Sukses

Cara Membuat Persentase di Excel Beserta Penjelasan dan Contohnya

Cara membuat persentase di Excel sangat berguna dalam mengolah data angka.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat persentase di Excel bisa membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai data statistik, penawaran diskon di pusat perbelanjaan, persentase suku bunga, jumlah penduduk, dan bidang-bidang kehidupan lainnya biasa menggunakan persen.

Besarnya persentase dilambangkan dengan %, di mana persen ini sama artinya dengan satu per seratus. 40% sama dengan 40/100. Persen biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu data dalam bentuk persentase. 

Rumus sederhana dalam menghitung persen adalah besar persen sama dengan jumlah bagian dibagi jumlah keseluruhan, lalu dikalikan 100%. Cara membuat persentase di Excel sangat berguna dalam mengolah data angka.

Dengan beberapa rumus tertentu, kamu dapat menyelesaikan perhitungan-perihitungan angka secara singkat. Cara membuat persen di Excel cukup mudah diterapkan dan pastinya akan bermanfaat bagi aktivitas pengolahan data angka kamu. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/4/2021) tentang cara membuat persentase.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membuat Persentase di Excel

Cara membuat persentase di Excel bisa demngan menampilkan atau menerapkan fotmat persentase pada lembar kerja Excel. Untuk menerapkan format persentase dengan cepat ke sel yang dipilih, kamu tinggal klik ikon ‘%’ dalam grup Angka pada tab Beranda, atau tekan Ctrl+Shift+%.

Memformat sel yang sudah berisi angka

Jika kamu menerapkan cara membuat persentase pada angka yang sudah ada dalam lembar kerja, Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase. Misalnya, jika satu sel berisi angka 10, Excel akan mengalikan angka itu dengan 100, yang berarti angka yang Anda masukkan akan berubah menjadi 1000.00% setelah menerapkan format Persentase.

Untuk menampilkan persentase secara akurat, sebelum kamu memformat angka sebagai persentase, pastikan angka itu telah dihitung sebagai persentase, dan ditampilkan dalam format desimal.

Persentase dihitung menggunakan persamaan jumlah / total = persentase. Misalnya, jika sebuah sel berisi rumus =10/100, hasil penghitungannya adalah 0.1. Jika kamu kemudian memformat 0.1 sebagai persentase, angka itu akan ditampilkan dengan benar sebagai 10%.

Memformat sel kosong

Jika kamu menerapkan cara membuat persentase ke sel kosong, lalu mengetikkan angka ke sel tersebut, hasilnya akan sedikit berbeda. Angka yang sama dan lebih besar dari 1 akan dikonversi menjadi persentase secara default, dan angka yang lebih kecil dari 1 akan dikalikan 100 untuk mengonversinya menjadi persentase.

Misalnya, mengetikkan 10 atau 0.1 akan menghasilkan 10.00%. Jika tidak ingin menampilkan dua angka nol setelah titik desimal, kamu dapat memformatnya pada pengaturan desimal.

3 dari 6 halaman

Contoh menaikkan atau menurunkan angka berdasarkan persentase

Jika membelanjakan rata-rata Rp 25.000 setiap minggu, dan ingin menghemat pengeluaran mingguan sebesar 25%, berapa banyak yang bisa kamu belanjakan? Atau, jika ingin menambah alokasi makanan mingguan Rp 25.000 sebesar 25%, berapa alokasi mingguan baru kamu? Begini cara membuat persentase di Excel untuk menaikkan dan menurunkan Angka :

Jika B2 adalah jumlah yang kamu belanjakan, dan C2 adalah persentase yang akan dikurangi dari jumlah itu, kamu dapat memasukkan =B2*(1-C2) di D2 untuk mengetahui hasilnya.

Dalam rumus ini, 1 digunakan untuk menunjukkan 100%. Demikian pula, jika kamu ingin menambah jumlah tersebut sebesar persentase tertentu, masukkan =B2*(1+C2) di D2.

4 dari 6 halaman

Contoh menghitung jumlah berdasarkan persentase

Jika membeli komputer seharga Rp 800.000 dan dikenai pajak penjualan 8,9%, berapa banyak yang harus kamu bayar untuk pajak penjualan tersebut? Dalam contoh ini, kamu ingin menemukan 8.9% dari 800.000. Cara membuat persentase di Excel untuk menghitung jumlah berdasarkan presentasi adalah dengan mengombinasikan beberapa rumus berikut.

Jika B2 adalah harganya dan C2 adalah pajak penjualan, kamu dapat mengetikkan rumus =B2*C2 di D2, seperti ditunjukkan di tabel di atas. 

Rumus ini mengalikan 800.000 dengan 0.089 (persentase dasar dalam bentuk desimal) untuk menemukan pajak penjualan yang harus dibayar.

5 dari 6 halaman

Contoh menghitung persentase berdasarkan dua jumlah

Jika seorang siswa mendapat nilai 42 poin benar dari 50 dalam sebuah tes, berapa persentase jawaban yang benar? Cara membuat persentase terkait contoh ini bisa dilihat pada tabel di atas.

Dalam contoh ini, jika angka di B2 adalah poin yang dijawab dengan benar dan angka di C2 adalah total poin yang mungkin, kamu dapat mengetikkan rumus =B2/C2 di D2 untuk mengetahui nilainya.

Rumus ini membagi 42 dengan 50 untuk menemukan persentase jawaban yang benar. (Dalam contoh yang ditunjukkan di sini, nilai diformat sebagai persentase tanpa menampilkan angka desimal.)

6 dari 6 halaman

Contoh menghitung jumlah berdasarkan jumlah lain dan persentase

Harga diskon sebuah baju adalah Rp 15.000, yang merupakan potongan 25% dari harga aslinya. Berapakah harga aslinya? Dalam contoh cara membuat persentase ini, kamu ingin mengetahui 75% dari suatu angka yang sama dengan 15.000

Jika B2 adalah harga diskon, dan C2 adalah 0.75, yaitu 100% minus diskon 25% (dalam format desimal), kamu dapat memasukkan rumus =B2/C2 di D2 untuk mengetahui harga aslinya.

Rumus ini membagi harga diskon dengan persentase yang dibayarkan untuk mengetahui harga aslinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.