Sukses

Tujuan Bisnis yang Perlu Dipahami Sebelum Memulai Bisnis, Ketahui Macam-macamnya

Ada beberapa tujuan bisnis hingga fungsi dan jenis bisnis yang perlu Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan bisnis tentunya adalah mendapatkan keuntungan dan laba yang tinggi. Bisnis adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk menghasilkan uang dengan memproduksi dan menjual suatu produk, baik itu barang atau jasa. Didalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seseorang baik perseorangan maupun kelompok bahkan banyak anak generasi mudah yang telah mulai terjun dalam bisnis ini, bisnis ini tentu memiliki tujuan didalamnya. 

Tujuan bisnis yang paling utama memang untuk memperoleh keuntungan, namun hal ini memiliki tujuan-tujuan tertentu lainnya. Untuk itu, kamu perlu mengenalinya agar tidak kagok saat masuk ke dunia bisnis yang luas tersebut.

Untuk lebih mengetahui tujuan bisnis yang mendetail sebelum Anda mengembangkan bisnis Anda sendiri. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jum’at (9/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Bisnis Secara Umum

Kata “bisnis” diadaptasi dari bahasa Inggris “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Dengan kata lain, bisnis adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi di mana barang dan jasa dipertukarkan menjadi bentuk lain atau dalam bentuk uang. Setiap bisnis membutuhkan investasi dan pelanggan yang cukup untuk menjual outputnya pada kuantitas tertentu untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis dapat dimiliki secara pribadi, bukan untuk keuntungan pribadi.

Menurut Hughes dan Kapoor, pengertian bisnis adalah suatu kegiatan individu yang berorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Prof. Owen, Bisnis adalah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasar atau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.

Menurut Brown dan Pretello, bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

3 dari 5 halaman

Tujuan Bisnis

Segala sesuatu tentunya memiliki tujuan, begitu pula dengan bisnis. Tujuan bisnis yang paling utama yaitu untuk mendapat keuntungan atau laba. Tujuan bisnis ini bisa diperoleh dengan cara memproduksi barang serta juga jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Apapun jenisnya, tujuan bisnis biasanya tetap akan berorientasi pada profit. Namun, bukan berarti bisnis tidak memiliki tujuan lain. Berikut beberapa tujuan bisnis lainnya.

  1.  Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  2. Meningkatkan kesejahteraan pemilik bisnis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.
  3. Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat umum.
  4. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  5. Menunjukkan prestise dan kinerja.
  6. Menunjukkan eksistensi sebuah perusahaan dalam jangka panjang.

Sedangkan menurut Sternberg, tujuan bisnis adalah melipatgandakan nilai-nilai ekonomis atau keuntungan pemilik perusahaan melalui penjualan barang atau jasa. Sederhanya, tujuan bisnis adalah melipatgandakan keuntungan pemilik bisnis dengan penjualan barang atau jasa.

4 dari 5 halaman

Fungsi Bisnis

Fungsi bisnis untuk menciptkan suatu nilai atau kegunaan dari sebuah produk dimana produk tersebut, mulanya kurang mempunyai nilai menjadi sesuatu yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan masyarakat dan juga konsumen.

Besaran nilai kegunaan yang diciptakan dari berbagai kegiatan bisnis dapat memenuhi kebtuhan masayrakat yang terangkum dalam berbagai macam fungsi utama kegiatan berbisnis. Fungsi utama berbisnis adalah untuk menciptakan nilai dari suatu produk ataupun jasa dengan cara cara tertentu yang terlibat dalam proses produksi. Selain itu, bisnis juga mempunyai fungsi untuk :

  1. Mengubah bentuk bisnis atau form utility.
  2. Mengubah pemilikan atau possesive utility.
  3. Menunda waktu kegunaan atau time utility.

Sedangkan menurut Steinhoff, terdapat tiga fungsi utama dalam berbisnis adalah untuk pencarian bahan mentah, berfungsi dalam pengolahan bahan mentah menjadi sebuah barang jadi, serta berfungsi dalam pendistribusian dan penyaluran barang jadi tersebut kepada berbagai konsumen yang tersebar.

5 dari 5 halaman

Macam-macam Bisnis

Dari penjelasan sebelumnya, bahwa yang dimaksud dengan bisnis adalah pada akhirnya mengarah pada sektor tertentu yang jadi cakupannya. Ada banyak macam jenis bisnis kita ketahui secara umum yang dikelompokkan sesuai dengan aktivitasnya. Berikut ini macam-macam bisnis.

1.  Bisnis Manufaktur

Bisnis ini bergerak di bidang proses pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi. Kata manufaktur berasal dari bahasa latin yang berbunyi “manus faktus” yang berarti mengolah menggunakan tangan. Contoh dalam bisnis manufaktur ini diantaranya pembuatan batu bata, genteng, dan tempe.

2.  Bisnis Jasa

Kegiatan menawarkan atau menjual sesuatu kepada pihak lain atau masyarakat yang tidak berwujud. Salah satu bisnis jasa yaitu konsultan atau jasa cuci mobil.

3.  Bisnis Transportasi

Bisnis Industri Transportasi adalah suatu bisnis yang dapat membantu mobilitas masyarakat atau mengantarkan barang dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Misalnya adalah agen travel.

4.  Distributor dan Pengecer

Bisnis yang bergerak di bidang niaga sebagai perantara antara produsen dan konsumen secara langsung. Kamu bisa melihat bentuk bisnis ini pada toko waralaba.

5.  Bisnis Pertambangan dan Pertanian

Kegiatan bisnis dengan memproduksi berbagai barang mentah seperti halnya bisnis agraris atau agro bisnis berupa tanaman, serta barang tambang, misalnya batu bara dan minyak bumi.

6.  Bisnis Komunikasi

Bentuk usaha di bidang komunikasi yang dapat memberi kemudahan kepada masyarakat soal mendapatkan komunikasi dan informasi. Contohnya seperti radio, televisi, telepon, dan lainnya.

7.  Bisnis Konstruksi

Kegiatan yang bergerak dalam proses pembangunan atau infrastruktur. Misalnya saja rumah, bandara, jalan raya, gedung, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.