Sukses

Cara Buat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik, Jangan Asal

Cara buat CV lamaran kerja tentunya sudah lebih dimudahkan dengan adanya templat.

Liputan6.com, Jakarta Cara buat CV lamaran kerja tentunya sudah lebih dimudahkan dengan adanya templat. Baik kamu membuatnya secara offline di word maupun di berbagai situs online, templat pembuatan CV sudah tersedia dengan berbagai macam kreasi.

Jadi, kamu tinggal memilih templat CV yang paling cocok dengan lowongan pekerjaan yang ada atau perusahaan tempat kamu melamar kerja. Bahkan, templat ini sudah dibagi-bagi berdasarkan pekerjaan yang akan kamu lamar. 

Cara buat CV lamaran kerja yang baik dan menarik tetap perlu memperhatikan format yang benar. Kamu perlu memeriksa secara detail isi dari CV agar HRD perusahaan tertarik untuk meminangmu bekerja di perusahaan tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/4/2021) tentang cara buat CV.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Buat CV di Word

Cara buat CV yang paling mudah dan murah tentunya menggunakan Microsoft Word. Kamu bisa mengikuti cara buat CV yang menarik di Word dengan mudah jika sudah menggunakan template.

Berikut cara buat CV di Word:

1. Pilih Template yang Telah Tersedia

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengklik menu FILE, lalu pilih NEW. Saat itu, berbagai template yang telah tersedia akan ditampilkan. Pilih template yang kamu inginkan.

2. Unduh Template Secara Online

Selain itu, kamu juga bisa memilih template dengan mengunduhnya secara online sebagai salah satu cara membuat CV yang menarik di word.

Caranya cukup dengan membuka dokumen baru dan carilah “resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh template secara online tanpa membuka Microsof Word terlebih dahulu dengan menggunakan Office Online. Kunjungi situs web resminya di https://templates.office.com/ dan klik segmen resume dan surat pengantar. Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label “Browse by Category”.

3. Selesaikan CV

Selanjutnya, kamu tinggal menyelesaikan template yang telah diunduh. Setelah memilih template yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan, kamu bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi. Format, tata letak, dan presentasi memang merupakan aspek penting dalam membuat CV yang baik, tetapi aspek-aspek tersebut tetap tidak dapat menutupi tulisan yang buruk dan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Jadi kamu tetap harus teliti dalam cara membuat CV yang menarik di word ini.

3 dari 6 halaman

Cara Buat CV Secara Online

Kamu juga bisa menerapkan cara buat CV secara online di berbagai situs tertentu. Apalagi dengan adanya templat yang sudah disediakan, kamu tinggal mengubah isi dari CV sesuai dengan data diri kamu sendiri.

Canva

Canva dikenal luas sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan semua orang. Situs ini menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis online dengan antarmuka mudah digunakan. Tak cuma membuat poster, Canva bisa membantumu membuat CV.

Jika kamu memiliki pengalaman desain, kamu bisa mulai dengan templat kosong. Jika tak punya bakat desain kamu bisa menggunakan templat yang telah ditentukan dan mengganti informasi dummy yang ada. Semua tools desain grafis Canva tersedia untuk pembuatan resume juga.

Itu berarti kamu dapat menambahkan elemen, bentuk, gambar khusus, atau lainnya ke resume buatanmu. Paket gratis Canva mungkin adalah semua yang kamu butuhkan untuk membuat CV atau resume. Kamu akan mendapatkan penyimpanan 1 GB untuk foto dan aset lainnya, serta akses ke ribuan templat menarik.

Resume.com

Situs ini merupakan situs pembuat resume gratis dengan beragam templat. Pembuat resume ini memungkinkan kamu membuat resume atau CV dengan memasukkan informasi yang dibutuhkan. Menariknya lagi, situs ini juga punya fitur "Impor LinkedIn". Dengan meng-klik fitur tersebut, kamu akan tersambung ke profil LinkedInmu dan memasukkan informasi di LinkedIn ke dalam resume buatanmu secara otomatis.

Resume.com dapat diakses gratis oleh semua orang. Kamu bisa mengunduh resume dalam format file PDF, Word Document, Rtf, dan Txt secara gratis. Ada berbagai templat yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhanmu.

4 dari 6 halaman

Cara Buat CV Secara Online

Resume.io

Cara membuat CV yang menarik bisa menggunakan situs ini. Serupa dengan Resume.com, Resume.io juga memungkinkan kamu untuk membuat CV kreatif tanpa ribet. Di sini kamu bisa membuat resume gratis dan mengunduhnya dengan cepat. Ribuan orang dari seluruh dunia sudah menggunakan situs ini untuk membuat CV kreatif.

Di situs ini terdapat berbagai macam templat yang telah dikategorikan. Setiap templat dirancang dengan ahli dan mengikuti “aturan resume” yang dicari oleh tim perekrutan. Di sini terdapat jenis templat seperti templat profesional, simpel, kreatif, dan modern.

ConnectCV

ConnectCV merupakan situs cara membuat CV yang menarik dan gratis. Terdapat berbagai fitur yang memudahkanmu untuk membuat CV dengan desain profeisonal. Ada juga fitur tambahan seperti pemeriksa ejaan bawaan, tip penulisan in-line, dan sampel CV khusus industri tertentu.

Kamu juga bisa menyusun portofolio melalui situs ini lengkap dengan berbagai pilihan templatnya. Kamu bisa memyimpan hasil CV yang kamu buat dalam berbagai format seperti word atau PDF. CVmu juga bisa tersimpan dalam bentuk weblink di mana kamu bisa menyisipkan portofolio berupa video atau suara di dalamnya.

Resume Genius

Resume Genius menyediakan templat yang tampak klasik dan anggun yang berhasil membuat ribuan orang mendapatkan pekerjaan baru. Keakuratan, kesederhanaan dalam fungsi dan penggunaan, dan profesionalisme terlihat dalam pilihan resume di situs ini.

Resume Genius cukup unik. Situs ini akan menanyakan kepada pencari kerja serangkaian pertanyaan pilihan ganda tentang pendidikan dan pengalaman, dan hanya meminta kamu untuk mengisi bagian yang kosong dengan tanggal, peran, dan jawaban sederhana lainnya.

5 dari 6 halaman

Tips Membuat CV

Kamu perlu mengetahui, apa saja yang harus dimasukkan atau isi dalam cara buat CV yang menarik. Jika menggunakan templat, hal ini tentunya telah difasilitasi, namun jika tidak menggunakan templat, kamu tentunya harus mengetahui apa saja data yang harus dimasukkan ke dalam CV.

Beberapa segmen yang umumnya selalu ada pada cara buat CV adalah sebagi berikut:

- Profil lengkap hingga kontak

- Riwayat pendidikan dan kualifikasi.

- Pengalaman kerja atau kegiatan sukarela.

- Keahlian dan karakter (atau kelebihan dan kekurangan). 

Dalam cara buat CV yang menarik ini, kamu juga harus mengetahui orang dengan kualifikasi seperti apa yang diperlukan oleh perusahaan. Dengen begitu, kamu bisa menyesuaikan CV dengan yang diinginkan oleh perusahaan.

6 dari 6 halaman

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat CV

Saat membuat CV jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal, yakni:

- Jangan lupa untuk memeriksa CV secara teliti, apakah masih ada yang salah kata atau format

- Selalu sesuaikan CV dengan jenis posisi/jabatan yang diinginkan. Kamu mungkin perlu menambahkan, menyusun ulang, atau menghapus pencapaian atau segmen tertentu berdasarkan kebutuhan posisi/jabatan yang bersangkutan.

- Jangan menunggu untuk memperbarui CV hingga kamu berencana untuk mencari pekerjaan. Setiap kali mendapatkan kenaikan pangkat atau pencapaian yang signifikan, tambahkan informasi baru tersebut ke dalam CV.

- Tampilan dan format CV merupakan cerminan kompetensi yang kamu miliki. Oleh karena itu, pastikan CV yang dikirimkan mewakili sisi terbaikmu.

- Pastikan semua pernyataan dalam resume faktual dan tepat secara tata bahasa, serta semua kata yang digunakan memiliki ejaan yang baik.

Begitulah cara buat CV lamaran kerja yang baik dan menarik. Tentunya tidak begitu sulit untuk dipraktikkan dan bisa menjadi penunjang untuk kamu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini