Sukses

Viral Jual Beli Pakai Ember Ini Kelewat Kreatif, Salah Satu Tradisi Unik

Viral di TikTok transaksi jual beli yang unik sekaligus bikin ngakak.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan media sosial yang semakin pesat membuat seseorang kerap unggah ragam foto ataupun video unik yang menyita perhatian publik. Tak jarang foto dan video yang unik dan aneh menurut warganet ini kemudian viral di media sosial.

Belum lama ini viral di TikTok seorang pengguna TikTok yang mengunggah video transaksi jual beli yang unik dan berbeda dari kebanyakan transaksi yang terjadi di masyarakat. Video transaksi jual beli unik ini sukses bikin warganet ngakak sekaligus geleng kepala.

Biasanya, seseorang akan langsung datang ke toko ataupun warung klontong untuk membeli kebutuhan yang dibutuhkan. Transaksi yang umum terjadi adalah saling bertatap muka atau bahkan menggunakan sistem transfer. Namun berbeda dengan transaksi jual beli yang belum lama ini viral.

Seorang pemilik akun TikTok @babyverrel.ar unggah video yang memperlihatkan transaksi jual beli menggunakan ember. Video viral jual beli unik ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @babyverrel.ar, Kamis (8/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral Jual Beli Unik

Saat ingin membeli sesuatu, seseorang pasti akan datang ke toko ataupun warung klontong dan pada saat itulah terjadi transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Sang penjual menyerahkan barang sementara pembeli menyerahkan uang. 

Namun setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kebiasaan unik yang tidak ditemukan di daerah lainnya. Salah satunya adalah transaksi jual beli unik yang hanya ditemukan di Purbalingga. Transaksi jual beli unik yang melintasi linimasa FYP ini sukses menyita perhatian warga TikTok.

"Hanya di purbalingga guyss yg kek gini 😂." tulis sang pemilik akun pada kolom caption unggahannya.

@babyverrel.ar

Hanya di purbalingga guyss yg kek gini 😂#fypgakni #fypシ #fyp #purbalingga #owabongpurbalingga #berandagak

♬ 1 2 3 4 - calonorangsukses✨

Dalam video tersebut terlihat transaksi unik antara penjual dan pembeli menggunakan ember. Sang penjual terlihat meketakkan pesanan sang pembeli pada ember kemudian menyerahkannya dengan bantuan bambu panjang. Setelah pesanan sampai, sang pembeli kemudian meletakkan uangnya pada ember tersebut.

Pada caption dalam video tersebut, sang pemilik akun menuliskan bahwa transaksi jual beli unik ini hanya ada di Purbalingga. Jual beli unik satu ini memang sangat unik dan jarang ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. 

Melihat transaksi jual bei unik seperti yang terlihat pada video unggahan @babyverrel.ar dapat dirasakan kebersamaan antar warganya sangat hangat. Pada kolom komentar, sang pemilik akun menuliskan bahwa jual beli unik ini tepatnya berada di Owabong, Purbalingga. 

Kolom komentar menjadi wadah untuk saling berbagi informasi. Salah satu pengguna TikTok menuliskan bahwa jual beli unik ini tujuannya bukan jaga jarak karena Covid-19, tetapi lantaran ini sudah ada sejak dulu dan merupakan tradisi lama yang masih dilestarikan.

"emang dari dulu kak kek itu hehe." komentar @deess_28.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 7 April 2021 ini sudah ditonton lebih dari 1,9 juta kali. Video tersebut sudah dibagikan lebih dari seratus kali dan mendapatkan 76 ribu likes dari para pengguna TikTok. Ada sekitar seribu komentar dibubuhkan warganet pada kolom komentar unggahan tersebut. Tak sedikit warganet yang menyebut bahwa jual beli unik ini kelewat kreatif.

"Kalo main ke Purbalingga lagi wajib coba sii." tulis @kangngeleg_ disertai emot kaget.

"Cocok bagt sama kaum mageran." kata @nog572 disertai emot ketawa.

"Owabong fiks." timpal Hana RA disertai emot ketawa.

"Jaga jarak yang sesungguhnya." imbuh NamakuDess disertai emot ketawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.