Sukses

Tujuan Belajar dan Tips Melakukannya, Ini Penjelasan Ahli

Liputan6.com, Jakarta Tujuan belajar yang paling utama adalah meningkatkan pengetahuan dan memperbaiki cara berpikir. Belajar memang lebih populer dilakukan oleh siswa dan mahasiswa. Meski demikian, sebenarnya belajar harus dilakukan siapa saja dan di mana saja.

Penjelasan dari Winkel (2009), tujuan belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, menghasilkan sejumlah perubahan yang relatif konstan dan berbekas.

Keberhasilan belajar sangat berdampak pada pola berpikir dan tingkah laku seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari, tujuan belajar adalah melatih kemandirian, adaptasi, sampai mampu meningkatkan penghasilan karena pengembangan keterampilan sosial.

Berikut Liputan6.com ulas tujuan belajar dan tips melakukannya dari berbagai sumber, Jumat (9/4/2021).

2 dari 4 halaman

Tujuan Belajar Menurut Ahli

1. Reber (dikutip Suprijono, 2010)

Tujuan belajar adalah proses mendapatkan pengetahuan.

2. Slameto (2010)

Tujuan belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

3. Sagala (2005)

Tujuan belajar adalah suatu proses perubahan prilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek dan pengalaman tertentu.

4. Sardiman (2008)

Tujuan belajar adalah perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan, misalnya membaca, menulis dan sebagainya serta belajar itu akan lebih baik jika si subjek mengalami dan melakukannya.

5. Winkel (2009)

Tujuan belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan sejumlah perubahan yang relatif konstan dan berbekas.

6. M. Ngalim Purwanto

Tujuan belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang  menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan  sikap, kebiasaan, kepandaian atau suatu pengertian.

3 dari 4 halaman

Tujuan Belajar Secara Umum

Melatih Kemampuan Berpikir

Tujuan belajar adalah untuk melatih kemampuan berpikir. Mempelajari berbagai ilmu dan bidang pengetahuan dapat memberikan kesempatan untuk mengasah dan melatih kemampuan berpikir. Kegiatan dapat membentuk kebiasaan yang sangat penting dari pemikiran logis, sistematisasi, generalisasi dan pembuktian.

Mengembangkan Kecerdasan

Tujuan belajar adalah untuk mengembangkan kecerdasan. Mempelajari berbagai macam ilmu dan pengetahuan dapat mengembangkan pemikiran dan kecerdasan. Belajar juga dapat meningkatkan kemampuan logis dan ketrampilan dalam membuat keputusan hidup.

Melatih Kemandirian

Tujuan belajar adalah untuk meningkatkan kemandirian. Belajar juga dapat melatih seseorang menjadi lebih mandiri dan disiplin. Untuk melakukan kegiatan belajar secara rutin, seseorang harus meluangkan waktu khusus untuk mempelajari suatu bidang. Seseorang akan mengesampingkan kegiatan-kegiatan lain terlebih dahulu dan fokus pada kegiatan belajar.

Beradaptasi

Tujuan belajar adalah mengembangkan kemampuan beradaptasi dengan lebih baik. Kegiatan belajar dapat membuka wawasan seseorang dan memberikan pandangan atau pemikiran yang lebih luas. Hal ini akan sangat berguna untuk menghadapi berbagai macam perubahan yang akan terjadi di waktu yang akan datang.

Mengolah Informasi

Tujuan belajar adalah meningkatkan kemampuan mengolah informasi. Saat ini, setiap pelajar dituntut untuk mencari berbagai informasi secara mandiri, mengolahnya, membandingkan dengan sumber lain, hingga menarik kesimpulan dari berbagai informasi yang didapat. Hal ini dapat menjadi bekal keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan dan kehidupan yang akan datang.

Keterampilan Sosial

Tujuan belajar adalah meningkatkan kemampuan keterampilan sosial. Pendidikan dinamis merupakan interaksi antara manusia yaitu, guru dan siswa. Sekolah dan universitas adalah tempat mengasah keterampilan sosial dan menjalin hubungan yang berharga.

Meningkatkan Penghasilan

Tujuan belajar adalah meningkatkan penghasilan. Semakin seseorang banyak belajar dan membuka diri pada pengetahuan maka semakin banyak bidang yang dapat dikuasai. Hal ini akan membuka peluang lebih besar untuk berbagai tawaran pekerjaan yang sesuai dengan keahlian bidang yang dimiliki.

Punya Banyak Kebebasan

Tujuan belajar adalah untuk memiliki lebih banyak kebebasan. Pengetahuan bukan hanya kekuatan; itu juga kebebasan. Semakin banyak tahu, semakin banyak fleksibilitas yang dimiliki. Kemungkinan baru terbuka hanya dengan pengetahuan dan informasi baru.

4 dari 4 halaman

Tips Belajar yang Efektif

Menetapkan Tujuan

Cara belajar efektif adalah di mulai dengan menetapkan tujuan atau target. Menentukan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar.

Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar. Misal tujuanmu belajar adalah untuk memasuki perguruan tinggi ternama di Indonesia. Memasuki perguruan tinggi tersebut, kamu harus memiliki nilai yang tentunya mumpuni.

Jangan Malu Bertanya

Jangan segan untuk bertanya jika kita tidak memahami sesuatu atau mengalami kebuntuan dalam suatu ilmu. Kamu belajar karena kamu memang tidak mengerti, maka jika kamu kesusahan jangan ragu untuk selalu bertanya. Kamu bisa bertanya kepada temanmu, belajar bersama atau diskusi juga mampu membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Pantang Menyerah

Jika semua sudah kamu lakukan dan masih belum mencapai target, bukan berati kamu gagal. Ingatlah bahwa kamu tidak akan pernah bisa jika tidak membuat kesalahan. Tetap percaya diri dan terus berusaha.

Tetap tenang dan pantang menyerah. Tidak ada jalan pintas dalam hidup. Begitu juga dengan mengejar sebuah impian, tidak ada jalan pintas untuk meraih impianmu. Maka jangan pernah menyerah untuk terus belajar.

Pahami Bukan Menghafal

Beberapa orang salah dalam belajar pada hal ini. Sering kali seseorang malah menghafal materi bukan memahaminya. Padahal, sekedar menghafalkan pelajaran hanya akan efektif untuk ujian atau waktu jangka pendek. Dalam jangka panjang, ilmu yang dihafalkan hanya akan mudah untuk dilupakan dan tidak meninggalkan manfaat apapun.

Buat Suasana Nyaman

Buat suasana belajar yang nyaman agar kamu tetap fokus dalam belajar. Beberapa orang terbiasa dengan suasana yang sepi dan tidak banyak gangguan, maka bisa belajar di perpustakaan ataupun kafe yang tenang.

Tetapi, ada juga seseorang yang belajar lebih cepat terserap jika sambil mendengarkan musik. Semua itu tergantung dirimu, kenali dirimu dan buat suasana belajar senyaman mungkin.