Sukses

12 Pos Pengeluaran yang Perlu Dipertimbangkan Bila Ingin Memelihara Kucing

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Hal ini karena ada banyak manfaat memelihara kucing bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya meningkatkan energi dan juga menciptakan emosi positif, manfaat memelihara kucing juga baik untuk kesehatan.

Untuk bisa memelihara kucing, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Seperti memelihara kucing liar, mengadopsi kucing dari tempat penampungan, atau bahkan membeli kucing dari toko hewan atau peternak kucing langsung. Dari pilihan tersebut, memelihara kucing liar menjadi cara cepat dan gratis. Lainnya, ada biaya-biaya yang perlu dikeluarkan untuk membawa kucing pulang ke rumah.

Mengingat biaya pemeliharaan kucing bervariasi, berikut ini adalah sejumlah pos-pos pengeluaran bila kamu ingin memelihara kucing.

1. Biaya adopsi

Bila kamu memutuskan untuk mengambil kucing dari tempat penampung maupun toko hewan dan peternak, tentu ada biaya yang dikeluarkan. Umumnya itu meliputi pemeriksaan kesehatan, sterilisasi dan jenis atau ras kucing. Ras kucing tertentu bisa memiliki harga yang sangat mahal.

2. Biaya Sterilisasi

Bagi kamu mengambil kucing liar sebagai peliharaan, maka pos pengeluaran yang perlu disiapkan selain pemeriksaan kesehatan adalah biaya sterilisasi. Kamu dapat menemukan klinik berbiaya rendah dengan bertanya kepada dokter hewan atau penampungan hewan.

2 dari 3 halaman

3. Vaksinasi

Ini pos pengeluaran yang tidak kalah penting, yakni vaksinasi. Kamu tentu ingin hewan peliharaan besar bebas dari risiko rabies, infeksi virus seperti Feline Panleukopenia dan penyakit saluran pernafasan bukan? Maka vaksinasi perlu dilakukan, termasuk pada anak kucing.

4. Pemeriksaan rutin dan kunjungan darurat

Untuk kesehatan kucing secara menyeluruh, kamu perlu menjadwalkan pemeriksaan rutin ke dokter hewan, minimal 2 kali dalam setahun. Selain menyiapkan biaya pemeriksaan rutin, kamu juga perlu menyisihkan biaya kunjungan darurat, bila sewaktu-waktu ada masalah kesehatan pada kucing.

5. Biaya gigi

Sama seperti kamu mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pembersihan, kemungkinan besar kamu juga perlu memeriksakan gigi kucing, setidaknya sekali dalam seumur hidupnya. Sebenarnya biaya ini juga bisa dibebankan saat pemeriksaan rutin, karena gigi juga perlu perawatan dan mungkin saja ada yang perlu dicabut giginya.

6. Makanan

Makanan menjadi bagian terbesar dari pengeluaran tahunan kucing kamu. Dan berapa banyak yang kamu belanjakan tergantung pada jenis dan merek makanan yang ingin Anda berikan kepada kucing Anda (basah, kering, atau campuran). Itu belum termasuk kotak makan khusus kucing, bila kamu benar-benar perhatian dan memberikan sesuatu hal khusus yang berkaitan dengannya.

Makanan yang dapat dinikmati kucing dan tetap menjaga kesehatan kucing salah satunya adalah Muezza. Brand makanan kucing kering yang dibuat hanya dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Tanpa penambahan bahan sintetik, cat food ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan kadar yang seimbang, tidak kurang atau berlebihan.

Bukan hanya itu saja, Muezza juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand yang membuat pemiliknya kini bebas cemas saat memegang makanannya secara langsung. Selain itu, juga lebih leluasa mengurus hewan peliharaan seperti mencuci wadah makannya, membawa cat food bepergian, hingga mencari tempat penyimpanannya.

Ada 4 varian rasa lezat yang bisa dipilih, mulai dari Ocean Fish Flavor, Salmon Flavor, Tuna Flavor, dan Mackerel Flavor. Pilih cat food yang sehat dan halal seperti Muezza, yang bisa segera dibeli secara online di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

7. Kotak pasir kotoran dan kandang kucing

Bila ada makanan dan tempat makan, tentu saja yang tidak boleh dilewatkan adalah kotak pasir kotoran kucing dan kandang kucing. Selain rutin membersihkan, kamu juga perlu menggantinya secara berkala untuk kesehatan kucing dan lingkungan.

 

3 dari 3 halaman

8. Mainan

Agar furnitur kamu tidak rusak dan tidak tergores, kamu perlu menyediakan tempat khusus bagi kucing untuk melatih cakarnya. Selain itu, siapkan mainan-mainan yang biasa menjadi teman kucing bermain. Tak perlu yang berlebihan, karena sebenarnya selera mainan kucing cukup murah.

9. Perlindungan furniture

Untuk mencegah kucing merusak furniture, kamu sebaiknya menyediakan perlindungan untuk furniture dan perabotan lain yang ada di rumah.

10. Grooming

Berbeda dengan hewan peliharaan anjing yang mungkin butuh grooming lebih rutin. Ini karena kucing termasuk hewan yang suka membersihkan dirinya sendiri, meskipun begitu bulu, kuku, dan telinganya perlu mendapatkan perawatan. Bila kamu melakukan grooming sendiri di rumah itu akan lebih baik karena menghemat pengeluaran, jika memang tidak memiliki waktu dan tidak terbiasa, tentunya membawa kucing ke groomer jadi pilihan.

11. Aksesoris perjalanan

Jika ingin bepergian dengan kucing, kamu perlu melakukan persiapan. Bila bepergian dengan mobil, kamu perlu membeli tas travel yang bagus untuk mencakup kotak kotoran, mangkuk makanan dan air, dan tali kucing.

12. Biaya penitipan

Tidak menutup kemungkinan kamu harus bepergian dan tidak bisa membawa kucing atau meninggalkan di rumah dan menitipkan ke tetangga. Maka salah satu caranya adalah menitipkan ke tempat khusus penitipan hewan dan ada biaya yang perlu kamu keluarkan.

Jika pos-pos pengeluaran itu membuat kamu berpikir berat untuk memelihara kucing, ingatlah kembali manfaat-manfaat luar biasa dari memiliki peliharaan seperti kucing. Perasaan senang bermain bersama kucing dan kucing yang mencintai kamu bisa menjadi sesuatu yang berharga.

 

(*)