Sukses

10 Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu Pertama yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda kehamilan 1 minggu pertama memang jarang sekali terlihat ataupun dirasakan. Kehamilan merupakan salah satu berita menggembirakan yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Tak heran jika banyak yang ingin mengetahui secepatnya, yaitu dengan berusaha memperhatikan tanda-tanda hamil 1 minggu pertama.

Umumnya, gejala kehamilan akan dimulai saat seorang wanita terlambat haid, yaitu sekitar minggu ke empat kehamilan. Saa itu, sebagian wanita akan merasakan kram perut serta bercak darah, disusul mual, muntah, dan gejala awal kehamilan lain pada minggu-minggu berikutnya.

Membahas lebih jauh mengenai tanda-tanda hamil muda 1 minggu pertama, berikut Liputan6.com rangkum infomasi tersebut dari berbagai sumber, Sabtu (3/4/2021).

2 dari 4 halaman

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Telat Haid

1.  Sering buang air kecil

Tanda-tanda hamil 1 minggu pertama adalah sering buang air kecil. Jika diamati, tanda-tanda kehamilan di awal akan membuat wanita lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

2.  Mudah lelah

Rasa mudah lelah tanpa sebab seringkali muncul di awal gejala kehamilan. Kelelahan umumnya terjadi karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh, meningkatnya detak jantung, dan perubahan di sistem metabolisme tubuh. Hindari mengatasi kelelahan ini dengan mengonsumsi kafein karena bisa membahayakan janin.

3.  Munculnya bercak darah

Tanda-tanda hamil 1 minggu pertama selanjutnya adalah munculnya bercak darah. Munculnya bercak darah yang keluar dari vagina merupakan tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid yang wajib diketahui para ibu muda. Bercak darah yang keluar menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

4.  Sering mual dan muntah

Mual dan muntah seringkali menjadi tanda-tanda hamil muda 1 minggu pertama. Hal ini biasanya terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama tidur. Untuk mencegahnya, jangan biarkan perutmu kosong. Berusaha makan dengan cara sedikit demi sedikit namun sering.

5.  Sensitif terhadap aroma tertentu

Tanda-tanda hamil 1 minggu pertama adalah munculnya rasa mual karena sensitif terhadap aroma tertentu. Hal ini terjadi karena indera penciuman yang lebih tajam dari biasanya.

3 dari 4 halaman

Tanda-tanda Kehamilan Muda 1 Minggu Pertama

6.  Kram perut

Saat minggu pertama setelah terjadi konsepsi atau pertemuan sel telur dan sel sperma, kram perut akan terjadi. Kram sendiri terjadi karena penempelan hasil konsepsi (embrio) ke dalam dinding rahim yang disebut dengan implantasi. Tanda-tanda hamil muda 1 minggu pertama ini cukup jarang disadari banyak calon ibu.

7.  Keputihan berlebih

Keputihan juga menjadi tanda-tanda hamil 1 minggu pertama yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Pada keputihan akibat tanda-tanda hamil muda 1 minggu pertama, memiliki ciri dan warna yang khas seperti susu, hingga cairan keputihan yang tidak encer.

Perbedaan keputihan tanda hamil 1 minggu dengan keputihan saat periode menstruasi bisa dilihat dari perbedaan volumenya. Volume cairan pada keputihan tanda-tanda hamil 1 minggu lebih banyak. Bahkan jumlahnya bisa bertambah hingga mendekati persalinan.

8.  Punggung nyeri

Tanda-tanda hamil 1 minggu pertama selanjutnya adalah nyeri pada punggung bagian bawah. Kondisi ini timbul karena ligamen jadi longgar. Pada beberapa kasus, nyeri punggung terjadi di awal hingga proses persalinan. Nyeri punggung juga bisa jadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama karena janin mulai tumbuh dalam kandungan.

9.  Payudara sensitif

Payudara disebut sebagai bagian tubuh pertama yang merespon pesan ketika sperma bertemu sel telur. Maka tidak heran jika payudara sensitif menjadi salah satu tanda-tanda hamil muda 1 minggu pertama.

Payudara bisa terasa nyeri ketika disentuh. Payudara juga terasa lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Perubahan ini mungkin tidak jauh berbeda dari tanda PMS. Pada PMS perubahan hanya bertahan saat menstruasi berlalu.

Perubahan juga bisa terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang jadi lebih gelap. Perubahan ini terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan dan sering jadi tanda pertama kehamilan.

10.  Meriang

Kondisi sakit kepala, kembung, dan hidung tersumbat sangat identik dengan meriang. Meriang bisa jadi tanda-tanda hamil 1 minggu pertama. Hal ini berkaitan dengan gejolak hormon yang dialami tubuh. Sakit kepala ketika hamil terasa berat di minggu-minggu pertama kehamilan.

Tidak hanya sakit kepala, namun juga hidung tersumbat. Kondisi yang dialami hampir mirip flu, meski tidak menunjukkan gejala flu sebelumnya. Bahkan, pada beberapa wanita ada yang sampai mengalami mimisan karena hidungnya kering.

Kemudian, adanya perubahan hormon selama awal kehamilan juga dapat menyebabkan perut merasa kembung. Kembung yang dirasakan mirip dengan kembung selama masa menstruasi. Beberapa wanita juga bisa mengalami sembelit.

4 dari 4 halaman

Perhitungan Kehamilan

Untuk lebih paham bahwa wanita tersebut telah hamil atau belum pada minggu pertama setelah terjadinya konsepsi, perlu untuk perhitungan kehamilan dengan benar dan tepat.

Jika kehamilan dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT), maka seorang wanita belum benar-benar hamil pada minggu pertama.

Kehamilan baru terjadi yaitu pada akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3, tergantung dari masa subur atau ovulasi. Saat ovulasi, maka ovarium akan melepaskan sel telur yang bergerak ke arah tuba fallopi. Untuk memperoleh kehamilan, sel telur harus bertemu sperma pada tuba fallopi.

Siklus ovulasi yang akan menentukan tanggal pembuahan, umumnya terjadi pada hari ke-13 sampai ke-20 setelah HPHT. Namun, ovulasi juga tergantung dari seberapa lama siklus haid seseorang. Secara umum, siklus menstruasi sekitar 28 hari, namun sebagian wanita memiliki siklus yang tidak sama.

Untuk mengetahui pola siklus menstruasi bisa dengan mencatat tanggal menstruasi selama beberapa bulan, mengukur suhu tubuh basal (suhu tubuh saat baru bangun tidur di pagi hari) menjelang ovulasi, atau mengamati tekstur cairan vagina yang tampak lebih jernih dan licin. Cara yang lebih mudah yaitu dengan memanfaatkan alat tes ovulasi dengan menggunakan urine.

Itu tadi penjelasan mengenai tanda-tanda hamil 1 minggu pertama beserta perhitungan kehamilan bagi Anda yang menunggu kehadiran seorang anak. Meski sulit menentukan tanda-tanda hamil 1 minggu, namun tidak perlu khawatir. Kabar gembira ini dapat Anda pastikan beberapa minggu kemudian. Bila perlu, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan adanya tanda dan ciri hamil 1 minggu, meskipun seringkali juga belum dapat dipastikan.