Sukses

Tersangkut di Pohon, Bocah Ini Selamat Usai 5 Jam Terseret Banjir NTT

Liputan6.com, Jakarta Tanah Air kembali diselimuti duka dengan adanya banjir bandang dan Tanah Longsor yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu, 4 April 2021. Hingga kini Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan ada penambahan jumlah korban jiwa akibat banjir bandang NTT.

"Data 124 jiwa meninggal dunia dan 74 orang hilang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam diskusi virtual, Rabu (7/4/2021). 

Kemudian ia menjelaskan, warga NTT yang menjadi korban meninggal tersebut tersebar di sejumlah wilayah. Sebanyak 67 korban meninggal tersebut ada di Kabupaten Flores Timur, 28 orang Kabupaten Lembata, 21 orang Kabupaten Alor, dan tiga orang di Kabupaten Malaka.

Lalu, dua orang meninggal di Kabupaten Sabu Raijua, dan Kabupaten Kupang, Kota Kupang, serta Kabupaten Ende masing-masing satu orang. Sedangkan yang masih dinyatakan hilang paling banyak di Kabupaten Lembata yakni 44 orang.

Namun di balik bencana alam dahsyat yang menimpa masyarakat NTT, ada satu kejadian luar biasa yang bisa dibilang adalah sebuah mukjizat. Baru-baru ini beredar sebuah video viral di TikTok @tian_dj, memperlihatkan seorang bocah laki-laki ditemukan selamat tanpa luka sedikit pun dari amukan banjir bandang yang melanda tempat tinggalnya.

2 dari 3 halaman

Tersangkut di Batang Pohon

@tian_dj

Tuhan baikūüėá#ntt #mujizat #prayforntt #mujizatnyata

‚ô¨ original sound - Thyan Wedjo - Thyan Wedjo

Dalam video yang diunggah pada Selasa (6/4/2021), ayah dari bocah bernama Selo itu menceritakan detik-detik menegangkan ketika air bah menyeretnya. Sang ayah juga mengungkapkan bagaimana Selo ditemukan dalam kondisi selamat meski air bandang menenggelamkan tubuhnya yang mungil itu.

"Ini adek namanya Selo. Dia hilang tengah malam sekitar setengah dua, dibawa oleh banjir," kata pria itu seperti dikutip Liputan6.com dari @tian_dj, Rabu (7/4/2021).

Tak hanya itu, yang lebih mengejutkan lagi Selo ditemukan tersangkut di batang pohon. Ayahnya bercerita bahwa kepala bocah tersebut berada di atas permukaan air banjir. Awalnya sang kakek mencari Selo sambil berteriak. Kemudian bocah itu membalasnya dan memanggil sang kakek "Opa.." begitu.

Mendengar kisah Selo yang cukup dramatis itu, orang-orang yang mewawancarai ayahnya itu ikut merinding dan langsung mengucap syukur. Video ini menjadi perbincangan hangat netizen dan viral di media sosial.

3 dari 3 halaman

Banjir Doa dan Ucapan Rasa Syukur dari Netizen

Sebagian besar netizen mengucapkan syukur atas ditemukannya Selo yang sempat terseret banjir. Tidak sedikit pula yang mendoakan semoga Selo dan keluarga serta warga NTT yang terdampak banjir bandang diberi kesehatan dan keselamatan.

"mujizat Tuhan sunggu luar biasaSemoga Ade sehat selalu..TUHAN MEMBERKATI," tulis @Qricko

"Puji Tuhan..Luar biasa. Mujizat itu nyata," komentar @Wanya Wandamani-Mane.

"Subhanallaah,kuasa Allaah,,kabayang betapa bahagianya kedua orang tuanya,semoga dede sehat selalu ya," tulis @Enti Suheti.