Sukses

Paytren adalah Aplikasi Pembayaran, Ketahui Keuntungan dan Cara Kerjanya

Paytren adalah aplikasi pembayaran yang memudahkan kita untuk melakukan transaksi pembayaran mulai dari pulsa, paket data, listrik, BOJS, dan lain sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta Paytren adalah perangkat lunak berupa aplikasi yang digunakan untuk pembayaran dalam jaringan, seperti tagihan rutin, pembelian pulsa elektronik, dan tiket perjalanan. Dalam kata lain Paytren adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembayaran seperti pulsa, bayar tagihan listrik, beli pulsa listrik, PDAM, finance, BPJS Kesehatan, Speedy, Telkom, dan lain sebagainya yang dapat diakses langsung melalui handphone kita.

Banyak orang yang mengira bisnis ini adalah semacam system money game. Banyak yang berpikiran negatif mengenai sistem pengelolaan yang ada di Paytren. Padahal sebenarnya, Paytren ini bukan money game dan Paytren tidak dapat dikatakan sebagai money game karena sistemnya yang berbeda. Paytren ini lebih sering disebut sebagai aplikasi digital payment.

Secara umum, Paytren adalah sebuah aplikasi digital payment yang dapat mempermudah hidup Anda dalam hal pembayaran berbagai macam transaksi. Hebatnya lagi aplikasi ini dapat digunakan di berbagai jenis smartphone.

Spesifikasi smartphone yang dapat menggunakan aplikasi pembayaran berbasis digital ini adalah pada Android dengan minimal ice cream sandwich dan iOS minimal v10 atau pada gadget seri iPhone 5 ke atas. Dengan perangkat tersebut, maka kita dapat melakukan transaksi atau pembayaran seperti halnya ATM, Internet atau mobile banking.

Setelah memahami tentang Paytren, dapat digambarkan bahwa paytren adalah aplikasi pembayaran yang membawa banyak sekali manfaat bagi para penggunanya. Paytren juga memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan transaksi jika kita memiliki mobilitas yang tinggi. Hanya dengan smartphone kita dapat menyelesaikan berbagai transaksi tanpa perlu berpindah tempat.

Untuk lebih pahamnya tentang Paytren bagi kehidupan kita, berikut ini rangkuman oleh Liputan6.com tentang manfaat hingga keuntungan dari pengguna Paytren dari berbagai sumber, Rabu (7/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Menggunakan Paytren

Selain memahami pengertian Paytren, Anda juga harus mengetahui mengenai manfaat menggunakan paytren dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa manfaat Paytren adalah sebagai berikut.

1.  Lebih simple dan praktis

Saat kita mau beli pulsa atau bayar listrik, BPJS, tiket dan transaksi kebutuhan lainnya tidak perlu harus keluar rumah, cukup melakukan pembayaran transaksi tersebut melalui smartphone Anda.

2.  Harga Lebih Murah

Di Paytren menggunakan harga distributor nasional, otomatis harga pulsa juga lebih murah dibandingkan saat beli langsung di counter pulsa.

3.  Mendapatkan Cashback Transaksi

Manfaat lainnya yaitu mendapatkan cashback saat melakukan transaksi. Di Paytren setiap kita melakukan transaksi, maka akan mendapatkan cashback. Otomatis semakin kita banyak melakukan transaksi, maka cashback yang akan kita dapatkan juga semakin banyak.

3 dari 4 halaman

Keuntungan Paytren bagi Para Penggunanya

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan Paytren sebagai mode pembayaran berbasis jaringan dengan smartphone, ini keuntungan Paytren adalah sebagai berikut.

1.  Transaksi pembelian dan pembayaran tagihan lebih mudah

Apabila Anda menggunakan Paytren untuk melakukan pembayaran terhadap beberapa transaksi seperti membeli pulsa atau paket data dan lain sebagainya, semuanya dapat dilakukan hanya dengan handphone kita dan tidak perlu harus keluar rumah.

2.  Dapat membantu mempersiapkan kebutuhan traveling

Hal ini sering kali kita butuhkankan ketika sedang ingin bepergian atau  traveling. Dengan adanya Paytren kita dapat dimudahkan untuk membeli tiket transportasi umum sesuai pilihan kita.

3.  Paytren mempermudah cicilan kendaraan kita

Selain mempermudah dalam berbagai transaksi, Paytren juga dapat mempermudah cicilan kendaraan kita. Fitur yang disediakan memungkinkan kita untuk membayar cicilan kendaraan tanpa harus repot keluar rumah atau berpindah tempat. Hal ini tentu membuat kita dapat melunasi cicilan kendaraan dengan berhemat waktu dan tenaga.

4.  Tersedia cashback transaksi bagi para pengguna Paytren

Banyak yang belum mengetahui bahwa Paytren lebih dari sekedar aplikasi digital payment. Ada berbagai fitur dan program yang ditawarkan dalam aplikasi ini, sehingga manfaat atau keuntungan yang dirasakan oleh penggunanya lebih dari kemudahan bertransaksi apa saja. Untuk Paytren tersedia cashback transaksi.

5.  Memiliki berbagai fitur ekstra yang dapat digunakan pengguna

Paytren memang bukan sekedar aplikasi digital payment biasa. Paytren menyimpan berbagai keunggulan dari fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Fitur tersebut dapat diikuti langsng oleh para pengguna. Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi Paytren ini seperti fitur sedekah, aqiqah, inspirasi UYM, dan fitur fintren.

Yang menarik dari fitur fintren ini adalah beberapa jenisnya yang meliputi savetren, investren, dan asuransi. Untuk asuransi sendiri terdiri dari dua macam yaitu protren dan pro family.

4 dari 4 halaman

Cara Kerja Paytren

Untuk menjalankan Paytren sangatlah mudah, Anda hanya cukup memindahkan semua transaksi yang selama ini Anda lakukan di Bank maupun di outlet-outlet pembayaran dan pembelian. Seperti halnya transaksi menggunakan dompet digital Anda hanya perlu melakukan langkah berikut ini.

1.  Menginstall aplikasi Paytren dan buat akun pengguna secara gratis.

2.  Mengisi deposit e-money minimal Rp50.000 melalui transfer bank atau mbanking.

3.  Nikmati setiap fitur yang tersedia dan bertransaksilah sesuai kebutuhan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.