Sukses

10 Jenis Ikan Koi Beserta Harga dan Cara Merawatnya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Pada mulanya, ikan koi ini berasal dari dataran Tiongkok . Lalu pada abad ke 17, ikan koi dibawa ke Jepang untuk dijadikan bahan makanan. Dalam bahasa Jepang ikan koi berarti ikan karper atau nishikigoi yang berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, ikan dilambangkan sebagai cinta dan persahabatan. 

Ikan yang berasal dari Jepang ini pada awalnya dikonsumsi. Tapi, karena bentuk fisiknya yang sangat indah dengan corak di setiap badannya maka binatang satu ini dijadikan peliharaan dan untuk memperindah estetika rumah. Untuk membedakan jenis-jenis koi memang sulit. Coraknya di setiap badan juga cukup  banyak, sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Ikan yang satu ini terkenal dengan julukan ikan pembawa keberuntungan. Bagi Anda pecinta ikan hias, tentu ikan koi tidak akan terlewat dari list koleksi ikan hias Anda. Beragam corak yang indah, tidak heran jika koi ini memiliki berbagai banyak jenis dan harga yang berbeda- beda.

Berikut jenis-jenis ikan koi beserta harga dan cara merawatnya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (9/4/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-macam Ikan Koi Beserta Harganya

1.  Goromo

Ikan Koi Goromo, pada dasarnya adalah Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke setiap skala merah. Ada tiga sub jenis goromo yang diketahui hingga kini, yaitu budo goromo, ai goromo dan sumi goromo.

Budo goromo memiliki tepi biru di luar skala yang menciptakan efek cluster seperti anggur. Ai goromo memiliki tepian biru hanya di bagian dalam sisik merah. Sementara sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisik yang dapat membuat polanya tampak hampir sepenuhnya hitam. Ikan ini dihargai mulai dari Rp. 1,8 jutaan, cukup sepadan dengan coraknya yang sangat indah.

2.  Ogon

Dengan warna kuning keemasan ikan ini digilai oleh para kolektor ikan koi. Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis Shiro-Fuji. Awal percobaan belum menghasilkan warna emas seluruh tubuh, namun setelah 6 kali generasi keturunan dari Koi yang disilangkan itu, jadilah si Ogon emas yang eksotis. Ikan ini cukup mahal untuk didapatkan, namun masih di bawah goromo, yaitu sekitar Rp. 1,5 juta.

3.  Kinginrin

Ciri-ciri ikan koi kinginrin memiliki tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan Koi. Namun, rupanya memang ia salah satu jenis Koi hasil persilangan. Anda dapat menemukannya dengan harga cukup mahal, yaitu Rp. 900 ribu per ekornya.

4.  Goshiki

Ikan jenis ini hampir sama dengan jenis sanke karena mempunyai topi merah diatasnya dengan warna dasar abu-abu. Hanya saja jenis sanke berwarna putih. Siripnya warna putih dengan bagian punggungnya juga ada garis pendek warna putih susu. Ikan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 700 ribu.

5.  Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya warna putih keperakan bak mutiara. Ada corak kuning muda di beberapa lokasi menyebar. Siripnya warna putih keperakan pula. Bola matanya yang satu sisi berkelopak putih dan kelopak yang satunya lagi kuning. Dari harganya juga sudah terlihat ikan satu ini cukup ekslusif, yaitu sebesar Rp. 700 ribu.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Ikan Koi Beserta Harganya

6.  Hikarimono

Hikarimo mempunyai warna dasar putih pucat dengan pola hitam blur di punggungnya. Pola itu berbentuk seakan-akan seperti tulang yang tergambar pada ikan tersebut. Ikan jenis ini cukup susah untuk kamu dapatkan. Selain itu ikan ini juga terbilang mahal sekitar Rp. 700 ribu per ekornya.

7.  Taisho Sanke

Jenis ini salah satu jenis tertua dari ikan koi. Taisho sanke banyak sekali diburu oleh kolektor ikan koi sehingga memang jenis satu ini cukup mendunia. Corak yang dimiliki, yaitu memiliki dasar putih solid dengan pola overlay merah di atas putih. Ikan koi jenis taisho sanke biasanya diharga dengan banderol Rp. 500 ribu per ekornya.

8.  Matsuba

Matsuba adalah koi yang memadukan dasar berwarna metalik yang solid dengan pola jaring hitam. Warna dasar matsuba dapat bervariasi. Gin natsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan koi matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba memiliki warna dasar merah. Sementara itu, ada satu-satunya variasi matsuba adalah doitsu matsuba. Jenis matsuba biasa ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp. 500 ribu.

9.  Showa Sansoku

Dengan dilengkapi 3 corak warna ikan ini memang sangat indah bila ia berenang bebas di kolam ikan kamu. Tetapi, jenis ikan satu ini memang tergolong agak mahal, yaitu sekitar Rp. 200 ribu hingga Rp. 1 juta. Pada umumnya ikan ini memiliki corak hitam, merah gelap, dan satu lagi biasanya putih.

10.  Tacho

Tancho adalah variasi kohaku yang sangat populer, di mana satu-satunya pola merah muncul sebagai satu titik merah di kepala. Tancho sangat dihormati di industri koi Jepang karena kemiripannya dengan Grus japonensis, atau red-crowned crane. Ikan satu ini memang cukup unik dan berbeda, harga dari ikan satu ini juga tidak terbilang mahal maupun murah yaitu Rp. 125 ribu hingga Rp. 550 ribu.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Ikan Koi

Jika ingin memiliki ikan hias ini, pastikan dahulu Anda sudah memahami cara merawat ikan koi yang benar. Ada beberapa cara merawat ikan koi adalah sebagai berikut.

  1.  Kolam koi harus memiliki kedalaman minimal 50 cm.
  2. Gunakan air bersih untuk mengisi kolam.
  3. Gunakan filter air agar kebersihan kolam terjaga.
  4. Pilih ikan koi yang sehat agar mudah menyesuaikan dengan kondisi kolam. Ciri ikan koi yang sehat adalah bergerombol, lincah, dan aktif.
  5. Gunakan tanaman air seperti alda karena adanya tumbuhan air akan memberi nutrisi pada ikan.
  6. Berikan pelet yang sudah direndam selama 30 – 60 detik agar koi mudah mencerna.
  7. Untuk kolam berukuran 1,5 meter dengan jumlah koi maksimal, beri pakan 100 gram/hari. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering memberi makan.
  8. Memberi nutrisi seperti wortel, udang, atau lainnya 2 minggu sekali.
  9. Suhu kolam harus 24 -26 derajat celcius.

Itulah jenis-jenis ikan koi beserta harganya mulai dari yang termahal hingga yang termurah. Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara, sebetulnya tidak terlalu sulit namun harus sangat memperhatikan lingkungan dan asupan makanannya.