Sukses

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Ketahui Karakteristik dan Strukturnya

Cara membuat makalah yang baik dan benar penting diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat makalah yang baik dan benar penting diketahui. Makalah termasuk bentuk karya ilmiah yang sering dibuat di sekolah, kuliah, dan kebutuhan lainnya. Makalah termasuk tulisan akademis untuk menyampaikan ide, membuat argumen, dan terlibat dalam percakapan ilmiah.

Cara membuat makalah yang baik dan benar harus diperhatikan. Makalah menginformasikan, menganalisis, dan membujuk dengan cara yang lugas. Cara membuat makalah yang baik dan benar terutama harus dipahami oleh mahasiswa.

Cara membuat makalah yang baik dan benar harus sesuai dengan tujuan dan strukturnya. Makalah bisa menjadi sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoritis maupun praktis. Cara membuat makalah yang baik dan benar bisa berupa bentuk pemaparan terhadap suatu ide atau topik.

Berikut cara membuat makalah yang baik dan benar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(6/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tujuan makalah

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah. Menurut KBBI, makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Tujuan makalah adalah sebagai bentuk pemaparan terhadap suatu ide atau topik.

Membuat makalah melatih penulis agar mampu menyusun tulisan ilmiah yang benar. Cara membuat makalah yang baik dan benar juga memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulis dan pembacanya. Makalah berguna untuk memberi sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoritis maupun praktis.

Selain itu, makalah memiliki andil untuk mendukung perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah. Tujuan makalah yang paling utama adalah menginformasikan, menganalisis, dan membujuk dengan cara yang lugas dan memungkinkan pembaca untuk terlibat secara kritis dalam suatu topik ilmiah.

3 dari 7 halaman

Ketahui karakteristik makalah

Cara membuat makalah yang baik dan benar yang pertama adalah mengetahui karakteristiknya. Ini akan membantumu menyusun apa yang akan kamu tulis. Berikut karakteristik makalah:

Fokus yang jelas dan terbatas

Fokus makalah akademis ditetapkan sejak awal oleh pernyataan tesis. Setiap paragraf dan kalimat dari makalah tersebut terhubung kembali ke fokus utama tersebut. Meskipun makalah ini dapat mencakup informasi latar belakang atau kontekstual, semua konten berfungsi untuk mendukung pernyataan tesis.

Struktur logis

Dalam bentuk yang paling sederhana, penulisan makalah dalam akademis mencakup pendahuluan, paragraf tubuh, dan kesimpulan. Pendahuluan memberikan informasi latar belakang, menjabarkan ruang lingkup dan arah esai, dan menyatakan tesis. Paragraf tubuh mendukung pernyataan tesis, dengan setiap paragraf tubuh menjelaskan satu poin pendukung. Kesimpulan mengacu kembali pada tesis, merangkum poin-poin utama, dan menyoroti implikasi dari temuan makalah. Setiap kalimat dan paragraf secara logis terhubung ke kalimat berikutnya untuk menyajikan argumen yang jelas.

Argumen berbasis bukti

Penulisan ilmiah membutuhkan argumen yang terinformasi dengan baik. Pernyataan harus didukung oleh bukti, baik dari sumber ilmiah (seperti dalam makalah penelitian), hasil studi atau eksperimen, atau kutipan dari teks utama (seperti dalam esai analisis sastra). Penggunaan bukti memberikan kredibilitas pada sebuah argumen.

Nada impersonal

Tujuan penulisan makalah akademis adalah untuk menyampaikan argumen yang logis dari sudut pandang yang obyektif. Penulisan akademis menghindari bahasa yang emosional, menghasut, atau bias.

4 dari 7 halaman

Cara membuat makalah yang baik dan benar

Pemilihan Topik

Cara membuat makalah yang baik dan benar dimulai dengan penentuan topik. Topik dapat diperoleh dari uraian latar belakang masalah. Latar belakang merupakan sebab mengapa sebuah penelitian penting untuk dilakukan atau alasan mengapa makalah ditulis. Topik juga seharusnya membahas atau mengkaji ilmu yang berhubungan dengan masyarakat.

Pemilihan Bahasa dan Kata

Cara membuat makalah yang baik dan benar selanjutnya adalah pemilihan bahasa. Bahasa yang digunakan pada makalah biasanya merupakan Bahasa baku atau sesuai ejaan yang disempurnakan. Selain pemilihan Bahasa, dalam penulisan makalah juga penting bagi penulisa untuk memperhatikan pemilihan kata agar pembaca mampu memahami dengan baik apa maksud yang ingin disampaikan dalam sebuah makalah.

5 dari 7 halaman

Kenali struktur makalah

Jika sudah mengetahui topik dan menentukan pemilihan bahasa, kamu bisa mulai merancang kerangka makalah. Makalah harus disusun berdasarkan struktur yang sudah ditentukan. Berikut struktur makalah:

1. Judul/sampul

Sampul sebuah makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat serta tanpa disematkan gelar.

2. Abstrak

Abstrak ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dapat berisi ringkasan atau bahasan inti dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, dan sedikit rangkuman dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Daftar Isi

Daftar isi harus memuat informasi menganai halaman dari isi makalah. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman. Hal tersebut agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang ingin dibaca. Selain itu, jika pada makalah terdapat gambar atau tabel, pada daftar isi perlu dimuat daftar gambar dan daftar tabel.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

5. Pendahuluan

Pendahuluan adalah pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah, disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan dapat dijelaskan secara umum dan singkat namun tujuan dan makna yang disampaikan jelas.

6. Latar Belakang

Latar belakang menjelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta di analisa dalam makalah. Latar belakang dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti.

7. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berisi pokok masalah yang ditemukan. Rumusan masalah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang diteliti. Rumusan masalah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya.

6 dari 7 halaman

Struktur makalah

7. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal.

8. Isi

Isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan. Data yang diperoleh dapat merupakan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran.

9. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

10. Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.

11. Penutup

Penutup berisi harapan penulis kepada pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusi nya untuk menyelesaikan makalah penelitian. Pada bagian penutup perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

12. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku. Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

7 dari 7 halaman

Hal yang harus dihindari dalam penulisan makalah

Bertele-tele

Tujuan dari penulisan makalah adalah untuk menyampaikan ide-ide kompleks dengan cara yang jelas dan ringkas. Jangan mengaburkan makna argumen dengan menggunakan bahasa yang membingungkan. Jika kamu menulis kalimat lebih dari 25 kata, coba ubah menjadi dua atau tiga kalimat terpisah agar lebih mudah dibaca.

Pernyataan tesis yang tidak jelas atau hilang

Pernyataan tesis adalah kalimat terpenting dalam setiap makalah akademis. Pernyataan tesis harus jelas, dan setiap paragraf tubuh harus terkait dengan tesis itu.

Bahasa informal

Penulisan makalah harus menggunakan bahasa baku yang formal. Penulisan makalah tidak boleh menyertakan bahasa gaul, idiom, atau percakapan.

Deskripsi tanpa analisis

Jangan hanya mengulangi ide atau argumen dari materi sumber. Alih-alih, analisis argumen tersebut dan jelaskan bagaimana kaitannya dengan poin.

Tidak mengutip sumber

Pantau sumber bahan selama proses penelitian dan penulisan. Kutip secara konsisten menggunakan satu gaya pengutipan (MLA, APA, atau Chicago Manual of Style, tergantung pada pedoman yang diberikan kepada di awal proyek). Ide apa pun yang bukan milikmu sendiri perlu dikutip, baik diparafrasekan atau dikutip langsung, untuk menghindari plagiarisme.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini