Sukses

Cara Menghitung Diskon saat Belanja yang Mudah dan Praktis, Pahami Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung diskon saat belanja tentunya perlu kamu pahami. Pasalnya, sekarang ini begitu banyak produk menawarkan promo yang menggiurkan, baik di toko konvensional maupun di toko online. Bagi kamu yang hobi belanja, diskon tersebut tentu tidak boleh dilewatkan.

Apalagi, barang yang yang biasanya kamu harus menunggu berbulan-bulan untuk memilikinya kini bisa kamu bawa pulang. Bahkan, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau.

Cara menghitung diskon perlu kamu pahami sebelum belanja. Jangan sampai salah memahami kata-kata dari penawaran diskon sehingga bukannya untung kamu malah merugi saat belanja. Tidak jarang ada penawaran yang terlihat lebih besar padahal keuntungan yang kamu dapat sebenarnya sama saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021) tentang cara menghitung diskon.

2 dari 6 halaman

Cara Menghitung Diskon Tunggal

Ketika sedang jalan-jalan di mal atau menelusuri sejumlah online shop, kamu melihat pengumuman sepatu dengan diskon 20% dengan harga semula Rp 125.000. Cara cepat menghitungnya bisa dengan dua cara.

1. Cara pertama (Mencari 20% dari 125.000)

Caranya yaitu:

125.000x20/100 = 25.000

Kemudian mengurangi harga awal dengan diskon

125.000-25.000=100.000

Jadi harga sepatu yang di diskon 20% dari Rp 125.000 menjadi Rp 100.000

Cara menghitung diskon ini mungkin agak lama, tapi tetap bisa kamu gunakan bila memang sudah terbiasa. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa menerapkan cara menghitung diskon yang kedua.

 

2. Cara kedua (Mengurangi berapa diskon tersebut dengan 100%)

Cara menghitung diskon dengan ini adalah sebagai berikut:

100%-20%= 80%

- Setelah itu cukup kalikan dengan harga awal

80/100x125.000=100.000

Cara menghitung diskon satu ini lebih mudah daripada cara pertama dan lebih ringkas. Kamu bebas menerapkan cara yang mana saja senyamanmu.

3 dari 6 halaman

Cara Menghitung Diskon Ganda

Selain diskon tunggal, ada juga diskon ganda. Diskon ganda juga sering kamu temui di mall, contoh diskon ganda ....%+..%. Harga yang sudah di diskon tunggal saja sudah mengiurkan apalagi dengan diskon ganda. Contoh diskon ganda ini seperti diskon 50%+20%.

Tetapi, diskon ganda 50%+20% ini bukan berarti diskon tersebut menjadi diskon 70%. Barang tersebut didiskon 50 persen terlebih dahulu, baru hasilnya didiskon 20 persen.

Contoh soal:

Seperti misalkan harga sebuah sepatu Rp 300.000 kemudian didiskon 50 persen+20 persen, adalah sebagai berikut

Diskon pertama 50% x 300.000= 150.000

Diskon kedua 80% x 150.000= 120.000 (pakai cara cepat kedua)

Jadi harga yang wajib kamu bayarkan di kasir ialah Rp 120.000.

4 dari 6 halaman

Cara Menghitung Diskon Up to

Jangan terkecoh dengan tulisan discount “Up to 90% All Item”. Kamu mungkin mulanya berpikir bahwa barang-barang di situ dijual dengan harga yang miring. Padahal, Kamu harus teliti terlebih dahulu, penawaran yang disajikan tersebut tidak semua barang didiskon 80%, tetapi ada juga yang 20%, 30% dan lainnya sebagainya. Namun, diskon paling tinggi dari toko tersebut sebanyak 80%.

Hanya beberapa item saja yang memiliki tanda diskon 80%. Meskipun ada, kamu juga tetap harus hati-hati dalam membeli. Pasalnya barang yang dijual dengan harga yang miring patut untuk kamu curigai, bisa saja barang tersebut merupakan stok lama yang ada kecacatan ataupun barang yang sudah terlalu lama dan tidak laku.

5 dari 6 halaman

Cara Menghitung Buy.. Get.. Free

Cara menghitung diskon selanjutnya adalah buy 1 get 1 free. Tentu kamu sudah sering melihat promo ini, memang terlihat menguntungkan ketika kamu membeli sejumlah barang dan kamu mendapatkannya secara gratis.

Untuk promo ini kamu bisa menghitung diskonya dengan mengalikan harga barang dengan jumlah barang didapatkan, kemudian kurangi total harga tersebut dengan harga barang yang wajib dibayar.

Sebagai contoh, harga sebuah baju Rp 100.000 mendapat promo buy 1 get 1 free. Jadi kamu sebenarnya membeli barang dengan diskon 50% untuk 2 barang sekaligus. Kamu perlu membeli 1 barang saja untuk mendapat potongan harga.

Itulah beberapa cara menghitung diskon yang perlu kamu cermati. Jangan sampai salah dalam melihat diskon sehingga kamu membeli barang dengan merugi. Selalu perhitungkan keuntungan yang kamu dapatkan dalam belanja, terutama saat ada diskon.

6 dari 6 halaman

Cara Menghitung Cashback

Biasanya promo cashback berupa voucher atau uang virtual. Orang yang kurang mengerti biasanya akan mengira cashback akan mendapatkan uang tunai, padahal mereka memberikan sejumlah voucher untuk pembelian selanjutnya. Tentu ini cara yang cerdik bagi toko agar konsumen terus belanja di toko tersebut.

Sayangnya dalam cashback terdapat syarat pembelian tertentu misal pembelian barang minimal sejumlah 150 ribu rupiah maka akan mendapatkan cashback 50 ribu rupiah. Selain itu biasanya cashback memiliki masa berlaku, misalnya hanya berlaku satu minggu atau satu bulan tergantung dengan kebijakan toko. Jika melewati batas tersebut, maka cashback pun tidak dapat digunakan lagi.