Sukses

Cara Membuat Halaman Berbeda di Word untuk Skripsi, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat halaman berbeda di Word tidak sulit untuk dipraktikkan. Sebelum itu, kamu tentu harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara membuat halaman. Setelah itu, baru kamu bisa menerapkan cara membuat halaman berbeda dan mengubahnya sesuai keinginan.

Microsoft Word memiliki sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk membagi dokumen Word menjadi ke beberapa bagian sesuai dengan yang kamu butuhkan. Fitur tersebut disebut Section. Manfaat saat kamu menggunakan fitur ini adalah bisa membuat format halaman berbeda melalui Word.

Cara membuat halaman berbeda bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. Banyak orang yang masih bingung dengan hal ini, sehingga karya tulis yang dibuatnya menjadi tidak rapi dan memiliki penomoran halaman yang kuran enak dilihat.

Membuat halaman di Word tentu dimulai dari bagian sampul hingga lampiran. Pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh pekerjaan karya ilmiahmu yang ingin diberi halaman. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/3/2021) tentang cara membuat halaman berbeda.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word (Tahap 1)

Cara membuat halaman berbeda tentu harus dimulai dari awal. Bagian pertama, dimulai dari bagian sampul dan halaman pengantar seperti kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain-lain. Untuk mengatur halaman ini, silakan kamu klik bagian:

Insert > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 2.

Pengaturan bagian ini berfungsi untuk memberikan halaman dan meletakkannya di tengah bawah. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan dari yang sebelumnya tadi adalah menghilangkan nomor halaman pada sampul. Kamu bisa klik:

Insert > Header > Edit Header.

Maka dari situ akan ditampilkan tab Design, silakan centang Different First Page untuk menghilangkan halaman pada sampul. Setelah itu hapus nomor halaman yang terdapat pada halaman sampul. Kemudian klik Close Header and Footer.

Kalau halaman yang muncul bukan angka romawi kecil, kamu bisa klik:

Insert > Page Number > Format Page Numbers.

Kemudian pada jendela Page Number Format ubah Number format menjadi I, ii, iii, dan seterusnya. Ubah at: menjadi i. Setelah itu klik Ok untuk menyimpan perubahan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word (Tahap 2)

Selanjutnya kamu juga perlu mengatur halaman pada isi konten yang terdiri dari beberapa bab. Pada bagain ini akan menggunakan format nomor halaman yang berbeda dari sebelumnya. Kalau sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, sedangkan yang ini menggunakan nomor numerik biasa.

Umumnya pemberian nomor halaman pada isi konten ada pembagian yang berbeda. Contohnya untuk judul bab posisinya akan diletakkan di tengah bawah, dan isi bab diletakkan di kanan atas.

Cara membuat halaman di Word ini, pertama-tama kamu perlu membuat Section baru. Karena kalau kamu tidak membuat Section baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut terubah. Nah, untuk membuat section baru, kamu bisa klik pada halaman judul bab pertama, kemudian klik:

Page Layout > Breaks > Continous.

Selanjutnya kamu perlu menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya. Hal ini dilakukan guna agar halaman berbeda dari yang sebelumnya. Maka posisi hanya akan berlaku pada section itu saja dan tidak berlaku pada section sebelumnya. Cara menghapus keterkaitannya adalah dengan klik:

Insert > Header > Edit Header.

Kemudian kamu akan dialihkan ke Tab Design, di sini kamu bisa klik Link to Previous jika tombol tersebut dalam keadaan aktif untuk menonaktifkannya, sehingga background tersebut menjadi putih. Untuk cara menambahkan halaman di Word klik:

Page Number > Top of Page > Plain Number 3.

Halaman yang dibuat ini terletak pada kanan atas semua. Sementara kamu membutuhkan halaman judul bab berada di tengah bawah. Untuk itu, kamu perlu melakukan langkah tambahan. Masih di tab Design, centang Different First Page. Hapus nomor halaman yang ada pada kanan atas dari halaman judul bab tersebut. Selanjutnya klik:

Page Number > Bottom of page > Page Number 2.

Lakukan hal ini untuk meneruskan ke bab 3 dan seterusnya. Bedanya kamu harus mengatur agar nomor halamannya tetap dilanjutkan dari halaman sebelumnya. Silakan klik pada halaman bab 2 dan seterusnya kemudian klik:

Insert > Page Number > Format Page Number.

Pada jendela Page Number Format, klik Continue from previous section, kemudian OK.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word (Tahap 3)

Cara membuat halaman berbeda di Word untuk Daftar Pustaka dan Lampiran bisa kamu lakukan dengan membuat section baru. Cara membuat halaman di Word bagian ini sama dengan yang sebelumnya. Kamu perlu membuat section baru terlebih dahulu.

Setelah memahami tahap-tahap membuat halaman, kamu bisa menerapkan cara membuat halaman berbeda di Word dengan mudah.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Halaman Berbeda di Word pada Windows

Setelah mengenali cara membuat halaman, kamu juga bisa mengikuti cara membuat halaman berbeda di Word. Kamu bisa memilih format mana saja yang ingin kamu pakai. Seperti Liputan6.com kutip dari Microsoft Support, cara membuat halaman berbeda ini tidaklah sulit.

Berikut cara membuat halam berbeda di Word:

1. Pilih antara pendahuluan dan isi dokumen dan masuk ke Tata Letak > Hentian > Halaman Berikutnya.

2. Di header bagian isi, hapus pilihan Tautkan ke Sebelumnya. Jika Tautkan ke Sebelumnya sudah redup, periksa untuk memastikan bahwa hentian halaman sudah dibuat.

3. Di bagian pendahuluan, pilih Nomor Halaman lalu pilih lokasi dan gaya. Jika perubahan hanya memengaruhi halaman pertama bagian, pastikan Halaman Pertama Berbeda tidak dipilih.

4. Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, pilih Nomor Halaman > Format Nomor Halaman.

5. Lakukan salah satu atau kedua hal berikut:

- Pilih Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii untuk pendahuluan.

- Di bawah Penomoran halaman, pilih Mulai dari, lalu ketikkan nomor yang diinginkan untuk memulai bagian. Misalnya, mulai ulang penomoran di awal setiap bagian isi.

6. Pilih Tutup Header dan Footer, atau klik dua kali di mana pun di luar area header atau footer untuk keluar.

Itula cara membuat halaman berbeda yang perlu kamu ketahui. Hal ini tentunya diperlukan oleh kamu yang sedang membuat karya ilmiah dan berbagai pekerjaan lainnya.