Sukses

Cara Mencari NIK Berdasarkan Nama Secara Online, Ketahui Fakta-faktanya

Cara mencari NIK berdasarkan nama sempat ramai dibahasa beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencari NIK berdasarkan nama sempat ramai dibahasa beberapa waktu lalu. NIK atau Nomor Induk Kependudukan bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia.

NIK ini bisa kamu lihat di Kartu Tanda Penduduk atau KTP maupun di Kartu Keluarga. KTP sendiri merupakan kartu identitas yang harus dimiliki setiap warga negara yang telah memenuhi syarat. Kartu ini wajib dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah menikah atau telah menikah.  

NIK dicantumkan dalam setiap Dokumen Kependudukan dan dijadikan dasar penerbitan KTP, paspor, surat izin mengemudi, nomor pokok wajib pajak, polis asuransi, sertifikat hak atas tanah, dan penerbitan dokumen identitas lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/4/2021) tentang cara mencari NIK berdasarkan nama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti NIK di KTP

NIK terdiri dari kombinasi angka yang berbeda pada tiap pemiliknya. Kombinasi angka ini bukanlah kombinasi acak, melainkan memiliki arti tertentu di dalamnya. Cara mencari NIK berdasarkan nama tentunya tidak semudah yang kamu bayangkan. Apalagi, NIK terdiri dari 16 digit angka unik yang khas pada setiap orang.

Kode penyusun NIK terdiri dari:

- 2 digit awal merupakan kode provinsi

- 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten

- 2 digit sesudahnya kode kecamatan

- 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40)

- 4 digit terakhir merupakan nomor urut orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan, dimulai dari 0001.

Sebagai contoh, misalkan seorang perempuan lahir di Kota Bandung tanggal 17 Agustus 1990 maka NIK-nya adalah: 10 50 24 570890 0001. Apabila ada perempuan lain dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 570890 0002. Apabila ada orang lain (laki-laki) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 170890 0001. Cara mencari NIK berdasarkan nama tentunya tidak akan semudah yang kamu kira.

3 dari 4 halaman

Cara Mencari NIK Berdasarkan Nama Secara Online

Saat ini beredar informasi bahwa seseorang dapat melakukan cara mencari NIK berdasarkan nama secara online. Hal ini dapat berguna jika kamu ingin mengetahui status KTP-el yang telah direkam.

Cara mencari NIK berdasarkan nama secara online ini juga berguna untuk mengetahui apakah sebuah NIK asli atau palsu. Hal ini karena maraknya penggunaan KTP palsu untuk aksi penipuan. Beberapa informasi yang didapat melalui internet pun banyak menerangkan bagaimana cara mencari NIK berdasarkan nama.

Menurut informasi tersebut, cara cek NIK KTP secara onine ini dapat dilakukan melalui laman dukcapil.kemendagri.go.id dan beberapa aplikasi yang bebas diunduh. Namun apakah informasi mengenai cara cek NIK KTP ini benar adanya? Faktanya saat membuka laman dukcapil.kemendagri.go.id tidak ada layanan untuk cek NIK KTP secara online.

Kementerian Dalam Negeri sempat membuka layanan pengecekan NIK KTP secara onlie melalui tautan dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik . Namun, sejak 2016 silam layanan ini telah ditutup. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyalahgunaan identitas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Kementerian Dalam Negeri kemudian mengimbau bagi warga yang ingin mengecek status NIK-nya untuk langsung datang ke kantor Dinas Dukcapil setempat. Hal ini karena akses untuk mengecek keabsahan NIK hanya dimiliki oleh Dinas Dukcapil dari Kementerian Dalam Negeri.

4 dari 4 halaman

Fakta Tentang Aplikasi Cek NIK KTP

Selain melalui laman, muncul juga informasi mengenai adanya aplikasi untuk cek NIK KTP. Aplikasi ini dapat diinstal pada ponsel android dan penggunanya dapat mengecek status sebuah KTP melalui NIK yang diinput.

Namun, adanya aplikasi ini tak dibenarkan oleh Kemendagri. Bahkan sejak 2016 Kemendagri telah menampik aplikasi ini berasal dari Kemendagri. Menurut rilis resmi dari Kemendagri pada 29 Mar 2016 silam, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Aplikasi di telepon pintar (smartphone) bernama Cek KTP, kata dia bukanlah aplikasi resmi pemerintah sehingga datanya tak valid.

Zudan memastikan bahwa hingga saat itu, keamanan Data Center Kemendagri tak terjadi kebocoran data. Namun, ia juga memastikan data yang dipakai aplikasi tersebut itu bukan berdasarkan data Kemendagri sehingga wajar masyarakat tak menemukan identitasnya di sana.

Kemendagri juga terus menekankan pada masyarakat bahwa Kemendagri tak pernah merilis aplikasi pengecek NIK KTP seperti yang beredar di internet. Hal ini kembali ditekankan pada cuitan akun resmi Kemendagri, @Kemendagri_RI yang menjelaskan tak adanya aplikasi resmi untuk cek KTP.

"Kemendagri tdk pernah membuat aplikasi CEK NIK. Jika anda ingin cek KTP-el anda, silahkan dtg langsung ke Dinas Dukcapil terdekat" begitu cuitan @Kemendagri_RI pada 31 Mei 2018 lalu.

Jadi jika kamu menemukan aplikasi cara mencari NIK berdasarkan nama, sudah dipastikan bahwa aplikasi tersebut tak terjamin kebenarannya. Untuk mengetahui kebenaran NIK, kamu dapat langsung mendatangi Dinas Dukcapil terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini