Sukses

Interpretasi adalah Seni Menjelaskan, Ketahui Tujuan dan Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Interpretasi bisa dilakukan oleh semua orang sesuai dengan bidang penguasaan masing-masing. Interpretasi adalah seni menjelaskan sesuatu. Tak sekadar menjelaskan, tetapi memberikan gambaran, penafsiran, dan mampu memahamkan.

Peranan interpretasi dalam kehidupan sangat penting. Interpetasi adalah mampu meminimalisir kesalahpahaman dan kesalahan penafsiran. Interpretasi bisa dilakukan melalui lisan, tulisan, dan gerakan. Jenis-jenis interpretasi tak hanya satu macam.

Ada interpretasi cerpen, citra, sejarah, alam, data, musik, dan peta. Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan pengertian interpretasi adalah pandangan teoritis terhadap sesuatu. Kata tidak baku dari interpretasi adalah interprestasi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih lanjut tentang interpretasi adalah seni menjelaskan dari berbagai sumber, Jumat (2/4/2021).

2 dari 5 halaman

Interpretasi Menurut Para Ahli

Harold Walin dalam Fandeli (2005)

Interpretasi adalah suatu cara pelayanan untuk membantu kelompok sasaran supaya tergugah rasa sensitifnya dalam merasakan keindahan alam, variasinya dan hubungan lingkungan, rasa kagum dan mempunyai keingintahuan.

Freeman Tilde

Interpretasi adalah sebuah kegiatan yang memiliki sifat mendidik disertai maksud untuk mengungkapkan arti dan juga hubungan lewat perantara objek asli beserta pengalaman. Namun, media ini juga bisa digantikan oleh objek ilustrasi yang dapat memberikan informasi komunikasi secara faktual.

MacKinnon et al dalam Satyatama, dkk (2010)

Interpretasi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang seni dalam memberikan penjelasan tentang suatu kawasan (flora, fauna, proses geologis dan sebagainya) serta sejarah dan budaya masyarakat.

Kaelan

Interpretasi adalah seni yang memberikan gambaran tentang komunikasi tidak langsung. Akan tetapi maksud dari topiknya dapat dipahami dengan mudah.

Hamid (1996)

Interpretasi adalah terdiri dari informasi. Interpretasi adalah bukan apa yang anda sampaikan pada kelompok sasaran akan tetapi bagaimana cara anda menyampaikan informasi tersebut kepada kelompok sasaran.

Walin

Interpretasi adalah cara pelayanan yang membantu agar sebuah kelompok tertentu bisa tergugah rasa sensitifnya untuk merasakan keindahan alam sekitar, variasi, serta hubungan lingkungan. Dengan begitu nantinya orang-orang tersebut akan memiliki rasa keingintahuan dan kekaguman yang tinggi.

Satyatama (2008)

Interpretasi adalah suatu kegiatan bina cinta alam yang khusus ditujukan untuk pengunjung kawasan konservasi alam yang merupakan kombinasi dari pelayanan informasi, pelayanan pemanduan, pendidikan, hiburan dan promosi.

 

3 dari 5 halaman

Interpretasi adalah Seni Menjelaskan

Pengertian interpretasi adalah seni menjelaskan untuk memberikan gambaran pada suatu hal. Interpretasi adalah bentuk penafsiran dalam proses komunikasi. Interpretasi bisa dilakukan secara lisan, tulisan, dan gerakan.

Menurut pernyataan para ahli, interpretasi adalah bukan hanya berkaitan dengan logika. Interpretasi berkaitan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan bidang. Interpretasi adalah memiliki tujuan memahamkan lawan bicara, agar bisa berpikir dan tergugah hatinya untuk melakukan atau memahami sesuatu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menafsirkan intrepretasi adalah pemberian kesan dan pendapat. KBBI pun menjelaskan interpretasi adalah suatu pandangan teoritis terhadap sesuatu, dengan kata lain tafsiran. Bentuk kata tidak baku interpretasi adalah interprestasi.

4 dari 5 halaman

Tujuan Interpretasi

Meningkatkan Pemahaman

Tujuan interpretasi adalah meningkatkan pemahaman. Kata interpretasi ditafsirkan untuk menjelaskan mengenai suatu objek yang masih belum jelas. Hingga interpretasi membantu dalam meminimalisir ketidaksesuaian arti dan makna sesuatu.

Penggunaan Data

Tujuan interpretasi adalah mendorong dalam penggunaan sebuah data. Dalam melakukan interpretasi, analisis dilakukan untuk memberikan penjelasan.

Analisis hanya bisa dilakukan bila data bisa ditemukan dan digunakan dengan benar. Interpretasi adalah mampu mendorong sebuah penjelasan logis karena basisnya data.

Meminimalisir Salah Tafsir

Tujuan interpretasi adalah bukan hanya menjelaskan, tetapi membantu meminimalisir salah tafsir sesuatu. Hal ini selaras dengan makna interpretasi yang merupakan seni menjelaskan, menggambarkan, dan menjelaskan sesuatu.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Interpretasi

1. Interpretasi cerpen, menggambarkan atau menafsirkan makna-makna tersirat dalam sebuah cerita pendek. Penafsiran pesan yang ingin disampaikan pengarang dan fakta yang ada di kehidupan nyata.

2. Interprerasi citra, menganalisis gambar untuk melakukan identifikasi pada suatu objek. Hal ini mengacu pada penginderaan jarak jauh. Modalnya adalah bayangan, warna, tekstur, ketinggian, pola, lokasi, bentuk, dan situasi.

3. Interpretasi sejarah, menafsirkan data yang berkaitan dengan sejarah. Interpretasi ini biasanya akan memunculkan sebuah subjektivitas. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah latar belakang dan sudut pandang pelaku interpretasi.

Menurut Gilbert J. Garraghan interpretasi sejarah dibedakan menjadi 5 jenis yaitu:

- Interpretasi verbal

- Interpretasi psikologis

- Interpretasi logis

- Interpretasi teknis

- Interpretasi faktual

4. Interpretasi alam, memberikan gambaran yang bekaitan dengan alam. Biasanya ditujukan untuk pendidikan, hiburan, informasi, promosi, panduan, dan pelayanan.

5. Interpretasi data, menggambungkan data-data untuk menciptakan sebuah makna tertentu. Makna inilah yang nantinya dijadikan sebuah jawaban atas persoalan yang membutuhkan interpretasi.

6. Interprerasi musik, menafsirkan apapun yang diinginkan komposer musik. Mengombinasikan ekspresi, perasaan, sejarah, sampai gambaran sosial.

7. Interpretasi peta, mengartikan sebuah simbol yang ada dalam peta. Biasanya berupa gunung, laut, jalan, danau, sawah, dan masih banyak lagi.