Sukses

24 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu, Manjur dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Berbagai macam cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu bisa dilakukan di rumah. Keinginan untuk memiliki mahkota cantik dan anggun tidak lagi menjadi masalah. Apalagi pilihan extension memerlukan biaya mahal dan harus datang ke salon kecantikan yang benar-benar profesional.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu dapat memanfaatkan bahan alami dan perawatan ala rumahan. Membuat masker dari putih telur, lidah buaya, minyak esensial, cuka apel, alpukat, dan masih banyak lagi. Selain itu, dukung dengan menghindari kebiasaan buruk perawatan rambut.

Mulai dari menata rambut berlebihan, mewarnai, membungkus rambut setelah keramas, sampai memperhatikan cara menyisir yang benar. Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Namun, cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu bisa lebih memaksimalkannya.

Redaksi medis KlikDokter, dr. Anita Amalia Sari menjelaskan, masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama.

Berikut Liputan6.com ulas cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu dari berbagai sumber, Jumat (9/4/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Hidrasi Tubuh

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah menjaga hidrasi tubuh. Ini mengeluarkan racun dan membantu tubuh berfungsi dengan baik. Pertumbuhan rambut bergantung pada bagian tubuh lainnya untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Penuhi Nutrisi

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang perlu dikonsumsi untuk sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah makanan dengan biotin, vitamin A, C, D, dan E, seng, zat besi, serta omega-3 dan 6. Makanan-makanan ini dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat.

Konsumsi Protein

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah mengonsumsi protein. Protein membantu rambut tumbuh dan melindunginya dari kerusakan kimia dan lingkungan. Kamu bisa mendapatkan protein dari sayuran, kacang-kacangan, yogurt, dan makanan lainnya.

Beri Pijatan

Pijatan pada kulit kepala membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu inipun dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Ini dapat memobilisasi minyak dari kulit kepala yang memperkuat akar dan menjaga kelembapan rambut. Pijat kulit kepala dengan stimulan seperti minyak kelapa sangat meningkatkan kemungkinan rambut tumbuh panjang dan kuat.

3 dari 7 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Putih Telur

Putih telur salah satu bahan masker cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu. Telur memiliki kandungan yang sangat baik untuk menyehatkan dan menebalkan rambut. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba, siapkan putih telur lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan beberapa menit, kemudian bilaslah dengan air bersih secukupnya.

Buah Jeruk

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C juga berfungsi efektif untuk menumbuhkan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu pun terbilang mudah.

Belah jeruk menjadi dua bagian, kemudian oleskan irisan tersebut ke seluruh kulit kepala dan diamkan beberapa menit. Setelah itu diamkan beberapa menit, kemudian bilasl menggunakan air hingga bersih.

Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Apabila aktivitas ini rutin kamu lakukan, maka memiliki rambut indah dan tebal bukan lagi sekedar mimpi.

Teh Hijau

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah menggunakan teh hijau. Seperti yang diketahui jika teh hijau memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali untuk perawatan rambut.

Teh hijau memiliki kandungan vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, L-teanin yang berfungsi efektif dalam menyuburkan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu sangat mudah. Diamkan seduhan teh hijau, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Madu

Madu yang memiliki rasa manis ini ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan rambut. Banyak sekali produk shampoo yang menggunakan madu sebagai bahan pembuatannya.

Hal ini lantaran madu memiliki kandungan zat yang dapat memanjangkan rambut secara cepat. Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu sangat mudah. Oleskan madu keseluruh bagian rambut dan diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih secukupnya.

4 dari 7 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Hindari Sering Keramas

Sering keramas hanya akan menyebabkan rambut kering dan kehilangan sebagian besar minyak esensial alaminya. Minyak ini bergerak dari kulit kepala ke sepanjang helai rambut, membantu menjaga kelembapan rambut, dan penting untuk rambut panjang. Keramas setiap hari hanya akan meningkatkan risiko rambut rontok dan rusak.

Hindari Pemanasan

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah berhenti menata rambut secara berlebihan. Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut. Meskipun menghindari penataan panas sama sekali mungkin bukan pilihan, kamu perlu membatasi seberapa sering menggunakan alat ini.

Hindari Pewarnaan Rambut

Rambut yang diwarnai memang akan terlihat menarik. Namun, cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah menghindari proses ini. Saat mewarnai rambut kita dan tekstur rambut berubah akibat bahan kimia.

Proses ini dapat memberi tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah dan lebih lambat pertumbuhannya. Ketika kutikula rambut rusak akibat bleaching, rambut akan mengalami lebih banyak kerusakan.

Hindari Membungkus Rambut

Hindari membungkus rambut dengan handuk atau mengikatnya saat masih dalam keadaan basah. Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu ini gampang. Rambut yang basah akan sangat rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu, disarankan untuk menepuk rambut dengan handuk hingga kering. Ini akan mencegah kerusakan rambut.

5 dari 7 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung berupa asam lemak omega-3 yang berfungsi baik menjaga kesehatan dan memberi manfaat untuk menebalkan rambut. Kandungan dalam minyak zaitun dapat menjaga kelembapan rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu sangat mudah, hanya tinggal memanaskan minyak zaitun dan diamkan beberapa menit. Kemudian oleskan serta pijat ke seluruh bagian kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Buah Alpukat

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu bisa dengan buah alpukat. Terdapat andungan vitamin E di dalam buah ini sangat baik untuk kesehatan rambut. Mampu memberi manfaat memanjangkan dan menebalkan rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu ini mudah. Hanya perlu menghancurkan buah alpukat sampai lembut dan campur dengan minyak zaitun. Setelah itu oleskan alpukat dan minyak zaitun tadi yang sudah tercampur ke kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit, lalu bilaslah hingga bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya sejak dulu dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Pasalnya, lidah buaya mengandung zat-zat yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut, seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, dan protein.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu cukup mudah. Hanya tinggal mengambil satu tangkai lidah buaya, kemudian belah menjadi dua dan usapkan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung lemak tak jenuh yang berperan penting dalam melindungi kesehatan kulit kepala agar rambut terhindar dari kekurangan protein. Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu cukup mudah, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala secukupnya, kemudian pijat pelan-pelan dan lakukan secara teratur.

6 dari 7 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Gunakan Kondisioner

Kondisioner menggantikan lipid dan protein di dalam batang rambut, dan juga menyegel kutikula untuk membantu rambut tumbuh lebih panjang. Perawatan deep conditioning dan rekonstruksi membantu melembabkan helai rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu ini mudah. Kondisioner dapat memperbaiki rambut rusak dengan menghilangkan keriting dan kusam. Kondisioner membantu menciptakan rambut yang sehat sekaligus menambah panjang, kemudahan pengaturan, volume, dan kilau rambut.

Potong Rutin

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah trimming atau pemotongan secara teratur. Memotong sedikit ujung rambut akan menghilangkan ujung bercabang penyebab kerusakan. Menghilangkan kerusakan memberi kesan bahwa rambut tumbuh lebih cepat.

Gunakan Air Dingin

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah menggunakan air dingin saat membilas rambut. Sering menggunakan air hangat akan membuat rambut kasar. Turunkan suhu air saat membilas rambut. Bilas dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula dan memperkuat rambut sebelum menatanya.

Hindari Menyisir Basah

Rambut sangat rentan patah saat basah. Menyisir rambut yang basah akan menambah tingkatan tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah. Sebagai gantinya, cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah sisir rambut sebelum keramas. Keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisirinya setelah keramas. Gunakan sisir bergigi lebar atau sikat pembersih yang lebih lembut.

7 dari 7 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami dalam 1 Minggu

Kafein

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu adalah memanfaatkan kafein. Kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria maupun wanita.

Kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan kafein seperti sampo, kondisioner, atau serum. Menggunakan masker buatan sendiri dari bubuk kopi juga bisa membantu.

Lemon

Air lemon atau minyak lemon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu ini mudah. Oleskan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas. Kamu bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan sebagai masker rambut.

Cuka Sari Apel

Membilas rambut dengan cuka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya tampak berkilau, sehat, dan indah. Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu ini aman.

Campuran yang mengandung dua sendok makan cuka dan satu liter air. Keduanya dapat bertindak sebagai kondisioner alami saat digunakan untuk membilas rambut dan membantu menciptakan rambut panjang yang sehat.

Kentang

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu bisa dengan kentang. Hal ini bisa didapat menggunakan masker rambut. cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam 1 minggu pakai masker kentang sangat mudah.

Blender 2 buah kentang besar. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu buah kuning telur. Oleskan campuran ini pada rambut (terutama aplikasikan pada akar rambut). Tunggu setengah jam, lalu keramasilah rambut.