Sukses

Marak Tertipu Belanja Online, Ini Cara Mencegahnya

Meningkatnya belanja online dikarenakan beberapa hal, seperti mudah, menghemat waktu dan harga terjangkau. Walaupun demikian, masih saja ada beberapa orang yang kena tipu belanja online. Mulai dari barang tak sesuai sampai barang pembelian tidak dikirim.

Liputan6.com, Jakarta Meningkatnya belanja online dikarenakan beberapa hal, seperti mudah, menghemat waktu dan harga terjangkau. Walaupun demikian, masih saja ada beberapa orang yang kena tipu belanja online. Mulai dari barang tak sesuai sampai barang pembelian tidak dikirim.

Nah, biar tidak mudah kena tipu, dilansir dari berbagai sumber, berikut cara aman belanja online.

Survei

Sebelum melakukan transaksi, alangkah baiknya Anda melakukan riset barang yang diinginkan. Selain itu periksa juga website jualan online tersebut. Tentu, Anda perlu mengetahui status dan kontak penjual pada marketplace  jual beli online itu.

Tentukan barang 

Setelah survei, tentukan barang yang Anda cari itu ada di situs jual beli online tersebut. Nah, saat belanja Anda akan disajikan beragam barang. Jangan sampai Anda ‘latah’. Membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Sebagai contoh, jika Anda mencari gadget, pilihlah gadget yang memang sesuai kebutuhan. Jangan sampai tergiur dengan gadget lain yang tidak sesuai dengan rencana.

Sebaiknya, berhati-hatilah dengan emosi Anda. Jangan sampai paparan aneka gadget tersebut menstimulasi Anda sehingga membeli barang yang tidak dibutuhkan. Artinya, fitur-fitur gadget yang Anda pilih ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan. Tentu ini akan menjadi sebuah pemborosan tersendiri.

Sistem pembayaran mudah

Setelah deal membeli barang yang diinginkan, dalam situs belanja online Anda akan diarahkan ke menu pembayaran. Bagi Anda yang ingin kemudahan dan menjauhkan ‘repot’ pilih metode pembayaran melalui e-banking atau electronic banking.

Kini, sudah banyak marketplace yang menerapkan hal itu. Selain lebih mudah, membayar dengan metode tersebut lebih efisien dan lebih aman. Soalnya, kamu tak perlu ke ATM lagi. Dengan begitu, kamu bisa lebih aman belanja tanpa perlu khawatir ditipu oleh oknum – oknum jahat.

Coba deh!

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini