Sukses

Cara Membuat Halaman Skripsi dengan Beda Letak dan Format pada Microsoft Word

Teknik membuat halaman skripsi dengan penomoran yang berbeda letak dan format pada microsoft word.

Liputan6.com, Jakarta Skripsi adalah salah satu jenis karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa program sarjana. Karya ilmiah ini merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan perkuliahan dan mendapatkan gelar akademik yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, kajian pustaka, pengembangan dan tindakan yang dilakukan sesuai topik pembahasan.

Selain aspek kualitas isi, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyusunan skripsi, salah satunya cara membuat halaman skripsi. Cara membuat halaman skripsi sedikit berbeda dengan cara membuat halaman dokumen biasa lainnya. 

Pada dokumen skripsi, letak atau posisi nomor halaman dibuat berbeda-beda. Demikian halnya dengan format nomor halaman yang digunakan juga berbeda, apalagi dilakukan dalam satu dokumen yang sama. Selain itu jenis format penomorannya juga berbeda satu sama lainnya.

Berikut untuk memahami cara membuat halaman skripsi dengan beda letak dan format pada microsoft word yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (7/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Penomoran Halaman Skripsi

Dalam penulisan skripsi ada aturan untuk penomoran setiap halaman, hal tersebut guna menata agar rapi dan sesuai dengan daftar isi. Berikut aturannya.

  1. Halaman untuk setiap awal bab atau halaman yang ada judul Bab di atasnya, umumnya letaknya ada di bagian bawah tengah dengan format penomoran 1,2,3...dst. Sedangkan untuk halaman bab lainnya yang tidak ada judul bab, maka penomoran halaman letaknya di bagian sudut kanan atas dengan format urut 1,2,3....dst.
  2. Penomoran halaman-halaman sebelum bab, seperti penomoran halaman kata pengantar, daftar isi daftar gambar letaknya di bagian bawah tengah dengan format romawi kecil i,ii,iii,iv,v....dst.
3 dari 3 halaman

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak di Word untuk Skripsi

Cara membuat halaman skripsi pada microsoft word bisa dibilang gampang tetapi jika Anda tidak teliti akan sedikit membingungkan. Apalagi ketika menambahkan nomor halaman di microsoft word dengan penomoran yang berbeda letak, itu membutuhkan kecermatan dalam menbuatnya

Pasalnya fitur untuk membuat penomoran berbeda pada setiap halaman di microsoft word tersebut sedikit tersembunyi, sehingga tidak heran banyak pengguna yang tidak mengetahui caranya atau lupa karena memang jenis aturan penomoran berbeda setiap halaman memang jarang sekali digunakan kecuali untuk karya tulis ilmiah seperti skripsi, thesis, makalah dan kartya tulis ilmiah lainnya.

Langkah-langkah untuk membuat nomor halaman di microsoft word beda letak untuk skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya adalah sebagai berikut.

1.  Pastikan semua bagian skrips ada di 1 dokumen

Jika dokumen skripsi anda terpisah di beberapa file,  maka silahkan satukan dulu menjadi 1 dokumen, selain dapat mempermudah penomoran, ini juga akan memudahkan kita membuat daftar isi secara otomatis.

2.  Pastikan halaman jilid menggunakan format halaman cover

Anda bisa membuat formar cover menggunakan menu Insert > Cover Page, lalu silahkan pilih format cover yang tersedia.

3.  Masukan nomor halaman

Anggap saja anda sudah memiliki satu dokumen karya ilmiah di microsoft word yang siap di berikan nomor, untuk memberikan penomoran, langkahnya sebagai berikut:

LANGKAH #1:

Berikan penomoran romawi di posisi bawah tengah, penomoran dengan angka romawi umumnya diberikan pada beberapa halaman awal selain halaman isi bab, seperti halaman kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dll yang letaknya di bagian bawah tengah.

Untuk pemberian format number halaman romawi, silakan klik pada halaman yang ada judul KATA PENGANTAR, lalu pilih menu insert > page number >bottom of page > Plan Number 2 (agar posisi number di bawah tengah halaman). Nomor pun akan dibubuhkan di bagian bawah tengah halaman. Kemudian selanjutnya  pilih lagi menu insert / menu design  > page number >format page number, lalu pilih format romawi i, ii, iii.

Lalu tekan tombol Ok.

Untuk keluar dari mode edit page number, silahkan pilih menu design > Close Header atau footer di sebelah kanan, atau Anda juga bisa double klik di tengah halaman mana saja.

Sampai langkah di atas maka semua halaman microsoft word Anda dari mulai kata pengantar hingga ke bawah akan memiliki nomor romawi berurutan. Nomor romawi seharusnya hanya untuk halaman awal saja sebelum isi, seperti halaman kata pengantar, daftar isi dan daftar gambar, sedangkan halaman isi BAB karya ilmiah harus menggunakan penomoran dengan angka 1,2,3.... dan seterusnya.

LANGKAH #2:

Cara membuat halaman skripsi yang berikutnya dengan penomoran isi bab skripsi. Penomoran untuk isi bab skripsi yang ada tulisan judul BAB dan sub BAB, umumnya menggunakan format penomoran 1,2,3... secara berurutan, letak penomorannya berbeda antara halaman yang ada judul bab dengan halaman selanjutnya.

Untuk Halaman setiap awal bab (yang ada tulisan judul BAB) penomoran diletakan di bagian bawah tengah, sedangkan untuk halaman lanjutan bab posisi nomor ada di pojok kanan atas.

Caranya: Cara membuat halaman skrips dengan memberikan penomoran pada judul bab yaitu silahkan klik pada halaman yang ada tulisan  judul bab, misal halaman BAB I PENDAHULUAN, pastikan kursor ada di sebelah kiri tulisan bab. Kemudian pilih menu Page Layout > Breaks > Continuous dengan memilih menu tersebut biasanya tulisan akan bergeser ke bawah 1 baris, lalu silahkan betulkan saja nanti terakhir setelah penomoran. Setelah itu, double klik pada bagian footer hingga bagian footer yang ada nomor halaman dalam mode edit dan nomor halaman terseleksi.

Kemudian hilangkan centang menu Link to Previous agar halaman tersebut memiliki prilaku berbeda tidak mengikuti prilaku halaman sebelumnya. Lalu pilih menu Insert > page numbers > Format page Number..., setelah itu pilih number format 1,2, 3, kemudian opsi start at dan silahkan masukan nomor halaman tersebut, misal 1.

Kemudian tekan tombol OK. Dengan menekan tombol OK, halaman tersebut terus sampai ke halaman bawah setelahnya akan memiliki number 1,2,3 dst yang posisinya di bagian bawah tengah. Posisi format number 123 di bagian bawah tengah seharusnya hanya untuk halaman yang ada tulisan judul bab saja, sedangkan untuk bab lanjutan (yang tidak ada tulisan judul bab) penomoran 123 diletakan di pojok kanan atas. Selanjutnya keluar dari mode editor page number dengan mendouble-klik di tengah halaman atau melalui menu desain > Close Header and Footer.

LANGKAH #3:

Cara membuat halaman skripsi dengan penomoran isi yang tidak ada judul Bab. Untuk penomoran halaman isi bab yang tidak terdapat judul bab letaknya di pojok kanan atas,Caranya:

a.    Silahkan klik halaman bab lanjutan yang tidak ada tulisan judul Bab, pastikan posisi kursor ada di bagian paling atas di kiri sebelum tulisan. Lalu Pilih menu Page Layout > Breaks > Continuous.

b.    Tujuannya adalah agar halaman tersebut dan halaman setelahnya prilakunya bisa dibedakan dari halaman sebelumnya. Biasanya tulisan akan bergeser satu baris ke bawah, silahkan nanti betulkan terakhir setelah nomor halaman muncul.

c.    Di halaman tersebut, Sebelum insert number, Silahkan double klik pada bagian header, lalu setelah masuk ke mode editor header, pada menu Design > hilangkan centang Link To Previous.

d.    Setelah centang Link to Previous dihilangkan, Kemudian pilih menu Insert > Page Number > Top of Page lalu pilih Palin Number Page 3, agar posisi number muncul di pojok atas kanan halaman.

e.    Pilih menu Design / menu insert > Page Number > Format Page Number Pada dialog yang muncul, silahkan pilih number format pilih 123, dst. Pada Opsi start At masukan nomor halaman yang dimaksud misal 2 atau silahkan sesuaikan dengan punya Anda.

f.     Halaman tersebut umumnya masih ada number di bawah tengah karena mengikuti aturan format penumberan sebelumnya, harus kita hapus. Double klik bagian footer, setelah masuk mode edit footer dan number yang ingin dihapus terseleksi, klik menu design > hilangkan centang pada menu Link to Previous, Kemudian Pilih menu Insert > page Number > Remove page number, maka Number yang ada di bawah halaman akan terhapus. Untuk bab selanjutnya caranya sama seperti yang diuraikan di langkah 3 di atas. Agar halaman ingin dibedakan  dengan halaman sebelumnya, maka Anda harus melakukan break continuous melalui menu Page Layout > Breaks > Continuous.

Begitulah cara membuat halaman skripsi dengan beda letak dan format dalam microsoft word yang dapat Anda jadikan acuan. Cara ini bisa Anda praktikkan dalam penulisan skripsi, karya ilmiah, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.