Sukses

Tujuan Penelitian adalah Menginformasikan, Ketahui Penulisannya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan penelitian adalah bagian penting dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian digunakan oleh semua studi untuk menginterpretasikan dan memaparkan fakta-fakta yang ada. Penelitian sangat penting bagi pengetahuan masyarakat luas.

Ketika menulis hasil penelitian, tujuan penelitian adalah bagian awal yang harus dipaparkan. Tujuan penelitian adalah alat untuk membangun pengetahuan dan memfasilitasi pembelajaran. Tujuan penelitian juga bisa menjadi cara untuk menemukan, mengukur, dan memanfaatkan peluang.

Tujuan penelitian adalah bagian dari penelitian yang harus dipaparkan dengan jelas. Tujuan penelitian adalah bagian yang mampu menarik pembaca dan peminat dari penelitian tersebut. Berikut tujuan penelitian, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(8/4/2021).

2 dari 8 halaman

Pengertian tujuan penelitian

Tujuan penelitian adalah tulisan untuk menginformasikan tindakan, mengumpulkan bukti teori, dan berkontribusi untuk mengembangkan pengetahuan di bidang studi. Tujuan penelitian adalah untuk lebih memahami dunia dan mempelajari bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari yang lebih baik. Ini adalah bagian integral dari pemecahan masalah.

Penelitian adalah sarana untuk memahami masalah dan meningkatkan kesadaran publik. Tujuan penelitian adalah alat untuk membangun pengetahuan dan memfasilitasi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan masyarakat dengan memajukan pengetahuan melalui pengembangan teori, konsep, dan gagasan ilmiah. Tujuan penelitian dicapai melalui pembentukan hipotesis, pengumpulan data, analisis hasil, pembentukan kesimpulan, penerapan temuan ke dalam aplikasi kehidupan nyata, dan pembentukan pertanyaan penelitian baru.

3 dari 8 halaman

Pentingnya menuliskan tujuan penelitian

Tujuan penelitian adalah kalimat yang menunjukan indikasi ke arah mana penelitian dilakukan atau data data serta informasi apa yang akan dicapai dari penelitian. Tujuan penelitian memuat penjelasan tentang sasaran yang lebih spesifik dan hal yang menjadi tujuan penelitian. Isi dari tujuan penelitian bersifat resiprokal dengan isi rumusan masalah. Tujuan penelitian dituangkan dalam kalimat pernyataan.

Tujuan penelitian harus menyebutkan secara khas tujuan yang ingin dicapai. Dalam beberapa hal tujuan penelitian sudah tersirat di dalam judul penelitian. Tujuan penelitian disesuaikan dengan rumusan masalah. Tujuan penelitian umumnya bermaksud untuk menjajaki, menyelesaikan, menerangkan, membuktikan suatu gejala atau dugaan, menerapkan suatu konsep, dan membuat suatu prototype.

4 dari 8 halaman

Penulisan tujuan ilmiah

Tujuan penelitian harus sejalan dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran atau hal apa yang ingin dicapai dalam penelitian. Narasi dan rumusan tujuan penelitian mengacu pada rumusan masalah penelitian. Perbedaannya terletak pada cara merumuskannya. Jika rumusan masalah berupa kalimat pertanyaan, maka dalam merumuskan tujuan penelitian berupa kalimat pernyataan.

Tujuan penelitian adalah pernyataan tentang hasil yang ingin diperoleh dari kegiatan penelitian. Dalam perumusannya kata-kata operasional yang dapat digunakan adalah “mengetahui, menjelaskan, mengelaborasi, mengungkap, membuktikan, mencari hubungan/ perbedaan antara, membangun/merumuskan konsep, menilai", dan sebagainya. Tujuan penelitian pada hakikatnya adalah suatu informasi yang ingin diperoleh untuk menjawab rumusan masalah. Dengan demikian antara judul, latar belakang masalah, dan tujuan penelitian berkait erat.

5 dari 8 halaman

Tujuan penelitian menurut para ahli

Beckingham

Tujuan penelitian adalah ungkapan “mengapa” penelitian itu dilakukan. Tujuan dari suatu penelitian dapat untuk mengidentifikasi atau menggambarkan suatu konsep atau untuk menjelaskan atau memprediksi suatu situasi atau solusi untuk suatu situasi yang mengindikasikan jenis studi yang akan dilakukan.

Locke, Spirduso, dan Silverman

Tujuan penelitian adalah untuk menunjukkan serangkaian pertanyaan “mengapa Anda ingin melakukan riset dan apa yang ingin Anda dapatkan”.

6 dari 8 halaman

Tujuan penelitian secara umum dan khusus

Tujuan Penelitian secara Umum

Secara umum tujuan penelitian antara lain:

1. Untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru.

2. Sebagai pembuktian atau pengujian tentang kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada.

3. Sebagai pengembangan pengetahuan suatu bidang keilmuan yang sudah ada. Intinya semua penelitian yang dilakukan oleh seseorang pasti memiliki tujuan tertentu.

Tujuan Penelitan secara Khusus

Tujuan penelitian secara khusus ada beberapa kategori diantaranya:

1. Penelitian yang bertujuan eksploratif, menggali suatu hal atau permasalahan yang sedang diteliti.

2. Bertujuan untuk pengembangan, dimana peneliti ingin mengembangkan teori, pandangan ilmiah tertentu menjadi lebih luas sebagai sarana pemecahan berbagai masalah di masyarakat.

3. Untuk menguji atau memverifikasi suatu topik atau permasalahan dimana hasilnya bisa memperkuat teori atau pandangan tertentu dan juga bisa menolak hasil teori atau pandangan itu.

4. Penggunaan tujuan penelitian bisa sebagai sarana untuk mencari dan menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Penelitian jenis ini disebut juga dengan applied research.

7 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian dasar (Basic research)

Penelitian dasar adalah data yang dikumpulkan untuk meningkatkan pengetahuan. Motivasi utamanya adalah perluasan pengetahuan. Ini adalah penelitian non-komersial yang tidak memfasilitasi dalam membuat atau menemukan apa pun. Contoh dari penelitian dasar adalah percobaan untuk menentukan fakta sederhana.

Penelitian sekunder (Secondary research)

Penelitian sekunder atau penelitian meja adalah metode penelitian yang melibatkan penggunaan data yang sudah ada. Data yang ada dirangkum dan disusun untuk meningkatkan efektivitas penelitian secara keseluruhan. Penelitian sekunder meliputi bahan penelitian yang dipublikasikan dalam laporan penelitian dan dokumen sejenis.

Penelitian Terapan (Applied Research)

Penelitian terapan berfokus pada analisis dan pemecahan masalah kehidupan nyata. Jenis ini mengacu pada studi yang membantu memecahkan masalah praktis dengan menggunakan metode ilmiah. Studi memainkan peran penting dalam memecahkan masalah yang berdampak pada kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Misalnya, menemukan obat khusus untuk suatu penyakit.

8 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian berorientasi masalah (Problem oriented research)

Seperti namanya, penelitian berorientasi masalah dilakukan untuk memahami sifat sebenarnya dari masalah untuk menemukan solusi yang relevan. Istilah "masalah" mengacu pada beberapa pilihan atau masalah saat menganalisis situasi.

Penelitian pemecahan masalah (Problem solving research)

Jenis penelitian ini dilakukan untuk memahami dan menyelesaikan masalah mereka sendiri. Metode pemecahan masalah menggunakan penelitian terapan untuk mencari solusi dari masalah yang ada.

Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah proses tentang inkuiri. Ini membantu menciptakan pemahaman mendalam tentang masalah atau masalah dalam pengaturan alaminya. Jenis penelitian ini adalah metode non-statistik. Penelitian kualitatif sangat bergantung pada pengalaman peneliti dan pertanyaan yang digunakan untuk menyelidiki sampel.

Penelitian kuantitatif

Penelitian kualitatif adalah cara terstruktur untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya untuk menarik kesimpulan. Tidak seperti metode kualitatif, metode ini menggunakan proses komputasi dan statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Data kuantitatif adalah data berupa angka.

Penelitian kuantitatif melibatkan populasi yang lebih besar di mana lebih banyak orang berarti lebih banyak data. Dengan lebih banyak data untuk dianalisis, peneliti dapat memperoleh hasil yang lebih akurat.