Sukses

5 Fakta Pernikahan Kakek dengan Gadis 19 Tahun yang Viral, Sempat Lamar Ibunya

Pernikahan antara Kakek 58 tahun dengan gadis 19 tahun menjadi sorotan netizen di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Persoalan mengenai jodoh memang tidak ada yang tahu. Bahkan, bisa jadi jodoh kamu ialah orang terdekat ataupun seseorang yang tak disangka-sangka yang memiliki perbedaan usia cukup jauh.

Hal ini pula yang dialami oleh seorang gadis asal Desa Bana, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Seorang gadis bernama Ira Fazilah yang baru berusia 19 tahun ini pun viral di media sosial karena pernikahannya dengan seorang kakek bernama Bora yang telah berumur 58 tahun.

Pasalnya, foto pernikahan antara Bora dan Ira tersebut beredar luas di media sosial bahkan menjadi perbincangan publik. Namun rupanya terdapat kisah di balik pernikahan tersebut.

Bahkan diketahui jika Bora sempat melamar ibunda Ira Fazilah sebelumnya. Namun, dirinya justru berakhir menikah dengan gadis tersebut.

Penasaran bagaimana kisah pernikahan kakek di Bora dengan gadis 19 tahun tersebut? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait pernikahan keduanya, Jumat (9/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sempat melamar ibu Ira namun ditolak

Setelah beredarnya foto pernikahan antara Bora (58) dengan Ira (19) rupanya diketahui jika Bora pernah melamar ibunda Ira. Hal ini dikarenakan ibu ira yang berstatus janda serta hamir memiliki kesamaan umur.

Namun sayangnya, lamaran tersebut ditolak oleh ibu Ira. Ia pun langsung menawarkan putri sulungnya, Ira Fazilah untuk menikah dengan Bora. Tak hanya itu saja, Bora juga diketahui selama ini hidup sendiri dengan statusnya masih melajang.

3 dari 6 halaman

2. Pernikahan atas suka sama suka

Meski sempat mencuri perhatian netizen serta menuai pro kontra, namun Kepala Desa Bana, Ishak memberikan konfirmasi. Dilansir Liputan6.com dari Merdeka.com, Jumat (9/4/2021) pernikahan antara Bora dan Ira atas dasar suka sama suka. Ia juga menjelaskan pernikahan yang terjalin tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun.

"Mereka menikah berdasarkan kesepakatan keduanya. Suka sama suka,” terang Ishak.

4 dari 6 halaman

3. Mahar sebidang tanah satu hektar.

Pada pernikahan adat Sulawesi Selatan, masyarakat juga mengenal istilah uang panaik atau mahar. Uang panaik tersebut diberikan oleh pihak pria kepada wanita dalam jumlah tertentu.

Dalam pernikahan yang viral ini, Bora diketahui memberikan uang panaik sebesar Rp 10 Juta serta sebidang tanah dengan luas satu hektar. Pernikahan yang dilakukan di sekitar Pegunungan Bontocani tersebut diketahui diadakan di rumah nenek Ira.

5 dari 6 halaman

4. Masih ada hubungan kekerabatan

Pernikahan antara Bora dan Ira yang menjadi sorotan netizen diketahui jika keduanya masih memiliki hubungan kekerabatan. Hal ini juga diungkapkan oleh Ishak.

"Mereka ini masih ada hubungan keluarga. Jadi mereka sepakat menikah,” ujar Ishak.

Mengenai lamaran Bora terhadap ibu Ira juga dikonfirmasi langsung oleh Ishak. Ia juga menyebutkan meski usia Bora dengan ibu Ira seumuran namun, ibunya justru menawarkan sang anak.

"Jadi sebelumnya Bora hendak melamar mamanya Ira. Karena seumuran. Tetapi mamanya menolak, ibunya bilang anaknya saja yang dinikahi," terang Ishak.

6 dari 6 halaman

5. Berjarak 39 tahun

Viralnya pernikahan Bora dengan Ira di media sosial lantaran dengan jauhnya perbedaan usia antara keduanya. Diman Bora diketahui berusia 58 tahun, sedangkan Ira masih 19 tahun. Jarak usia keduanya pun mencapai 39 tahun. Meski begitu, dalam potret pernikahan yang beredar di media sosial, keduanya terlihat bahagia dan menikmati momen tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.