Sukses

Ciri-Ciri Tipes dan Cara Mencegahnya yang Benar, Perhatikan Kebersihan

Ciri-ciri tipes biasanya timbul secara bertahap selama dua minggu setelah terinfeksi.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri tipes perlu kamu kenali karena gangguan kesehatan satu ini cukup sering terjadi di Indonesia. Tipes atau demam tifoid, biasanya menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi melalui fesesnya.

Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini memicu terjadinya gejala tipes seperti demam tinggi, sembelit, diare, ataupun nyeri perut. Saat bakteri tipes masuk ke dalam tubuh, biasanya setelah seminggu atau dua minggu baru kamu akan mendapatkan gejala pertama. 

Ciri-ciri tipes biasanya timbul secara bertahap selama dua minggu setelah terinfeksi. Segala usia dapat terserang penyakit ini, terutama anak-anak. Hal ini disebabkan karena anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah.

Selain itu, tipes dapat menyerang orang yang senang jajan sembarangan, dan tinggal di pemukiman kumuh dengan sanitasi yang buruk dan air bersih terbatas. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/4/2021) tentang ciri-ciri tipes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Tipes

Walaupun penyakit tipes ini sudah sering terjadi, namun penyakit ini tergolong sulit dideteksi secara dini. Hal ini berkaitan dengan ciri-ciri tipes yang muncul secara bertahap.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ciri-ciri tipes timbul secara bertahap dalam waktu 8–14 hari setelah terinfeksi oleh bakter Salmonella typhi ini. Selain itu, walaupun merujuk pada penyakit yang sama dan sama-sama disebabkan oleh bakteri Salmonela typhi, penyakit tipes dan gejala tipes ternyata memiliki beberapa perbedaan.

Biasanya ketika pertama kali memeriksakan diri ke dokter kamu akan dikatakan mengidap gejala tipes. Tapi bukan berarti kamu telah terkena penyakit tipes. Berikut beberapa ciri-ciri tipes yang bisa terjadi:

- Demam

- Batuk

- Mual dan Muntah

- Lemas dan Lelah

- Sakit kepala

- Nyeri sendi

- Sakit tenggorokan

- Sembelit

- Penurunan nafsu makan

- Nyeri perut

- Perut Kembung

- Nyeri ketika berkemih

Itulah ciri-ciri tipes yang perlu kamu waspadai. Kamu harus segera menanganinya dengan membawa ke dokter atau menerapkan pola hidup sehat dan bersih, serta istirahat yang cukup.

3 dari 4 halaman

Penyebab Tipes

Setelah mengenali ciri-ciri tipes, kamu tentu juga perlu mengetahui penyebabnya. Hal ini agar kamu bisa mencegah timbulnya penyakit satu ini. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat membuat bakteri Salmonella typhi menyerang tubuhmu:

Mengonsumsi Makanan yang Tidak Bersih

Makanan yang tidak bersih sangat rentan untuk terinfeksi bakteri penyebab tipes. Bahkan ikan atau seafood lainnya yang telah terkontaminasi dan tidak bersih bisa membuat kamu mengalami berbagai gejala tipes.

Bakteri penyebab tipes juga dapat bertahan pada urin orang yang terinfeksi. Maka karena itulah, ketika air urin telah mencemari air sungai atau laut yang didalamnya ada ikan atau hewan laut lainnya kamu bisa terjangkit tipes pula. Hal ini karena ikan atau hewan laut tersebut merupakan konsumsi harian bagi banyak orang pula.

Selain itu, makan dengan tanpa mencuci tangan dengan benar atau setelah buang air kecil juga dapat menyebarkan bakteri tersebut terinfeksi ke makanan yang akan dikonsumsi.

Jajan Sembarangan atau di Tempat yang Tidak Bersih

Jajan sembarangan atau jajan di tempat yang tidak bersih merupakan penyebab tipes yang paling sering ditemui. Hal ini biasanya terjadi bila daya tahan tubuh sedang menurun, sedangkan jajanan yang kamu beli terinfeksi bakteri.

Minum Air yang Tidak Bersih

Intinya, dalam menjaga diri kamu agar tidak terkena bakteri penyebab tipes adalah dengan menjaga kebersihan. Semua penyebab tipes yang telah dijabarkan sebelumnya melibatkan sesuatu yang tidak bersih. Minum air yang tidak bersih tentunya juga akan meningkatkan risiko terkena penyakit tipes.

Menggunakan Toilet yang Tidak Bersih

Hal ini biasanya terjadi bila kamu menggunakan toilet yang sama dengan orang yang terinfeksi tipes. Bakteri Salmonella typhi masih bisa bertahan sekalipun berada di tinja orang yang terinfeksi.

Pastikan toilet yang kamu gunakan bersih secara menyeluruh, apalagi bila sebelumnya pernah dipakai oleh orang yang terinfeksi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari penggunaan toilet umum maupun toilet rumah sakit di kamar penderita tipes, bila tidak ingin terinfeksi bakteri penyebab tipes.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Tipes

Setelah mengenali berbagai penyebab dan ciri-ciri tipes, kamu tentunya perlu menghindarinya untuk menjaga kesehatan. Faktor penyebab tifus memang sering dikaitkan dengan kondisi lingkungan dan sanitasi yang kurang memadai.

Berikut beberapa cara mencegah penyakit tipes:

Cuci Tangan. Cara mencegah penyakit tipes yang pertama adalah dengan mencuci tangan. Cucilah tangan sebelum menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, serta setelah buang air di toilet. Gunakan air bersih yang mengalir dan sabun saat mencuci tangan.

Minum Air Matang. Minum air matang juga bisa menjadi cara mencegah penyakit tipes. Pastikan kamu mengonsumsi air yang sudah matang. Selain itu, minumlah air dari wadah atau tempat yang sudah dicuci bersih. Jika minum dengan menggunakan es batu, pastikan dibuat dari air yang sudah matang.

Perhatikan Kebersihan Makanan. Memperhatikan kebersihan makanan adalah hal wajib dalam cara mencegah penyakit tipes. Hindari makan makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Misalnya saja makanan di pinggir jalan yang lebih rentan terpapar bakteri. Pastikan juga makanan yang akan dikonsumsi sudah dimasak dengan matang. Jika harus mengonsumsi hidangan mentah, seperti sayur atau buah, pastikan telah dicuci bersih.

Jaga Kebersihan Lingkungan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kamu dapat menurunkan risiko penularan tipes. Bahkan, peralatan di sekitar kamu tidak menutup kemungkinan telah terkontaminasi bakteri penyebab tipes. Misalnya saja peralatan di kamar mandi atau kamar tidur.

Mengingat bahwa penyakit tipes dapat menyebabkan berbagai komplikasi mematikan, seperti hepatitis, perdarahanan saluran cerna, hingga hypovolemia, kamu sebaiknya segera melakukan pencegahan dengan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Itulah beberapa ciri-ciri tipes beserta penyebabdan cara mencegahnya yang perlu kamu pahami. Usahakan untuk menghindari penyebab sakit tipes karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.