakan gejala sakit mag dan asam lambung, seperti perih, nyeri ulu hati, mual, dan kembung.

Meminimalkan Stres

Menurut sebuah penelitian, tingkat stres dapat secara signifikan meningkatkan sekresi asam lambung. Jika stres adalah penyebab naiknya asam lambung, coba cari tahu apa sumber stres dan lakukan sesuatu untuk menguranginya.

Hindari Tidur Setelah Makan

Cara mengobati asam lambung terakhir mulai hindari tidur setelah makan. Lebih baik berdiri setelah makan agar kamu tetap dapat mengontrol keberadaan makanan pada lambung dan jumlah produksi asam lambung. Kamu dianjurkan untuk tidak langsung dalam posisi tidur, paling tidak 2 atau 3 jam setelah makan.