Sukses

5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Manfaatnya Bagi Karyawan

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kini bisa dilakukan dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan penting diketahui. BPJS Ketenagakerjaan merupakan program yang dibentuk pemerintah untuk memberi perlindungan sosial ekonomi pada pekerja. Manfaat BPJS ketenagakerjaan bagi karyawan ini bisa dinikmati pekerja Indonesia yang bekerja di dalam maupun luar negeri.

Salah satu layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan adalah cek saldo BPJS. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini berguna bagi kamu yang ingin mengetahui berapa uang yang telah kamu simpan. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini juga bisa membantumu memantau keuangan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kini bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi mirip BPJS Ketenagakerjaan untuk cara cek saldo BPJS.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini bisa membantumu memanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan lebih baik lagi. Berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(1/04/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan Kecelakaan Kerja

Jaminan kecelakaan kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan memberi perlindungan atas risiko-risiko kecelakaaan yang terjadi dalam hubungan kerja. Ini termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya, hingga perjalanan dinas. Jaminan kesehatan ini juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Jaminan Kematian

Jaminan kmematian memberi manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja. Besar manfaat yang diberikan berkala 24 bulan sebesar Rp12 juta yang dibayar sekaligus. Jaminan Kematian juga menanggung biaya pemakaman sebesar Rp10 juta.

Jaminan Hari Tua

Tak hanya keselamatan selama bekerja, pekerja juga mendapatkan manfaat hari tua dari BPJS TK. Manfaat BPJS ketenagakerjaan ini juga cukup penting untuk memenuhi kesejahteraan di hari tua. Jaminan hari tua atau JHT merupakan manfaat berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan yang diatas bunga deposito.

Jaminan Pensiun

Selain mendapatkan jaminan hari tua, peserta juga akan mendapatkan jaminan pensiun. Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun.

3 dari 6 halaman

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dari aplikasi

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dari aplikasi yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan yang dinamai BPJSTK Mobile. Syarat yang diperlukan, berupa Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, Tanggal lahir, dan Nama. Untuk bisa melanjutkan prosesnya, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan pertama adalah mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile.

Setelah mengunduh aplikasi, lakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi dilakukan dengan beberapa syarat yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan selanjutnya dengan aplikasi adalah registrasi. Registrasi ditujukan agar peserta mendapatkan PIN. Kemudian Login ke akun BPJS dengan email dan PIN.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan kemudian login ke akun BPJS dengan email dan PIN. Lanjut untuk bisa langsung memilih fitur Saldo JHT, lalu Cek Saldo JHT. Informasi yang diinginkan akan muncul di layar ponsel.

4 dari 6 halaman

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dari website

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang kedua adalah melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang pertama dengan website adalah mendaftar terlebih dahulu. Lakukan proses pendaftaran dengan mengunjungi halaman website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Apabila sudah berhasil masuk, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan selanjutnya dengan menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ. Lakukan pengisian form secara lengkap dan klik Submit Data. Kemudian pemohon akan menerima SMS atau Email kode aktivasi.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dilanjutkan dengan Aktivasi Akun. Bila sudah menerima kode aktivasi maka masukan kode tersebut di halaman berikutnya, lalu pilih Submit. Kemudian pemohon akan menerima email untuk konfirmasi aktivasi akun.

Teruskan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan login akun BPJS. Setelah akun aktif, maka pemohon dapat mengunjungi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kemudian login dengan email dan PIN yang sudah didapatkan.

Langkah terakhir untuk cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan adalah pada pilihan Cek Saldo JHT. Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan, lalu klik SUMBIT. Maka jumlah saldo Jaminan Hari Tua akan ditunjukan. Jika memutuhkan informasi lainnya kamu dapat memilih menu lainnya seperti e-Klaim dan simulasi JHT.

5 dari 6 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dari SMS

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan SMS yang pertama adalah dengan membuka layanan SMS. Lanjutkan dengan mengisi pesan teks: DAFTAR (spasi) SALDO#NomorKTP#NAMA#Tanggal lahir#NomorPeserta, setelah itu kirim SMS ke 2757.

Untuk cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan, yakni menggunakan format tanggal lahir berupa dd-mm-yy. Setelah itu, pemohon akan menerima balasan SMS dari pihak BPJS yang berisi nomor ID pemohon.

Apabila sudah mendapatkan nomor ID, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan SMS bisa dengan membalas SMS tersebut dengan format SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, lalu kirim ke 2757. Kemudian pemohon akan langsung menerima balasan berisi saldo JHT.

Hal yang perlu diperhatikan adalah layanan ini hanya berlaku untuk nomor operator tertentu seperti XL, Telkomsel, dan Indosat. Bagi layanan operator yang lain, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan tidak bisa dengan nomor tujuan tersebut.

6 dari 6 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan ATM

Agar bisa menikmati cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan ATM, pastikan kalau pemohon termasuk nasabah BNI. Pemohon bisa cek saldo BPJS dari ATM BNI. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS untuk memberikan layanan cek saldo BPJS melalui ATM BNI.

Akan tetapi layanan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan di ATM BNI ini hanya khusus untuk mengecek saldo, tidak dapat untuk melakukan pencairan saldo tersebut. Cukup memilih pilihan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia.

Apabila cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan sudah dipraktikkan, maka mesin ATM akan menunjukan jumlah saldo yang pemohon miliki. Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan ini merupakan cukup praktis bagi nasabah BNI, tetapi tidak untuk masyarakat umum yang bukan nasabah BNI.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang bisa digunakan untuk alternatif terakhir adalah datang ke kantor BPJS. Jika pemohon tidak dapat menggunakan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lain, cara ini patut dijadikan pilihan.

Kalau pemohon langsung mengunjungi kantor BPJS, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan bisa langsung menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Petugas akan memberitahu jumlah saldo dan dapat mengeprint slip saldo BPJS.

Kekurangan dari cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan manual ini adalah lamanya antrian. Kemudian ketidakpraktisan untuk pergi ke kantor BPJS. Membutuhka waktu dan tenaga yang lebih banyak, cara ini sebenarnya tidak begitu direkomendasikan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.